Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Price, Place, Promotion) Instalasi Rawat Inap di RS Trimitra Cibinong Tahun 2023
Abstract
Telah terjadi pergeseran paradigma rumah sakit sebagai unit sosio ekonomi sehingga memerlukan adanya media promosi. Strategi yang dapat dilakukan untuk menangkap peluang pasar adalah menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan menetapkan bauran pemasaran 4p (Product, Price, Place, Promotion). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana produk layanan rawat inap di rumah sakit dalam pemenuhan kebutuhan pasien dan menemukan strategi pemasaran yang tepat dilakukan oleh Rumah Sakit Trimitra Cibinong. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik, yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaaan secara objektif untuk menemukan solusi terhadap masalah yang ada dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini merupakan informasi tentang strategi pemasaran berdasarkan segmentasi, target, dan posisi yang didukung bauran pemasaran yang tepat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan segmentasi pasarnya. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan Rumah Sakit Trimitra Cibinong sudah cukup baik, hal ini terlihat dari tanggapan baik pasien rawat inap mengenai spesifikasi produk dan peningkatan hunian rawat inap tahun 2022.
Downloads
References
Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2018). Relationship of 7P marketing mix and consumers’ loyalty in traditional markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261–273.
Athapaththu, H. (2016). An overview of strategic management: An analysis of the concepts and the importance of strategic management. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(2), 124–127.
Heriyati, P., & Pustaka, S. M. (2022). Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting dan Positioning. Scopindo Media Pustaka.
Irmawati, L. . (2015). Manajemen Pemasaran di Rumah Sakit: Buku Ajar: Pedoman Praktis S1 Administrasi Rumah Sakit. Institut Ilmu Kesehatan - University Press.
Jones, R. (2003). Making health information accessible to patients. Aslib Proceedings.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2012). Marketing. Cengage Learning.
Lovelock, C. (2001). Services Marketing People Technology Strategy 4 Th Edition Prentice Hall Sydney.
Lubis, A. N. (2004). Strategi Pemasaran dalam persaingan bisnis.
Nguyen, C., Anderson, J., & Banerjee, S. (2021). Rethink And Retool: Marketing Mix Strategies In Response to COVID-19. BUSINESS FORUM, 28(2), 30.
Supriyanto, S., & Ernawaty. (2022). Pemasaran Jasa Kesehatan. Rajagrafindo Persada.
Copyright (c) 2022 Nur Eulis Fatimah Nadirah, Dumilah Ayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.