Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik Dan Kinerja Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta

  • Moch Fauzi Universitas Islam Kadiri
Keywords: Kualitas Sistem Informasi Akademik, Kinerja Layanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem informasi akademik dan kinerja layanan terhadap kepuasan mahasiswa di perguruan tinggi swasta. Data diperoleh dari mahasiswa di STIE PGRI Dewantara Jombang melalui survei menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta STIE PGRI Dewantara Jombang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah responden ditentukan berdasarkan kebutuhan statistik yang memadai untuk analisis regresi linear berganda, sehingga didapatkan sampel sebanyak misalnya 200 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang telah disusun berdasarkan konsep kualitas sistem informasi akademik, kinerja layanan, dan kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi akademik dan kinerja layanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Mahasiswa menganggap bahwa kualitas sistem informasi akademik di perguruan tinggi tersebut cukup baik berdasarkan indikator Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja unit pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Artinya, meskipun unit pelayanan di perguruan tinggi tersebut memiliki Pengetahuan, Keterampilan, Kemampuan, serta Kebiasaan dan perilaku yang baik, hal ini tidak sepenuhnya dapat menciptakan kepuasan mahasiswa sebagai pengguna unit layanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas sistem informasi akademik dan kinerja layanan memainkan peran penting dalam mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Namun, perlu lebih fokus pada peningkatan kinerja unit pelayanan agar dapat menciptakan kepuasan yang lebih baik bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Mangkunegoro. (2000). Manajemen Sumberdaya Manusia. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ahmad, K., & Ogunsola, O. K. (2011). In empirical assessment of Islamic leadership principles. International Journal of Commerce and Management, 21(3), 291-318. http://doi.org/10.1108/10569211111165325

Albadvi, P. R. A. A. (2007). Knowledge Management in Call Centres. The Electronic Journal of Knowledge Management, 5(3), 56-69. http://doi.org/10.1108/13673270510610332

Amsyah, Zulkifli. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Anwar, Moch. Idochi. (2009). Pengembangan Sistem Informasi di Perguruan Tinggi. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Apri Wahyudi, Sowiyah, Alben Ambarita. (2014). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web. Bandarlampung: FKIP Unila.

Arifin Mochamad. (2002). Pemanfaatan Media Web Site Sebagai Sistem Informasi Akademik dan Sarana Pembelajaran Mandiri dalam Pengaruhnya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal STIKOM, 6(2).

Chung, Kae H., & Leon C Megginsons. (1981). Organizational Behavior Developing Managerial Skills. Haper & Row, Publisher. New York.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Fantazy, K., & Abdul Rahim A. Al Athmay, A.-A. (2014). Ethics and religion in higher education. International Journal of Commerce and Management, 24(2), 180–196. http://doi.org/10.1108/IJCoMA-02-2014-0018

Gaspersz, Vincent. (1994). Sistem Informasi Manajemen, Suatu Pengantar. Bandung, Armico.

Gibson, H. L., dkk. (1990). Organisasi Perilaku Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga.

Gibson, H. L. (1977). Determining User Involvement. Journal of System Management, August, 20-21.

Greiner, M. E., Böhmarin, T., & Krcmar, H. (2007). A strategy for knowledge management. Journal of Knowledge Management, 11(6), 3–15. http://doi.org/10.1108/13673270710832127

Hadisugito. (2005). http://hadisugito.fadla.or.id/2005/12/11/mengukur-kepuasan-pelanggan

Husein, Muhammad Fakhri, & Wibowo, Amin. (2002). Sistem Informasi Manajemen. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Kustono, Alwan Sri. (2011). Pengaruh Keahlian Pengguna terhadap Kinerja Sistem Informasi dengan Variabel Intervening Partisipasi, Kecemasan, Kepuasan, Deraf Penerimaan, dan Ketidakpastian Kerja. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan “Optimal”, 5(1), 201-38.

Lailatussaadah. (2013). Efektivitas Karyawan Dalam Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website pada SMKN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIV(1), 159-175.

Murdich, R.G., and Joel, R. (1982). Information System for Modern Management (2nd Edition). Prentice Hall of India New Delhi.

Murdick, R.G., Ross, J.E., Claggett, J.R. (1996). Sistem Informasi untuk Manajemen Modern (Edisi Ketiga). Diterjemahkan oleh: Djamil. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nasution. Fahmi Natigor. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

O'Brien, A. James. (2004). Management Information System: Managing Information Technology in The Business Enterprise (Sixth Edition). Irwin McGraw-Hill.

Ratnawati. P. (2003). Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Retrieved from http://www.depdiknas.go.id/jurnal/43/p-ratnawati.htm

Riza Wahyudi, Endang Siti Astuti, & Riyadi. (2011). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Pelayanan SIakad Terhadap Kepuasan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Robbins, Coulter. (2014). Manajemen. Jakarta: PT Bumi Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rochaety, Eti dkk. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rochaety, Eti, dkk. (2008). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Roslan Mohd Nor, M., & Malim, M. (2014). Reconceptualizing Islamic education: the case of Indonesia. Journal for Multicultural Education, 8(4), 261–276. http://doi.org/10.1108/ME-05-2014-0019

Sangadji, Etta Mamang, & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Saputra, Agus. (2012). Sistem Informasi Nilai Akademik untuk Panduan Skripsi. Jakarta: Gramedia.

Schomaker, R. (2015). Accreditation and quality assurance in the Egyptian higher education system. Quality Assurance in Education, 23(2), 149–165. http://doi.org/10.1108/QAE-08-2013-0034

Soebiyantoro Johanes. (2002). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pendidikan yang didukung Sistem Informasi. Jurnal STIKOM, 7(2).

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, DAN). Bandung: Alfabeta.

Tach, E. C. (2002). Leadership & Organization Development Journal. Leadership & Organization Development Journal, 23, 205–214. http://doi.org/10.1108/01437730910991655

Taufani Chusnul Kuriatun. (2002). Strategi Pemasaran Jasa Berdasarkan Satisfiers, Dissatisfiers, dan Qualifiers. Jurnal Indonesia Membangun, 1(2).

Tjiptono, Fandy. (1997). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Yogyakarta.

UNESCO. (2002). Information And Communication Technology In Education, A Curriculum for Schools And Programme Of Teacher Development. France: UNESCO.

Yamada, S. (2013). Japanese educational aid in transition: between the aid coordination and unique model. Asian Education and Development Studies, 3(1), 76–94. http://doi.org/10.1108/AEDS-03-2013-0019

Zanial. (2011). Analisis Pengaruh Faktor Layanan Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kepuasan User Di Universitas Bina Darma. Palembang. Universitas Bina Darma.

Zeithaml, Valarie A., et al. (1990). Delivering Quality Service. The Free Press. New York.
Published
2022-10-20