Penerapan Metode Simple Moving Average terhadap Prediksi Transaksi Penjualan

  • Elfina Maulid Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana
Keywords: Prediksi, Penjualan, Simple Moving Average

Abstract

Penggunaan data mining untuk peramalan data atau bisa kita sebut sebagai metode forecasting. Metode forecasting adalah metode pembuatan prediksi yang menggunakan data pada masa lalu, untuk memprediksi suatu nilai di masa mendatang. Metode ini sangat membantu dalam studi kasus yang akan diangkat oleh penulis, yang berupa “Perancangan Sistem Prediksi Penjualan Menggunakan Metode Simple Moving Averageâ€, dimana masalah yang terjadi pada tempat studi kasus tersebut berupa kurangnya prediksi yang dimiliki sehingga mengakibatkan kesalahan prediksi pada saat pembelian bahan baku, dan terjadinya fenomena bahan baku yang terbuang, diakibatkan oleh jumlah permintaan yang tidak sesuai dengan bahan baku yang sudah dipersiapkan. Dengan adanya hasil dari perhitungan peramalan atau forecasting, diharapkan hasil dari data peramalan bisa menjadi acuan terhadap pembelian untuk pasokan bahan baku dan mengurangi bahan baku yang tidak terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Sinurat, S., & Hutabarat, S. A. (2018). Penerapan Metode Simple Moving Average Untuk Memprediksi Hasil Laba Laundry Karpet Pada CV . Homecare. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(2), 167–175.

Ali Subhan Afrizal, S.T., M. K. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pajak Sebagai Media Edukasi Perpajakan Kepada Masyarakat. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 10(2), 18–29.

Efendi, D. M., & Ardhy, F. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Peramalan Penjualan Obat dengan Menggunakan Single Exponential Smoothing di Apotek Hamzah Farma. Seminar Nasional Teknologi Dan Bisnis, 198–203.

Fatimah, F., Tejawati, A., & Puspitasari, N. (2018). Prediksi Pemakaian Air PDAM Menggunakan Metode Simple Moving Average. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 2(1), 55. https://doi.org/10.30872/jurti.v2i1.1410

Hamid Mughal, M. J. (2018). Data mining: Web data mining techniques, tools and algorithms: An overview. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 9(6), 208–215. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2018.090630

Hariri, F. R., Sari, W., & Mashuri, C. (2021). Perbandingan metode Double Exponential Smoothing dan Simple Moving Average pada kasus peramalan penjualan. Teknologi, 11(2), 93–100. https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i2.2348

Kurniadi, W. (2018). Pendukung Keputusan Dalam Peramalan Penjualan Ayam Broiler Dengan Metode Trend Moment Dan Simple Moving Average Pada CV. Merdeka Adi Perkasa. Jurnal Media Informatika Budidarma, 2(3), 76–90. https://doi.org/10.30865/mib.v2i3.652

Laksmana, R. D., Santoso, E., & Rahayudi, B. (2019). Prediksi Penjualan Roti Menggunakan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus : Harum Bakery). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4933–4941.

Lusinia, S., & Rahmansyah, N. (2020). Analysis of the Level of Vulnerability to Floods using the Method of Simple Moving Average (A Case Study of the City of Padang). Jurnal KomtekInfo, 7(3), 242–246. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i3.84

Madjid, H. A., Ambarwati, A., & Latipah, L. (2021). Decision Support System Peramalan Permintaan Layanan Kecantikan dengan Single Exponential Smoothing dan Simple Moving Average. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 372. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.45796

Merkel, M. (2021). Do TypeScript Applications Show Better Software Quality than JavaScript Applications ? A Repository Mining Study on GitHub.

Nur, A., Choirun, R., Helilintar, R., Informatika, T., Teknik, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Prediksi Penjualan Barang Menggunakan Algoritma Moving Average Pada Toko Ars Frozenfood. 1, 313–319.

Rahmatullah, S., Wahyuni, S., Chaining, M. F., & Method, F. C. (2020). Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Furniture Terlaris Menggunakan Metode Knearest Neighbor. 3(2), 75–86. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1408

Sanjaya, T., & Suwarno. (2021). Perancangan Dan Implementasi Company Profile Berbasis Website Sebagai Media Promosi di PT. Hassani Can Packaging. 1(1), 14–19.

Sembiring, F., Gustian, D., Erfina, A., & ... (2021). Analisis Tingkat Akurasi Algoritma Moving Average dalam Prediksi Pergerakan Uang Elektronik Bitcoin. … Informatika Dan ….

Sya, A., & Pd, M. (2005). Teknik analisis data penelitian. 1–5.

Syafira, S., & Hutahaean, J. (2022). Perbandingan Metode SMA dan MWA Dalam Memprediksi Jumlah Penjualan Alat Olahraga. 3(4), 617–631. https://doi.org/10.47065/bits.v3i4.1409

Taryana, O. :, & Kom, S. M. (2021). Pengenalan HTML, Browser dan Text Editor. Pengenalan HTML, Browser Dan Text Editor, 10.

Uminingsih, Ichsanudin, M. N., Yusuf, M., & Suraya. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8.

Yulianto, T. (2019). Prediksi Penjualan Produk Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Journal Teknologi Yogyakarta, 1(2), 3–10.
Published
2022-10-20