Penerapan Metode Naive Bayes untuk Klasifikasi Status Pegawai pada Perusahaan Swasta

  • Yulia Irfayanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana
Keywords: Penerimaan Pegawai Baru, Naïve Bayes Classifier, Klasifikasi, Prediksi

Abstract

Penerimaan pegawai baru merupakan serangkaian proses dalam mencari, lalu menemukan, dan menarik sekelompok pelamar pekerjaan agar terterik kepada suatu perusahaan dan melamar posisi yang sedang dibutuhkan seusai dengan kriteria yang dimiliki perusahaan. Bergitu pentingnya penerimaan pegawai berdampak pada proses pemilihan pegawai dalam menentukan keputusan yang tepat apakah pegawai tersebut layak diterima atau tidak. Oleh karena itu, dibutuhkannya hasil keputusan yang seusai klasifikasi dan prediksi pada model keputusan yang diterapkan. Penerapan Naïve Bayes Classifier adalah metode yang cocok untuk klasifikasi biner dan multiclass. Metode yang juga dikenal sebagai Naive Bayes Classifier ini menerapkan teknik supervised klasifikasi objek di masa depan dengan menetapkan label kelas ke instance/catatan menggunakan probabilitas bersyarat. Probabilitas bersyarat adalah ukuran peluang suatu peristiwa yang terjadi berdasarkan peristiwa lain yang telah (dengan asumsi, praduga, pernyataan, atau terbukti) terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Hasanah, “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

Ahmad Syafrizal Huda, Rolly Maulana Awangga, Rd. Nuraini Siti Fathonah, “Prediksi Penerimaan Pegawai Baru Dengan Metode Naïve Bayes,” vol. 12, no.2, p.21, 2020.

Wahid Murni, “Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif,” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, vol. 13, no. 3, p. 16, 2017.

J. arifin, SPSS24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Anggota IKAPI, 2017.

Yuniarti, (2017). Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Pegawai Baru Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier.Arikunto, S., 2002.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yeffriansjah Salim, 2012 "Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Penentuan Status Turn- Over Pegawai," Media Sains, vol. 4 Nomor 2, no. ISSN 2085-3548

Arif Jananto, 2013. "Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 18 No.1, no. ISSN : 0854-9524, pp. 09-16,Januari.

Bustami, 2014."Penerapan ALgoritma Naive Bayes untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi Jurnal
Published
2022-10-20