Aspek Kemandirian Siswa Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Klaten

  • Anton Sri Budaya Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Rahayu Retnaningsih Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Siti Rochmiyati Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Keywords: Aspek Kemandirian, Proyek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Aspek Kemandirian Siswa Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Klaten. Anton Sri Budaya, Rahayu Retnaningsih, Siti Rochmiyati. Pada abad ke-21 tuntutan Pelajar Indonesia adalah memiliki, menguasai kompetensi agar terbentuk manusia indonesia yang keunggulan, produktif, memiliki pemahaman demokratis. Keahlian dan ketrampilan melalui 4 C : keterampilan (Collaboration) bekerja sama, (Comunication) berkomunikasi, (Critical thinking) kritis, dan (Creativity) kreatif. Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui Aspek Kemandirian Siswa SMA Negeri 3 Klaten. Dimensi Kemandirian dibagi 2 Sub dimensi : (1) Kesadaran diri dan situasi yang dihadapi, (2) Regulasi diri. Pada sub dimensi (1) Kesadaran diri dan situasi yang dihadapi dibagi dua indikator : (a) Mengidentifikasi pemilihan penjurusan peminatan, studi lanjut sesuai minat bakat dan kemampuan. (b) Melakukan refleksikan masukan saran dan informasi, menganalisis karakteristik dan ketrampilan yang diperlukan dalam pilihan jurusan dan studi lanjut . Sementara itu untuk Sub dimensi (2) Regulasi diri dibagi tiga indikator : (a) Mengendalikan dan menyesuaikan emosi dengan tepat saat menghadapi situasi tertekan, (b) Mengevaluasi efektifitas strategi pembelajaran, menetapkan tujuan pembelajaran, prestasi dan pengembangan, (c) Menentukan prioritas pribadi, memiliki inisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode angket dalam pengambilan data kemudian diolah menjadi deskripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, M. Y., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Berkeley, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Andersen, L. W. (1981). Assessing affective characteristics in the schools. Boston: Allyn and Bacon.

Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Ansori, A., & Samsudin, A. (2013). Transformasi Pembelajaran Di Pendidikan Non Formal (Upaya mempersiapkan pendidik dan peserta didik dalam menghadapi tantangan global untuk menjadi manusia pembelajar). Empowerment, 2(1), 1-15.

Asmani, M. J. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Berk, L. E. (2005). Infants, Children and Adolescence. New York: Pearson Education, Inc.

Daradjat, Z. (1976). Perawatan Jiwa Untuk Anak. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Flesh, J. L. (1975). Measuring Agreement Between Two Judges on the Presence of Assessment.

Gable, R. K. (1986). Instrument development in the affective domain. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Harvey, J. H., & Smith, W. P. (1991). Social Psychology: An attribution Approach. London: The C.V Mosby Company.

Sudrajat, A. (2017). Peranan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penilaian Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 di SMK Ma’arif 1 Wates Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum.

Mardapi, D. (2003). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setiasih. (2014). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa Studi Kasus Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII A SMP N 1.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.137.
Published
2022-10-20