MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01D9C170.99D102D0" ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398

Vol. 8, No. 8, Agustus 2023

 =

ANALISIS PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA PANDEMIC COVID-19 PT. HADJI KALLA TOYOTA MALILI

 

Andi Winda Fatimah Wali Samad

Sekolah Program Pascasarjana, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

Email: andiwindaf6@gmail.com

 

Abstrak

Ekonomi Ind= onesia menghadapi guncangan hebat dari bermacam wilayah disebabkan oleh virus Covi= d- 19. Ini dialami oleh seluruh warga yang telah mulai gelisah untuk dapat bertahan hidup ditengah hantaman pandemi. Adanya dampak yang baik dan kurang baik dalam pemberlakuan peraturan baru yang dilakukan Pemerintah dalam penyebaran virus ini agar tidak meluas. Adapun tu= juan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman tantangan yang dihadapi Sales Executive dalam mendapatkan konsumen di masa pandemic, untuk mengetahui volume penjualan mobil sebelum dan sesudah adanya pandemic dan untuk mengetahui hasil dari strategi perusahaan PT. Hadji Kalla Toyota. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif, menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa deskriptif dari ucapan atau tulisan dan perilaku objektif itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di PT. Hadji Kalla. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbang= an tertentu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi dengan cara pertama, mengumpulkan update-an dari informan dalam jangka waktu tertentu. Wawancara yang difokuskan pada eksplo= rasi kehidupan cerita dan peristiwa mengenai pengalaman individu. Data dianalisis berdasarkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalan penelitian ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu pertama, mengumpulkan beber= apa konten yang bagikan oleh informan melalui akun instagram. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengguna internet hampir setiap provinsi, baik di wila= yah Indonesia bagian Barat dan Timur, baik di daerah urban maupun rural mayorit= as beraktivitas di sektor perdagangan dan jasa.

 <= /span>

Kata kunci: Analisis, Penerapan, Strategi komunika= si, Meningkatkan penjualan, Era pandemic COVID-19, PT. Hadji Kalla Toyota Malil= i

Abstract

Indonesia's economy is facing severe shocks from vari= ous regions due to the Covid-19 virus. This is being experienced by all citizens who have begun to feel anxious about surviving amidst the pandemic's impact. There have been both positive and negative effects of the new regulations implemented by the Government to contain the spread of the virus and prevent its further escalation. The objectives of this research are to understand t= he challenges faced by Sales Executives in acquiring customers during the pandemic, to examine the volume of car sales before and after the pandemic,= and to evaluate the outcomes of PT. Hadji Kalla Toyota's corporate strategies. = This study employs a qualitative descriptive method, using research procedures t= hat produce descriptive data from verbal or written expressions and objective behaviors. The research is conducted at PT. Hadji Kalla. Informants for this study are selected using the purposive sampling technique, which involves deliberately choosing informants based on specific criteria or consideratio= ns. In conducting this research, the researcher gathers information in two ways: first, collecting updates from informants over a certain period of time, and second, conducting interviews focused on exploring life stories and events related to individual experiences. Data analysis is based on the data collection techniques used in this study, as previously explained, which includes gathering content shared by informants through Instagram accounts.= The data analysis method used is Miles and Huberman's data analysis technique. = The research findings reveal that internet users in almost every province, both= in Western and Eastern Indonesia, whether in urban or rural areas, are predominantly engaged in trade and service sectors.

 

Keywords:  Analysis, Application, Communication Strategies, Boosting Sales, COVID-19 Pandemic Era, PT. Hadji Kalla Toyota Malili.

 

Pendahuluan

Keadaan Perekonomian Indonesia pada saat ini tidak la= gi dalam kondisi yang baik malah bisa dikatakan sangat memburuk diakibatkan ol= eh virus Covid19 yang melemahkan semua negara (Badriah et al., 2021). Untuk menghindari penye= baran virus yang lebih luas lagi adalah dengan cara berupaya melaksanakan pembata= san kegiatan yang dapat menimbulkan lajuperekonomian Indonesia (Rukmana et al., 2023). Ekonomi Indonesia mengha= dapi guncangan hebat dari bermacam wilayah disebabkan oleh virus Covid- 19 (Safitri et al., 2021). Ini dialami oleh seluruh= warga yang telah mulai gelisah untuk dapat bertahan hidup ditengah hantaman pande= mi. Adanya dampak yang baik dan kurang baik dalam pemberlakuan peraturan baru y= ang dilakukan Pemerintah dalam penyebaran virus ini agar tidak meluas.

Antara dampak ekonomi yang terjalin sepanjang Pandemi Covid-19 di Indonesia adalah merupakan perkembangan di wilayah serta komuni= kasi dalam menghadapi kenaikan pada Triwulan I 2020, dengan perkembangan mencapai angka 0,53 persen (Syahroni, 2021). Perihal ini disebabkan masyara= kat sendiri senantiasa berada di rumah sepanjang masa pandemi serta keluar bila sangat membutuhkan. Pasti saja himbauan tersebut membuat masyarakat mencari kabar serta melaksanakan komunikasi via internet. Larangan keluar masuk dari luar negara ke Indonesia juga sangat dibatasi. Perihal ini pasti saja beruj= ung pada penyusutan zona wisata, dimana pada Triwulan I 2020, dihadapi penyusut= an sampai 34,9 persen dibanding dengan tahun sebelumnya. Dari zona pariwisata Indonesia mendapatkan pemasukan yang lumayanbesar. Pemberlakukan pembatasan skala besar-besaran (PSBB) membuat dampak pada zona transportasi. Di mana jumlah penumpang rel, bis serta pula pesawat menghadapi penyusutan lumayan besar apalagi mencapai angka negatif. Baiknya masyarakat agar lebih berjaga-jaga serta waspada agar tidak tertular. Keadaan perekonomian saat i= ni tentunya bisa berangsur-angsur kembali pulih maka dari itu diperlukan kerja= sama dari seluruh belah pihak.

Dari pandemi Covid-19 ini secara perlahan menutup produsen-produsen otomotif untuk menutup sarana produksinya. Di waktu yang sama, permintaan terhadap otomotif anjlok tajam bersamaan melemahnya daya b= eli warga. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk industri otomotif buat kemba= li pulih seperti sebelumnya. Industri otomotif tercantum sebagai salah satu industri yang terserang hentaman berat dari sisi penjualan. Pandemi Covid-19 berakibat pada PHK terhadap jutaan para pekerja yang ada.

Merujuk dari informasi Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia, pada Januari angka penjualan masih menggapai 81.063 unit, Februa= ri turun menjadi 77.847 unit, Maret turun lagi jadi 60.448 unit. Pada April, a= ngka penjualan anjlok sampai 60% jadi 24. 276 unit. Dari sisi ekspor, angkanya p= ula turun tajam sampai 55% secara month= to month. Bila pada Maret angka ekspor masih sebesar 6. 547. 902 unit, hin= gga pada Maret cuma 2. 956. 616 unit.

Dengan keadaan pandemi yang belum reda di Indonesia, penjualan otomotif diprediksi masih tetap memburuk. Tanpa dukungan, industri ini dapat bangkrut. Sementara industri ini meresap jutaan tenaga kerja. Sumbangan terhadap Produk Dalam Negeri Bruto (PDB) pula tidak kecil. Bagi i= nformasi Departemen Perindustriaan, industri otomotif mempunyai donasi signifikan terhadap PDB spesialnya terhadap PDB nonmigas sebesar 3,98 persen pada tahun 2019. Strategi pemasaran merupakan pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis dalam menggapai target yang sudah diresmikan terlebih dulu yang di dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok seperti sasaran pasar, penempa= tan produk di pasar, bauran pemasaran serta tingkatan bayaran pemasaran yang dibutuhkan (Febrianto, 2022). Formulasi strategi pemasaran dicoba sehabis mungkin mengenali aspek internal serta eksternal dari indust= ri yang berakhirpada kenaikan volume penjualan serta penerapannya disesuaikan dengan jumlah dana, watak pasar, tipe pasar, tipe produk serta siklus kehid= upan (Suroso, 2017).

Mempersiapkan strategi pemasaran yang efisien, indust= ri wajib mendalami pesaing aktual serta potensialnya (Arasy Alimudin= & Purwantoro, 2022). Industri butuh mengenali strategi, tujua= n, kekuatan, kelemahan serta pola respon pesaing (Noviani & Wa= hyuni, 2016). Sehubungan dengan terdapatnya persaingan yang ketat mewajibkan tiap industri buat berupaya menempatkan dirinya pada posisi tiap-tiap industri dalam pasar (Rinnanik et al., 2021). Dengan mengenali posisi industri dalam pasar, ianya mempermudah industri dalam melaksanakan aktivit= as bisnisnya. Posisi bisnis pula berfungsi dalam memastikan langkah-langkah pemasaran semacam apa yang hendak dilaksanakan oleh industri, sehingga indu= stri bisa bersaing dengan para pesaing bisnis lain yang bergerak pada bidang yang sama.

Persaingan ketat antar usaha sejenis menimbulkan kond= isi pasar berganti dimana kondisi pasar bergeser dari seller’s market (kekuatan pasar terletak ditangan penjual) jadi buyer’s market (keku= atan pasar ditangan pembeli). Dalam keadaan begini, produsen ataupun pengusaha hendaknya berupaya memperoleh pembeli dengan mencermati permintaan serta se= lera konsumen (Nurdahlia, 2019). Tidak terdapat sesuatu upaya = yang sanggup bertahan bila tidak bisa menjual produknya dengan bagus (Ramadhani, 2021). Tidak sempurnanya upaya, bila = tidak diiringi dengan keahlian penjualan benda ataupun pelayanan, hingga upaya itu menjadi sebuah kehancuran (collaps). Tetapi kebalikannya bila sesuatu upaya sanggup meningkatkan daya muat atau omzet pemasaran, hingga upaya itu memil= iki kemungkinan buat meneruskan usahanya.

 Dalam menanggulangi perihal ini, strategi penjualan yang diaplikasikan sesuatu up= aya wajib mencermati bermacam aspek mau secara internal maupun secara eksternal yang tetap berubah-ubah. Strategi penjualan yang bagus membutuhkan sesuatu wawasan mengenai apa yang lagi diminta oleh pelanggan alhasil bisa dicoba p= ihak industri kepada kemauan itu (Wahyudi & S= etiadi, 2022). Bauran penjualan ialah sebuah fitur yang memastikan tingkatan kesuksesan penjualan untuk industri, serta ditunjukkan buat membagikan pada bagian pasar ataupun pelanggan yang diseleksi.

Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomun= ikasi mendukung perkembangan teknologi internet (Setiawan, 2018). Dengan internet pelaku bisnis t= idak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai mac= am informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi ya= ng tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad intern= et.

Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan (Wibowo, 2014). Pemasaran di Internet cederung me= nembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku (Putra et al., 2022). Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importir, dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasa= ran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri

Pada saat ini kebutuhan akan kendaraan bagi konsumen menjadi suatu hal penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Oleh sebab = itu banyak dealer kendaraan bermotor khususnya mobil berlomba-lomba mendapatkan minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Berbagai upaya yang dilakukan perusahaan agar aktiitas pemasaran dapat berjalan lancer seperti penetapan strategi pemasaran didasa= rkan pada pertimbangan bahwa kebijakan pemasaran yang digunakan adalah kebijaksa= naan harga, promosi dan cabang/ perwakilan dengan tujuan mendapatkan peluang pas= ar yang lebih luas, pada akhirnya mendapatkan penjualan yang lebih meningkat.<= o:p>

Proses komunikasi pemasaran dapat terjadi Ketika komunikator (produsen) akan mengirimkan pesan yang telah dirancang oleh age= ncy iklan (pemasar) melalui media media untuk dapat menjangkau para penerima pe= san (target audiens) sehingga akan menimbulkan efek (feedback) kepada komunikat= or. Kegiatan tersebut cukup dekat dengan komunikasi dalam bidang pemasaran sebab dalam konsep pemasaran terdapat bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P yai= tu Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Dalam konsep 4P tersebut yang berkaitan dengan bidang komunikasi yaitu poin promo= si. Bauran promosi merupakan seperangkat alat yang saling melengkapi dan saling mendukung, yang biasa digunakan adalah iklan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, dan promosi penjualan. Dalam menarik perhatian masyarakat untuk menawarkan suatu produk perlu kreativitas, tidak hanya menggunakan below the line (media lini atas) saja yaitu media iklan luar ruang seperti brosur dan spanduk, melainkan dapat dibantu dengan media alternative lainnya yang bisa menambah keefektifan pemasaran yaitu menyesuaikan dengan teknologi yang sem= akin modern seperti internet dengan memasang gambar produk yang ditawarkan melal= ui situs online. Internet sebagai media, berfokus pada konsumen yang berada di dunia maya dan menggunakan akses internet sebagai media pemenuhan informasi. Internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif s= erta tanggapan yang cepat adalah kualitas dari mediuminternet yang unik. Internet yang merupakan hasil dunia modern saat ini mempermudah setiap orang dalam kegiatan pemasaran.

Pada tahun 2012 ada tiga trend dalam industri telekomunikasi nasional, yaitu berkembangnya teknologi smart phone, tumbuhn= ya angka pengguna jejaring sosial, serta tumbuhnya infrastuktur internet. Hasil sebuah riset terbaru memprediksi bahwa sampai pada tahun 2020 jumlah konsum= en yang membelanjakan uang untuk membeli barang dan jasa dibanding kebutuhan d= asar (consumer class) akan bertumbuh secara signifikan di Indonesia. Jenis konsu= men ini akan mengembangkan gaya hidup yang serba digital karena industri teknol= ogi tengah mendorong mereka untuk menggunakan lebih dari satu perangkat. Pertumbuhan kelas konsumen ini dapat dilihat dari pertumbuhan pembeli dan pengguna smartphone, PC tablet dan jasa berbasis Web secara signifikan.

Internet di Indonesia mayoritas digunakan pada sektor perdagangan dan jasa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengguna intern= et hampir setiap provinsi, baik di wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur, b= aik di daerah urban maupun rural mayoritas beraktivitas di sektor perdagangan d= an jasa.

Media sosial adalah media berbasis aplikasi internet = yang bisa diakses online, dimana setiap orang yang memanfaatkan media sosial dap= at mudah mengakses media sosial selama ada jaringan koneksi yang memudahkannya terkoneksi dengan internet. Dalam hal yang lebih teknis, media sosial berba= sis internet sering disebut juga dengan situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial dalam bahasa Inggris disebut social network sites, yang merupakan se= buah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.

Adapun sarana yang digunakan perusahan dalam upaya menginformasikan, membujuk, mengingatkan konsumen baik langsung maupun tidak langsung tentang produk atau merek yang mereka jual yaitu komunikasi pemasa= ran yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication).

Bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu iklan (advertising), tenaga penjualan (sales promotion), pemasaran langsung (dire= ct marketing), hubungan masyarakat (public relations), sponsorship, pameran (exhibitions), kemasan (packaging), merchandising, selling & sales manajemen, media. Penelitian ini ingin mengetahui perilaku konsumen dalam membeli barang mulai dari tahap yang paling dasar hingga pada tahap keputus= an pembelian.

Terdapat lima tahap proses pengambilan keputusan pemb= elian yaitu (1) mengenali kebutuhan, (2) pencarian informasi, (3) evaluasi alternatif, (4) keputusan membeli, dan (5) perilaku pasca pembelian

 Hal ter= sebut semakin menjadikan peneliti tertarik untuk melanjutkan riset berkaitan deng= an penerapan komunikasi pemasaran yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication). yang dapat ditempuh oleh perusahaan melakukan kebijaksanaan harga, promosi melalui media social yang dibutuhkan oleh para konsumen/pelanggan. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka para pelanggan a= tau konsumen dapat tertarik untuk melakukan transaksi pembelian mobil dikarenak= an mudahnya mendapatkan informasi mengenai harga, promosi dan lain sebagainya = yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan PT. Hadji Kalla tersebut.

Berbagai merek mobil Toyota yang lari dijual di Indon= esia terdiri dari merk Toyota Avanza, Toyota Yaris, Toyota Innova, Toyota Rush d= an Toyota Vios. Jenis mobil merek Toyota ini aktiitas pemasarannya dalam setiap bulan mengalami peningkatan sesuai dengan pemesanan menurut warna dan kapas= itas kendaraan, model dan time limit pengiriman disesuaikan dengan banyaknya tin= gkat permintaan konsumen.

Berdasarkan uraian tersebut maka dalam penelitian ini= yang dilakukan pada kantor cabang PT. Hadji Kalla Toyota sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kendaraan mobil yang menerapkan strategi pemasaran komunikasi. Dalam pelaksaanan akan dilakukan analisis pe= nggunaan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication). yang menunjukkan apakah penerapan pemasaran tersebut sudah sangat efektif untuk meningkatkan penjua= lan mobil bukan hanya disetiap bulannya., oleh karena itu perlu dianalisis stra= tegi kebijaksanaan harga, promosi dan cabang/perwakilan yang diterapkan perusaha= an ini.

 

 

Metode Penelitian <= /span>

Penelitian = ini memakai metode kualitatif deskriptif, menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa deskriptif dari ucapan atau tulisan dan perilaku objektif itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di PT. Hadji Kalla karena te= mpat tersebut atau perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan salah satu strategi komunikasi pemasaran menggunakan media social yang juga salah satu dari anak perusahaan PT. Hadji Kalla yang dengan omzet penjualan yang setiap bulannya meningkatkan. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbang= an tertentu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi dengan cara pertama, mengumpulkan update-an dari informan dalam jangka waktu tertentu. Kedua, wawancara yang difokuskan pada= eksplorasi kehidupan cerita dan peristiwa mengenai pengalaman individu. Data-data ini diambil dengan tujuan untuk melihat bagaimana konstruksi identitas diri dan simbolisasi dalam diri individu yang tergabung dalam kelompok homoseksual. = Data dianalisis berdasarkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalan penelit= ian ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu pertama, mengumpulkan beberapa konten yang bagikan oleh informan melalui akun instagram. Kedua, wawancara yang difokuskan pada eksplorasi kehidupan cerita dan peristiwa mengenai pengalaman individu yang kemudian akan dianalisis. Analisis data y= ang digunakan adalah analisis data dari Miles dan Huberman seperti gambar di ba= wah ini :

 

=  

 

 

 

 


 &= nbsp;

 =

 =

= Sumber: Miles, Hu= berman dan Saldana (2014)

 
&= nbsp;

 

 


Hasil dan Pembahasan

A. <= /span>Pembahasan<= /b>

Strategi pemasaran = pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan un= tuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Peran pemasasaran saat= ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen, tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan perusahaan dapat menghasilkan laba.

Strategi Pemasaran merupakan salah satu dari beberapa factor yang paling penting di suatu perusahaan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan s= uatu produk karena strategi pemasaran merupakan sebuah proses untuk meningkatkan penjualan, sehingga strategi pemasaran merupakan alat yang pentingbagi perusahaan untuk mampu memenangkan persaingan.

Sehingga di masa pandemic Covid-19 untuk meningkatkan penjualan mobil pada PT. Hadji Kalla cabang Malili membuat strategi pemasaran yang bisa menarik perhatian = para klien, Strategi pemasaran yang dibuat oleh PT.Hadji Kalla cabang Malili dibuat dengan cara melihat keadaan di lapangan dan meli= hat situasi di masa pandemi covid-19. Strategi-strategi pemasaran yang usaha un= tuk meningkatlan penjualannya di masa pandemic covid-19.

Marketing mix memil= iki peran seperti, pertukaran dimana konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen, baik itu dengan menukar uang dengan produk atau melakukan pe= rtukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali. Marketing mix memiliki beberapa tujuan, salah satu tujuannya yaitu periklanan, Periklanan merupakan salah satu kegiatan penting dalam marketing mix yang bertujuan un= tuk memberikan informasi tentang produk kepada target konsumen. Dalam menjalank= an salah satu tujuan marketing mix yaitu periklanan, PT Hadji Kalla cabang Malili menerapkan tujuan tersebut dengan cara promosi. Promosi itu dirancang untuk mendorong pembelian/penjua= lan Mobil pada PT. Hadji Kalla cabang Malili. Kegiatan = ini dilakukan salah satunya dengan cara seperti pemberian diskon. . Sasaran dari pemas= aran sendiri yaitu menarik pelanggan baru dengan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan murah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip menjaga mutu dan kualitas produk untuk kepuasan pelanggan.

PT. Hadji Kalla cabang Malili telah menjalankan marketing mix sesuai dengan teori bahwa “marketing = mix merupakan strategi mencampurkan kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling maksimal”.= PT. Hadji Kalla cabang Malili ini melakukan marketing mix-nya dengan alat 7P yaitu product, promotion, pr= ice, place, people, process dan physical evidence. Adapun penerapan strategi marketing mix menggunakan 7P adalah sebagai berikut:

= 1)  = Product

Produk merupakan ha= sil produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan yang bersumber dari aktivitas usahakan. Untuk mengetahui banyaknya produk yang diperoleh dapat dilihat da= ri besarnya hasil produksi yang dicapai, ketersedian produk dan kualitas hasil produksi yang diperoleh, sehingga mempengaruhi peningkatan penjualan. Dalam meningkatkan penjualan juga berupaya untuk menjaga kualitas produk. Biasanya pelanggan dalam membeli produk memperhatikan jenis kualitas produk. Jenis kualitas produk merupakan pelanggan yaitu produk yang berukuran ideal dan k= uat. Secara garis besar strategi produk dapat dikelompokkan menjadi 8 kategori y= aitu strategi positioning produk, repositioning produk, overlap produk, lingkup produk, desain produk, eliminasi produk, produk baru dan diverifikasi.

Strategi positining merupakan strategi yang menciptakan diferensiasi yang unik dalam benak pelanggan sasaran, sehingga terbentuk citra (image) merek atau produk yang lebih unggul dibandingkan merek/produk pesaing. Stra= tegi eliminasi produk dilaksanakan dengan jalan mengurangi komposisi portofolio produk yang dihasilkan unit bisnis perusahaan, baik dengan cara memangkas jumlah produk dalam suatu rangkaian atau dengan jalan melepaskan suatu divi= si atau bisnis. Strategi berikutnya yaitu strategi produk baru yang meliputi produk orisinil, produk yang disempurnakan, produk yang dimodifikasi dan me= rek baru yang dikembangkan melalui usaha riset dan pengembangan, dan terakhir adalah strategi diversifikasi sebagai upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas.

Salah satu jenis ba= uran pemasaran mobil yang mempengaruhi omzet penjualan Mobil Toyota adalah produ= k. Dimana produk yan= g dijual oleh perusahaan adalah mobil Merek Toyota, sehingga dalam pemasaran mobil M= erek Toyota yang dilakukan oleh perusahaan tersebut adalah menjual segala jenis/= type mobil toyota. Oleh karena itulah dapat disajikan jenis/type Mobil Toyota ya= ng dijual oleh PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malil= i yang dapat dilihat= melalui tabel berikut ini:

 

Tabel 1 Jenis/= Type Mobil Merek Toyota=

No

Jenis Mobil

Type Mobil

1.

AGYA

New Agya G= 1.0 M/T

New Agya G= 1.2 M/T

New Agya G= 1.2 A/T

New Agya T= rd 1.2 M/T

New Agya T= rd 1.2 A/T

2.

ALL NEW YARIS

New Yaris = 2018 1.5 E.M/T

New Yaris = 2018 1.5 E.A/T NewYaris 2018 1.5 G M/T N

ew Yaris 1= .5 2018 G A/T

3.

NEW AVANZA= & VELOZ

New Avanza= 1.3 E M/T (Std) New Avanza 1.3 E A/T (Std) New Avanza 1.3 E A/T

New Avanza= 1.3 E M/T

New Avanza= 1.3 G M/T

New Avanza= 1.3 G A/T

New Avanza= 1.5 G M/T

New Avanza= Veloz 1.3 M/T New Avanza Veloz 1.3 A/T

New Avanza= Veloz 1.5 M/T New Avanza Veloz 1.5 A/T

    Sumber: PT. Toyota Had= ji Kalla Cabang Malili Tahun 2019

 

2)  Harga Jual

Perusahaan PT. Toyo= ta Hadji Kalla Cabang Malili dalam kenyataanya merupakan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan u= ntuk memperoleh profit yang tanpa mengabaikan adanya pesaing-pesaing yang dapat menjadikan ancaman dalam melakukan kegiatan pemasaran. Salah satu bauran ya= ng diterapkan dalam meningkatkan pejualan adalah baura harga. Baura harga ini berfokus pada penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari penerapan produk= PT. Toyota Hadji Kalla, penetapan harga, melakukan promosi dan pendistribusian produk ke pelanggan sebagai segmen sasaran atau tujuan yang dapat meningkat= kan jumlah penjualan untuk mendapatkan profit.

Bauran harga mempuy= ai pengaruh terhadap peningkatan penjualan, bauran harga ini melihat segmen-se= gmen kegiatan penjualan yang diterapkan oleh para mitra atau pesaing produk dalam kegiatan pemasaran. Setiap pelanggan atau pelanggan bagi pihak pemasaran produk Fastron adalah sasaran atau tujuan untuk menjadi pelanggan, sehingga setiap publik pengguna kendaraan secara umum adalah segme pasar ya= ng harus diperkenalkan sebagai produk yang dibutuhkan.

Besarnya atau banya= knya segmen pasar yang diraih dapat dilihat dari banyaknya jumlah penjualan yang terdiri atau yang menggunakan produk dikalangan pelanggan, selain itu tingk= at permintaan atau produk meningkat, yang menandakan segmen pasar telah menggunakan, dan berupaya untuk kontinyu melakukan penggunaan produk terseb= ut, sehingga setiap bulan diharapkan segmen pasar produk mengalami peningkatan.=

Dalam mempertahanka= n dan meningkatkan bauran harga, PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili, sebagai perusahaa= n yang memiliki produk Mobil berupaya memperhatikan kualitas produk, agar konsumen puas dengan produk tersebut. Demikian pula pihak pengembang pemasaran senantiasa mengontrol perkembangan harga penjualan produk tersebut sesuai prioritas segmen konsumen, berupaya untuk melakukan kegiatan promosi dalam memberikan, berupaya untuk melakukan kegiatan promosi dalam memberikan kepa= da segmen pelanggan tentang berbagai keunggulan yang dimiliki produk tersebut,= khususnya kualitas produk. Masalah harga jual dalam pemasaran memegang peran= an penting. Sebab dengan harga jual yang bersaing maka akan memungkinkan perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan Mobil Toyota. Berikut ini ha= rga jual mobil merek Toyota tahun 2020:

 

Tabel 2 Harga = Jual Mobil Merek Toyota Tahun 2020

 

Jenis Mobil Toyota

Harga Jual (Rp)

PT. Hadji Kalla Cabang Malili<= /p>

New Agya G Trd 1.2 A/T

 

Calya 1.2 G (Prime) A/T

 

New Avanza Veloz 1.5 A/T

 

Sienta Q 1.5 A/T

 

Innova 2.4 A/T Venturer

 

All New Rush 1.5 G M/T

 

New Yaris 1.5 2018 G A/T

 

Fortuner 2.4 G 4x4 (Lux) A/T=

 

173.200.000

 

177.400.000

 

256.900.000

 

323.100.000

 

488.500.000

 

259.000.000

 

274.800.000

 

620.000.000

Sumber : PT. Toyota Hadji Kalla Cabang= Malili  2020

Dari tabel 2 yakni harga jual Mobil Merek Toyota, terdapat perbedaan harga jual tergantung dari jenis/type mobil tersebut seperti jenis mobil New Agya G Trd 1.2 A/T yang harganya Rp.173.200.000 sedangkan mobil Innova 2.4 A/T Venturer memiliki haraga jual yaitu Rp.488.500.000, dan Fortuner 2.4 G 4x4 (Lux) A/T memiliki harga jual yaitu Rp. 620.000.000, Harga Jual ditentukan Oleh Jenis/type Mobil.

Secara menyeluruh, dapat dikatakan bahwa bauran harga berhasil diterapkan dengan b= aik sesuai dengan penerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Ini terbukti bahwa dalam melakukan kegiatan pemasaran, setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran produk mempertimbangkan pentingnya bauran h= arga dalam meningkatkan penjualan dan perusahaan telah membuktikan bahwa bauran harga berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penjualan.

= 3)  Promosi

Masalah promosi dalam pemasaran mobil berpengaruh dalam peningkatan volume penjualan. Sebab tujuan dilakukan kegiatan promosi adalah untuk dapat meningkatkan volume penjualan. Dengan pentingnya masalah promosi dalam pemasaran, maka kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan PT. Hadji K= alla adalah meliputi:

= 1)    Iklan (Advertising)

Dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat, P= T. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili melakukan beberapa bentuk iklan yaitu: sur= at kabar, brosur. Adapun yang menjadi kekuatan dari iklan dalam penjualan mobil Toyota, yaitu:

= a)   Penyampaian informasi mengenai produk ke customer tidak membutuhkan waktu lama.

= b)  Memberikan informasi ke customer mengenai program apa yang sedang berlaku pada waktu a= tau kegiatan tertentu.

= c)   Iklan dilakukan terus-menerus di pangsa pasar yang luas.

= 2)    Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Dalam memasarkan produknya PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili    mel= akukan beberapa bentuk promosi penjualan seperti pemberian DP murah, pemberian had= iah langsung, pameran-pameran, suku bunga rendah, dan tukar tambah atau trade i= n. Adapun yang menjadikan keutamaan dari sales

Promotion pada PT. Toyota Hadji Kalla yaitu:<= /o:p>

a) Pemberian DP murah

b) Suku bunga bendah

c) Pemberian variasi Promo yang dinamis.

d) Promosi yang dilakukan terus-menerus karena Toy= ota marketing leader.

= 4)  Penjualan Perseorangan (Personal Selling)=

Dalam memasarkan Produknya, PT. Toyota Hadji Kalla= menerapkan strategi promosi personal selling, dimana dalam memenuhi strategi ini ada terget khusus yang diberikan perusahaan kepada setiap karyawan u= ntuk dipenuhi setiap bulannya. Adapun kelebihan dari personal selling dal= am penjualan mobil Toyota yaitu:

= a)   Lebih mengenal karakter custemer.

= b)  Penjualan jangka panjang (repeat order).<= o:p>

= c)   Masing-masing sales mempromosikan produk Toyota ke customer, baik itu melalui sosial media maupun ruang public agar yakin dengan produk Toyota.

= d)  Prosesnya cepat untuk terjadi pembelian.

= 5)  Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Adapun yang menjadi kekuatan dari public relation, yaitu:=

= a)   Perusahaan mengundang toko masyarakat sekitar perusahaan dan customer loyal Toyota unt= uk datang ke perusahaan yang bertujuan untuk lebih membangun komunikasi dengan masyarakat.

= b)  Hubungan dengan masyarakat lebih dekat (lebih kekeluargaan)

= c)   Proses penjualan ke customer lama lebih cepat.

= d)  Memberikan pelayanan prima (service car)

= 6)  Penjualan Langsung (Direct Marketing)

Dalam Hubungan Masyarakat pada kegiatan promosi ya= ng dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan pemberian spon= sor-sponsor dalam even-even tertentu, seperti; sponsor olahraga, seminar dan lain sebagainya. Dimana strategi ini dilakukan dalam bentuk canvassing at= au melakukan kontak langsung dengan customer. Adapun yang menjadi kekua= tan dari penjualan langsung yaitu:

= a)   Door to door atau langsung berkunjung kerumah customer.

= b)  Even-even pemasara (GIIAS dan IIMS), Hansa Reenkei atau kolaburasi antara service ben= gkel dan sales.

= c)   Prosesnya cepat untuk terjadi pembelian (diperkirakan butuh waktu paling lama 1 bulan= dan paling cepat 2-3 hari setelah bertemu customer).

= d)  Canvassing atau melakukan kontak langsung dengan

customer.

= 7)  Distribusi

Salah satu bauran pemasaran yang merupakan elemen pokok dalam meningkatkan daya saing adalah saluran distribusi dalam pemasaran mobil Toyota. Adapun saluran distribusi dalam pemasaran Mobil Toyota dapat disajik= an melalui skema berikut ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 2 Saluran Distribusi Dalam Pemasaran Mobil Toyota = Pada PT. Toyota

Hadji Kalla Cabang Malili

Salah sa= tu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan, khususnya usaha otomotif adalah meningkatkan penjualan mobil, hal ini dimaksudkan guna dapat mempero= leh laba usaha yang lebih optimal. Oleh karena itulah dalam menunjukkan pencapa= ian tujuan dan sasaran dalam perusahaan, maka perlu adanya penerapan strategi pemasaran yang akurat, sebab dengan penerapan strategi pemasaran yang akurat maka akan mempengaruhi kelancaran usaha bisnis otomotif.

Dalam pembahasan mengenai strategi pemasaran, maka terlebih dahulu dilakukan eval= uasi mengenai perkembangan penjualan. Dimana dalam melakukan evaluasi mengenai perkembangan penjualan adalah bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan naik/ turunnya penjualan mobil Toyota yang dicapai oleh perusahaa= n. Namun sebelum dilakukan analisis perkembangan penjualan Mobil Toyota untuk tahun 2015 s/d tahun 2018 yang diperoleh dari perusahaan dealer Mobil Toyota PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili yaitu sebagi berikut:

&nb= sp;

Tabel 4 Data Volume Penjualan Mobil Pada PT. Hadji Kalla Cabang Malili

Makassar Tahun 2017 s/d Tahun 2021<= /p>

Jenis Mobil

2017

2018

2019

2020

Avanza

615

468

589

678

Rush

115

82

124

125

Fortuner

59

66

67

489

Agya

328

567

476

560

Innova

63

108

78

106

Yaris

190

89

89

82

Calya

-

390

290

410

Total

1370

1770

1713

2450

Sumber: PT. Hadji Ka= lla Cabang Malili  (Data Diolah) 2019.

 

Dari tab= el 4 yakni data penjualan Mobil Toyota, khususnya dalam 4 tahun terakhir (tahun = 2017 s/d 2021), Mobil Avanza pada tahun 2017 meningkat karna harga terjangkau, t= ahun 2018 Mobil Avanza mengalami penurunan karna harganya mulai naik, ketatnya persaingan dan kurangnya salesmen yang promosi, dan tahun 2017 s/d 2021 mengalami peningkatan karena mobil Avanza mulai banyak diminati oleh masyarakat. Faktor yang mempengaruhi volume penjualan menurun dan meningkat dari jenis mobil  lainnya seperti Rush, Fortuner, Agya, Innona, Yaris, Calya da= ri tahun 2017 s/d 2021 tidak bedah jauh seperti mobil Avanza. Berdasarkan tabel 4.4 yakni pertumbuhan penjualan mobil Toyota nampak bahwa dalam tahun 2017 = s/d 2018 volume penjualan mobil Toyota mengalami penigkatan sebesar 23,85%, sedangkan tahun 2017 s/d 2018 mengalami peningkatan sebesar 26,27%, tahun 2= 017 s/d 2018 peningkatan sebesar 30,82% sehingga rata-rata perkembangan penjuala mobil mengalami peningkatan sebesar 410,77% setiap tahunnya. Dengan adanya peningkatan volume penjualan mobil Toyota dari tahun 2017 s/d 2018 adalah disebabkan karena penerapan strategi pemasaran telah memadai. Namun dalam t= ahun 2017 dan 2018 mengalami penurunan salah satu faktor yang mengakibatkan penurunan dalam penjualan mobil Toyota adalah ketatnya persaingan dalam pemasaran mobil dimana masing-masing perusahaan pesaing menawarkan berbagai jenis type/model mobil yang berbeda dengan harga jual yang bersaing dan disamping itu harga jual yang diterapkan oleh perusahaan sedikit lebih ting= gi jika dibandingkan oleh perusahaan dealer mobil lainnya.

B.&n= bsp;   Hasil Penelitian=

Berdasarkan h= asil pengumpulan data dapat diketahui secara tepat strategi yang digunakan untuk meningkatkan pangsa Pasar. Marketing Mix strategy Toyota yang diterapkan sangat efektif dan sukses, dari strategi Produk, Toyota mempunyai prinsip menciptakan ever better cars dimana Toyota akan terus mencoba menciptakan inovasi kendaraan dengan menyesuaikan Toyota Avanza yang benar sesuai dengan kebutuhan

masyarakat di= setiap wilayah tertentu. Dari strategi penentuan Lokasi, Toyota dari tahun ketahun selalu menambah persebaran saluran distribusi, gerai dan tempat persediaan = di Indonesia. Dari strategi Promosi, Toyota selalu menyebarkan iklan dan publi= sitas produk mereka diberbagai media, baik itu dimedia televisi, koran, ataupun m= edia sosial. Toyota juga sering kali memberikan potongan harga atau melayani pembelian secara kredit. Dari segi strategi penetapan harga, Toyota menerap= kan pembiayaan bunga yang rendah dan jangka waktu pembayaran yang lebih panjang, layanan garansi dan service, serta penetapan harga yang berbeda untuk setiap wilayah tertentu.

Pada masa pan= demi Covid-19 sekarang ini PT. Hadji Kalla cabang Malili juga memberikan diskon = 25% yang bertujuan untuk menarik minat pembeli untuk membeli mobil di masa pand= emi, pemberian diskon 25% sesuai dengan keadaan di masa pandemi Covid-19 dimana keadaan ekonomi sedang tidak baik sehingga berpengaruh ke berbagai aspek, dengan adanya diskon 25% bisa mempengaruhi klien untuk melakukan transaksi pembelian. Dengan adanya diskon 25% pastinya menguntungkan kedua belah pihak karena klien akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pada biasanya dan= PT. Hadji Kalla cabang Malili akan mendapatkan keuntungan karena jika semakin banyak pesanan selain itu dengan adanya diskon 25% bisa memenangkan pasar karena biaya yang lebih murah. PT. Hadji Kalla cabang Malili juga membuat strategi pemasaran yang melihat situasi di lapangan yang ada, seperti kenda= la yang dialami dalam melakukan proses melihat langsung barang/mobil, para konsumen kebingungan karena sesuai dengan kebijakan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah dan larangan untuk berkumpul. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut PT. Hadji Kalla cabang Malili membuat strategi pemasa= ran dengan cara mengadakan free on delivery, diadakannya freeon delivery tidak hanya untuk mengatasi masalah tersebut tetapi juga untuk membuat pembeli tertarik untuk membeli atau melihat langsung mobil yang akan dia gunakan.Berikut Hasil penelitian berdasarkan observasi= dan wawancara dilihat dari sisi internal dan eksternal sebagai berikut :

Fa= ktor Internal dan Eksternal Berdasarkan Observasi dan Wawancara pada PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili

Untuk mempero= leh data, peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada informan dari perusahaan dan pelanggan pada PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili. Berikut akan dipaparkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti

a.   Faktor Internal dan Eksternal Observasi<= o:p>

Pemilihan lok= asi perusahaan adalah sebuah keputusan yang sangat penting. Lokasi mana yang ak= an dipilih, maka pimpinan perusahaan harus mampu menanggung semua konsekuensi = atas pilihan tersebut. Dalam membuat keputusan mengenai pemilihan lokasi, pimpin= an perusahaan sebainya memikirkan area perdagangan dan tempat yang lebih spesi= fik. Area perdagangan adalah area geografis yang berdekatan dan memiliki mayorit= as pelanggan dan penjual, bagian dari sebuah Kota. Seseorang pemilik harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi daya tarik suatu area perdagangan tertentu kemudian menguji apa yang dicari dalam memilih tempat, seperti tar= get yang harus dicapai, sehingga dapat dilakukan pengujian dengan menggunakan beberapa metode peramalan. Seleksi lokasi perusahaan keputusan yang sangat = strategis.

Lokasi perusa= haan PT. Toyota Hadji Kalla tidak sulit untuk dikunjungi oleh pelanggan. Lokasi perusahaan ini juga berdiri dekat

dengan pemuki= man tempat tinggal warga, berdekatan dengan kampus kampus,s= erta sering dilalui oleh orang-orang. Perusahaan ini memiliki dua arah jalur kendaraan dan alat transportasi yang melewati toko ini cukup banyak selain kendaraan pribadi, becak motor, taksi, dan angkutan umum. Lokasi berdirinya perusahaan ini cukup strategis, lokasi perusahaan ini berada dikeramaian, t= empat tinggal penduduk kalangan menegah ke atas. Rute jalan yang dilalui kendaraan sekitar perusahaan cukup mudah.

Dilihat dari = desain atau kondisi gedung tempat perusahaan PT. Hadji Kalla ini merupakan salah s= atu alternatif penempatan yang populer bagi perusahaan, untuk kebutuhan lingkup pasar besar dan kecil. Tata letak showroom, tempat service, serta ruang tun= ggu bagi pelanggan di desain sebaik mungkin. Kebersihan gedung di PT. Toyota Ha= dji Kalla cukup terjaga dengan baik dengan menggunakan jasa cleaning service dan disediakan tong sampah disetiap sudut ruangan. Kondisi atau keadaan gedung dirancang untuk memberikan kenyamanan pembelian, layanan purna jual dan service. Pengelolaan toko juga menyediakan papan informasi dalam gedung, de= ngan tujuan untuk memberikan informasi yang terkait dengan layanan, harga maupun ketersediaan barang, dipasang juga beberapa poster-poster serta brosur meng= enai promosi penjualan mobil terbaru, dilantai dua terdapat ruangan depertemen s= erta karyawan yang bertugas dan juga ruangan rapat untuk pertemuan penting.=

Fasilitas yang didirkan oleh perusahaan ini yakni tempat parkiran kendaraan mobil dan motor bagi pelanggan yang datang membeli dan service. Tersedia juga ruangan tunggu yang yang nyaman disertai wifi yang tersedia. Disediakan juga tempat permai= nan anak bagi pengunjung yang membawa anak-anak ke showroom. Tersedia alat pema= dam kebakaran, untuk berjaga-jaga bila kejadian yang tidak diinginkan terjadi seperti kebakaran dan sebagainya. Kondisi bangunan yang masih bagus, membua= t perusahaan ini terlihat berbeda dan menarik pelanggan dan menjadi ciri khas dari gedung perusahaan.

Aktivitas yang dilakukan oleh karyawan dimulai dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 17.00 WI= TA. Atasan biasanya mengontrol aktivitas yang dilakukan karyawan dan mengevalua= si kinerja karyawan guna untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Pro= duk dan hargadalam showroom memiliki peran penting untuk menarik minat beli pelanggan PT. Toyota Hadji Kalla ini kelengkapan produk yang dijual berdaar= kan kebutuhan pelanggan dengan kualitas yang baik dan harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Strategi ini membantu konsumen mencari barang dengan mudah pada harga yang ingin mereka bayar.

Salah satu st= rategi bersaing yang dilakukan pada perusahaan adalah dengan melakukan pelayanan y= ang sebaik mungkin. Pelayanan yang baik merupakan keunggulan atau keistimewaan = yang dinilai dari pelanggan guna mendapatkan citra nama yang baik. Pelayanan yang disediakan oleh perusahaan PT. Toyota Hadji Kalla yaitu memberikan pelayana= n yang diperhatikan apa yang diinginkan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen salah satunya dengan memperhatikan keluhan konsumen, memberikan pelayanan y= ang ramah. Memberikan kuisioner kepada konsumen yang telah berkunjung, memberik= an minuman dan snack bagi pelanggan serta memberikan bantuan dari tenaga penju= alan atas informasi terhadap suatu barang atau produk yang dijual

b.&n= bsp;  Faktor Internal dan Eksternal Berdasarkan Wawancara=

Dalam menjala= nkan usaha showroom mobil ini, tentu memiliki banyak tantangan. Banyak pesaing dilihat dari perkembangan usaha di Indonesia. Pola perilaku masyarakat saat= ini sejalan dengan perkembangan jaman, maka diperlukan strategi-strategi untuk menarik perhatian dari pelanggan. Berikut kutipan wawancara dengan marketing perusahaan PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili perihal strategi pemasaran.=

Menurut Bapak= Arman, Produk yang ditawarkan oleh PT. Hadji Kalla adalah Mobil merek Toyota yang memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda. Adapun jenis yang ditawarkan Mob= il Toyota ada beberapa yaitu Avanza, Fortuner, Rush, Yaris, Innova, Calya, Sed= an, Hilux, Sienta, Agya, Juga Alphard. Harga mobil tergantung dari jenis dan tipenya, harga bisa naik sewaktu-waktu tergantung dari pabrik karna sebagian besar baran dipesan dari Jepang. Cara meyakinkan konsumen untuk membeli mob= il walau harga cukup mahal yaitu dengan memberikan produk yang memiliki nilai = yang berkualitas, karna semua produk memiliki nilai tersendiri dimata konsumen, nilai produk itu seberapa besar dia dapat manfaatnya. Keunggulan dari produk Toyota kuat, harga jual kembali, servis dimana-mana, harga yang konsumen ba= yar manfaatnya yang diterimah lebih besar dari harga yang dia berikan.

Soal menangga= pi keluhan pelanggan itu ada yang menangani khusus yaitu departemen keluhan pelanggan atau disebut Cita Rasa Prima (CRP), yang bertugas memediasi konsu= men dengan siapa dia melakukan keluhan. Dalam menanggapi konsumen, pihak kami segera bertindak cepat dengan memberikan tanggapan kepada pelanggan yang membutuhkan informasi atas produk. Jika pelanggan memiliki keluhan, maka ka= mi segera mendengar keluhan pelanggan, akan di tangani dengan baik, kemudian menampung keluhan tersebut dan mencari solusi yang terbaik. Dan ketika kelu= han pelanggan disebabkan kesalahan dan kelalaian kami, maka pihak kami segera meminta maaf dan segera melakukan perbaikan dari kesalahan tersebut. Kami j= uga menyediakan kotak saran bagi konsumen agar bisa menyampaikan

keluhannya. M= engenai pembayaran Pelanggan dapat melakukan pembayaran cash ataupun dengan kredit.= PT. Hadji Kalla membuka 23 Cabang di seluruh Indonesia lokasi showroom sangat strategis, berada di tengah tengah keramaian, dekat dengan perkantoran, kam= pus, dan pemukiman sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Mengenai fasilitas at= au pelayanan yang diberikan kepada konsumen kami menyediakan beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan konsumen, yaitu tempat parkir bagi pelanggan yang datang ke showroom, ruang tunggu yang nyaman , bagi konsumen yang membawa anaknya disediakan tempat bemain anak, ruangan yang ber AC membuat konsumen yang datang merasa tidak kepanasan, ada TV, wifi gratis, minuman dan snack gratis, toilet umum, kebersihan yang dijaga dengan baik, dan memberikan pelayanan terbaik seperti memberikan tes drive mobil unggulan yang kita pun= ya kepada konsumen, memberikan service gratis, memberikan kuesioner kepada pengunjung untuk mengevaluasi pelayanan serta fasilitas yang diberikan.

Menurut Bapak Suharman strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan pada PT. Hadji Kalla yaitu Langkah pertama yang dilakukan adalah mapping area dulu. Maksudnya di= sini kita mensegmentasikan pasar berdasarkan wilayah, pekerjaan dan lingkungan. Misalnya di dekat-dekat pasar kita menawarkan kepada kosumen jenis mobil Se= dan atau mobil Open Kap, jika diwilayah perkantoran kita menawarkan mobil priba= di seperti fortuner, avanza, dan lain-lain. Kami juga selalu melakukan kegiatan Promosi untuk memperkenalkan Produk-produk baru dari perusahaan kami. Menge= nai promosi setiap akhir pekan kita adakan kegiatan bersama karyawan dan custom= er bagi-bagi undian berhadiah, kemudian memasang Public Display di tempat keramaian seperti di mall atau hotel, promosi lewat media sosial, door to d= oor, ikut dalam event-event penjualan Mobil, dan menyebarkan brosur di jalan.

Melihat pelua= ng pemasaran Mobil pada masa mendatang, menurut kami sangat meningkat melihat permintaan masyarakat untuk memiliki mobil sangat tinggi, juga ketertarikan terhadap tipe-tipe mobil terbaru, serta kemajuan tekhnologi dalam hal transportasi masyarakat berbasis online. Mengenai pangsa pasar Toyota saat = ini Alhamdulillah, sangat meningkat dan penjualan mobil yang paling banyak masih dikuasai oleh Toyota Avanza disusul oleh Calya jenis pengeluaran terbaru ya= ng sekarang ini banyak diminati masyarakat karena harga yang terjangkau. Adapun Penyebab turunnya volume penjualan, dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu intern= al dan eksternal perusahaan. Faktor internal itu sendiri seperti kurangnya pelayanan, kurangnya tenaga kerja salesman yang mempromosikan produk. Nah, faktor yang kedua adalah faktor eksternal sudah persaingan dari showroom la= in yang menjual mobil dengan tipe yang sama. Berikit ini beberapa hasil wawanc= ara dengan Bapak Suharman dan Ibu Widya Munansari

 

Kesimpulan

Berdasarkan= hasil analisis dan pembahasan yang telah maka penulis dapat menarik kesimpulan ba= hwa Marketing Mix Strategy Toyota yang diterapkan sangat efektif dan sukses, dari strategi Produk, Toyota mempunyai prinsip menciptakan ever better cars dimana Toyota akan terus mencoba menciptakan inovasi kendaraan dengan menyesuaikan Toyota Avanza yang benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap wilayah tertentu. Dari strategi penentuan Lokasi, Toyota dari tahun ketahun selalu menambah persebaran salu= ran distribusi. Dari strategi Promosi, Toyota selalu menyebarkan iklan dan publisitas produk mereka diberbagai media, baik itu dimedia televisi, koran, ataupun media sosial.

 =

BIBLIOGRAFI

Arasy Alimudin, S. E., & Purwantoro, G. (2022). DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM. Narotama University Press.

 

Badriah, N., Nasution, M. I= . P., & Lestari, A. I. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19.= Islamic Circle, 2(2), 87–97.

 

Febrianto, R. A. (2022). Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah pada PT Bank Muamalat Indone= sia Cabang Solo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).<= /p>

 

Noviani, N., & Wahyuni,= S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papamama Farm= . Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 1(1), 29–42.

 

Nurdahlia, N. (2019). St= rategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Cafe The In This Di Kelurahan Bone Tua Kota Masamba (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

 

Putra, R. T., Salsabila, N.= E., Al Azhar, M. A. M., & Adhinata, F. D. (2022). Strategi Pemasaran Melal= ui Internet di Media Sosial. Journal ICTEE, 3(1), 35–38.<= /span>

 

Ramadhani, M. F. (2021). St= rategi Pemasaran Produk UMKM melalui Digital Marketing Pada Keripik Pisang Banna-= Qu. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158.

 

Rinnanik, E. P., Bakhri, S., Buchori, S. S., Dede, T. M., & Sugiono, M. G. (2021). Ilmu Manajeme= n di Era 4.0. Penerbit Adab.

 

Rukmana, A. Y., Zebua, R. S= . Y., Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya.= PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Safitri, A. N., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah. Economics and Digital Business Review, <= i>2(2), 103–177.

 

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72.

 

Suroso, A. (2017). Perancan= gan Program Penulisan Dan Pembacaan Data Parameter Proses Ply Kedalam Plc (Programmable Logic Controller): Perancangan Program Penulisan Dan Pembaca= an Data Parameter Proses Ply Kedalam Plc (Programmable Logic Controller). = Competitive, 12(2), 94.

 

Syahroni, N. B. B. H. (2021= ). Strategi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Di Ko= ta Medan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Toyota Auto 2000 Medan Panci= ng) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

 

Wahyudi, T., & Setiadi,= P. B. (2022). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Barang Dan Jasa P= ada Usaha Paramita Ban di Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK)<= /i>, 4(6), 2051–2057.

 

Wibowo, E. A. (2014). Peman= faatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1).

 

     =       

Copyright holder:

Andi Winda Fatimah= Wali Samad (2023)

 <= /span>

First publication right:

Syntax Lit= erate: Jurnal Ilmiah Indonesia

 <= /span>

This article is licensed under:

 

------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/item0012.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml AMUW2mXrDu1qAD= yMIOfozXknpmTK+KWcV8kZzy2x7RcGDQ+t6vTnbkvLJaCpcMNaMrxi5FzoL8i3KoPzhqgPopVEU= vGLrh4J9p4MrpTQH7pa8qJ4mD1Vu5c=3D ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/props013.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/item0014.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/props015.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/themedata.thmx Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: application/vnd.ms-officetheme UEsDBBQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAW0NvbnRlbnRfVHlwZXNdLnhtbKyRy07DMBBF 90j8g+UtSpyyQAgl6YLHjseifMDImSQWydiyp1X790zSVEKoIBZsLNkz954743K9Hwe1w5icp0qv 8kIrJOsbR12l3zdP2a1WiYEaGDxhpQ+Y9Lq+vCg3h4BJiZpSpXvmcGdMsj2OkHIfkKTS+jgCyzV2 JoD9gA7NdVHcGOuJkTjjyUPX5QO2sB1YPe7l+Zgk4pC0uj82TqxKQwiDs8CS1Oyo+UbJFkIuyrkn 9S6kK4mhzVnCVPkZsOheZTXRNajeIPILjBLDsAyJX89nIBkt5r87nons29ZZbLzdjrKOfDZezE7B /xRg9T/oE9PMf1t/AgAA//8DAFBLAwQUAAYACAAAACEApdan58AAAAA2AQAACwAAAF9yZWxzLy5y ZWxzhI/PasMwDIfvhb2D0X1R0sMYJXYvpZBDL6N9AOEof2giG9sb69tPxwYKuwiEpO/3qT3+rov5 4ZTnIBaaqgbD4kM/y2jhdj2/f4LJhaSnJQhbeHCGo3vbtV+8UNGjPM0xG6VItjCVEg+I2U+8Uq5C ZNHJENJKRds0YiR/p5FxX9cfmJ4Z4DZM0/UWUtc3YK6PqMn/s8MwzJ5PwX+vLOVFBG43lExp5GKh qC/jU72QqGWq1B7Qtbj51v0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQBreZYWgwAAAIoAAAAcAAAAdGhl bWUvdGhlbWUvdGhlbWVNYW5hZ2VyLnhtbAzMTQrDIBBA4X2hd5DZN2O7KEVissuuu/YAQ5waQceg 0p/b1+XjgzfO3xTVm0sNWSycBw2KZc0uiLfwfCynG6jaSBzFLGzhxxXm6XgYybSNE99JyHNRfSPV kIWttd0g1rUr1SHvLN1euSRqPYtHV+jT9yniResrJgoCOP0BAAD//wMAUEsDBBQABgAIAAAAIQAh WqKEIQcAANsdAAAWAAAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbOxZT28bRRS/I/EdRnsvsRMnTaI6 VezYDbRpo9gt6nG8O/ZOM7uzmhkn8Q21RyQkREEcqMSNAwIqtRKX8mkCRVCkfgXezOyud+Jxk5QA FTSH1jv7e2/e+70/82evXD1KGDogQlKeNoP6e7UAkTTkEU1HzeB2v3tpNUBS4TTCjKekGUyIDK5u vPvOFbyuYpIQBPKpXMfNIFYqW19YkCEMY/kez0gK74ZcJFjBoxgtRAIfgt6ELSzWaisLCaZpgFKc gNpbwyENCeprlcFGobzD4DFVUg+ETPS0auJIGGy0X9cIOZFtJtABZs0A5on4YZ8cqQAxLBW8aAY1 8xcsbFxZwOu5EFNzZCtyXfOXy+UC0f6imVOMBuWk9W5j7fJWqd8AmJrFdTqddqde6jMAHIbgqbWl qrPRXa23Cp0VkP05q7tdW641XHxF/9KMzWutVmt5LbfFKjUg+7Mxg1+trTQ2Fx28AVn88gy+0dps t1ccvAFZ/MoMvnt5baXh4g0oZjTdn0HrgHa7ufYSMuRs2wtfBfhqLYdPUZANZXbpKYY8VfNyLcH3 uOgCQAMZVjRFapKRIQ4hi9uY0YGgegK8TnDljR0K5cyQngvJUNBMNYMPMgwVMdX38tl3L589Qcf3 nx7f//H4wYPj+z9YRY7UNk5HVakX33z6x6OP0O9Pvn7x8HM/Xlbxv3z/8c8/feYHQvlMzXn+xeNf nz5+/uUnv3370APfFHhQhfdpQiS6SQ7RHk/AMcOKazkZiPNJ9GNMqxKb6UjiFOtZPPo7KnbQNyeY YQ+uRVwG7whoHz7gtfE9x+BeLMYqj7fj2fU4cYA7nLMWF14Wruu5KjT3x+nIP7kYV3F7GB/45m7j 1IlvZ5xB36Q+le2YOGbuMpwqPCIpUUi/4/uEePi6S6nD6w4NBZd8qNBdilqYeinp04GTTVOhbZpA XCY+AyHeDjc7d1CLM5/XW+TARUJVYOYxvk+YQ+M1PFY48ans44RVCb+BVewzsjcRYRXXkQoiPSKM o05EpPTJ3BLgbyXo16F1+MO+wyaJixSK7vt03sCcV5FbfL8d4yTzYXs0javY9+U+pChGu1z54Dvc rRD9DHHA6dxw36HECffp3eA2HTkmTRNEvxkLTyyvEe7kb2/ChpiYVgNN3enVCU1f1bgT6Nu54xfX uKFVPv/qkcfuN7VlbwIJvprZPtGo5+FOtuc2FxF987vzFh6nuwQKYnaJetuc3zbn4D/fnOfV88W3 5GkXhgatt0x2o2223cncXfeQMtZTE0ZuSLPxlrD2RF0Y1HLmxEnKU1gWw09dyTCBgxsJbGSQ4OpD quJejDPYtNcDrWQkc9UjiTIu4bBohr26NR42/soeNZf1IcR2DonVDo/s8JIeLs4apRpj1cgcaIuJ lrSCs062dDlXCr69zmR1bdSZZ6sb00xTdGYrXdYUm0M5UF66BoMlm7CpQbAVApZX4Myvp4bDDmYk 0rzbGBVhMVH4e0KUe20diXFEbIic4QqbdRO7IoVm/NPu2Rw5H5sla0Da6UaYtJifP2ckuVAwJRkE T1YTS6u1xVJ02AzWlheXAxTirBkM4ZgLP5MMgib1NhCzEdwVhUrYrD21Fk2RTj1e82dVHW4u5hSM U8aZkGoLy9jG0LzKQ8VSPZO1f3G5oZPtYhzwNJOzWbG0Cinyr1kBoXZDS4ZDEqpqsCsjmjv7mHdC PlZE9OLoEA3YWOxhCD9wqv2JqITbClPQ+gGu1jTb5pXbW/NOU73QMjg7jlkW47xb6quZouIs3PST 0gbzVDEPfPPabpw7vyu64i/KlWoa/89c0csBXB4sRToCIdzsCox0pTQDLlTMoQtlMQ27AtZ90zsg W+B6Fl4D+XC/bP4X5ED/b2vO6jBlDWdAtUdHSFBYTlQsCNmFtmSy7xRl9XzpsSpZrshkVMVcmVmz B+SAsL7ugSu6BwcohlQ33SRvAwZ3Mv/c57yCBiO9R6nWm9PJyqXT1sA/vXGxxQxOndhL6Pwt+C9N LFf36epn5Y14sUZWHdEvprukRlEVzuK3tpZP9ZomnGUBrqy1tmPNeLy4XBgHUZz1GAbL/UwGV0BI /wPrHxUhsx8r9ILa53vQWxF8e7D8IcjqS7qrQQbpBml/DWDfYwdtMmlVltp856NZKxbrC96olvOe IFtbdpZ4n5PschPlTufU4kWSnTPscG3H5lINkT1ZojA0LM4hJjDmK1f1QxQf3INAb8GV/5jZT1My gydTB9muMNk14NEk/8mkXXBt1ukzjEaydI8MEY2OivNHyYQtIft5pNgiG7QW04lWCi75Dg2uYI7X ona1LIUXTxcuJczM0LJLYXOX5lMAH8fyxq2PdoC3TdZ6rYurYIqlf4WyMxjvp8x78jkrZfag+MpA vQZl6ujVlOVMAXmziQefNwWGo1fP9F9YdGymm5Td+BMAAP//AwBQSwMEFAAGAAgAAAAhAA3RkJ+2 AAAAGwEAACcAAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFnZXIueG1sLnJlbHOEj00KwjAU hPeCdwhvb9O6EJEm3YjQrdQDhOQ1DTY/JFHs7Q2uLAguh2G+mWm7l53JE2My3jFoqhoIOumVcZrB bbjsjkBSFk6J2TtksGCCjm837RVnkUsoTSYkUiguMZhyDidKk5zQilT5gK44o49W5CKjpkHIu9BI 93V9oPGbAXzFJL1iEHvVABmWUJr/s/04GolnLx8WXf5RQXPZhQUoosbM4CObqkwEylu6usTfAAAA //8DAFBLAQItABQABgAIAAAAIQDp3g+//wAAABwCAAATAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAABbQ29udGVu dF9UeXBlc10ueG1sUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAKXWp+fAAAAANgEAAAsAAAAAAAAAAAAAAAAAMAEA AF9yZWxzLy5yZWxzUEsBAi0AFAAGAAgAAAAhAGt5lhaDAAAAigAAABwAAAAAAAAAAAAAAAAAGQIA AHRoZW1lL3RoZW1lL3RoZW1lTWFuYWdlci54bWxQSwECLQAUAAYACAAAACEAIVqihCEHAADbHQAA FgAAAAAAAAAAAAAAAADWAgAAdGhlbWUvdGhlbWUvdGhlbWUxLnhtbFBLAQItABQABgAIAAAAIQAN 0ZCftgAAABsBAAAnAAAAAAAAAAAAAAAAACsKAAB0aGVtZS90aGVtZS9fcmVscy90aGVtZU1hbmFn ZXIueG1sLnJlbHNQSwUGAAAAAAUABQBdAQAAJgsAAAAA ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/colorschememapping.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/plchdr.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"
Click or tap here to enter text.
------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/image001.jpg Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/jpeg /9j/4AAQSkZJRgABAQAASABIAAD/4QB0RXhpZgAATU0AKgAAAAgABAEaAAUAAAABAAAAPgEbAAUA AAABAAAARgEoAAMAAAABAAIAAIdpAAQAAAABAAAATgAAAAAAAABIAAAAAQAAAEgAAAABAAKgAgAE AAAAAQAAAFegAwAEAAAAAQAAABAAAAAA/+0AOFBob3Rvc2hvcCAzLjAAOEJJTQQEAAAAAAAAOEJJ TQQlAAAAAAAQ1B2M2Y8AsgTpgAmY7PhCfv/AABEIABAAVwMBIgACEQEDEQH/xAAfAAABBQEBAQEB AQAAAAAAAAAAAQIDBAUGBwgJCgv/xAC1EAACAQMDAgQDBQUEBAAAAX0BAgMABBEFEiExQQYTUWEH InEUMoGRoQgjQrHBFVLR8CQzYnKCCQoWFxgZGiUmJygpKjQ1Njc4OTpDREVGR0hJSlNUVVZXWFla Y2RlZmdoaWpzdHV2d3h5eoOEhYaHiImKkpOUlZaXmJmaoqOkpaanqKmqsrO0tba3uLm6wsPExcbH yMnK0tPU1dbX2Nna4eLj5OXm5+jp6vHy8/T19vf4+fr/xAAfAQADAQEBAQEBAQEBAAAAAAAAAQID BAUGBwgJCgv/xAC1EQACAQIEBAMEBwUEBAABAncAAQIDEQQFITEGEkFRB2FxEyIygQgUQpGhscEJ IzNS8BVictEKFiQ04SXxFxgZGiYnKCkqNTY3ODk6Q0RFRkdISUpTVFVWV1hZWmNkZWZnaGlqc3R1 dnd4eXqCg4SFhoeIiYqSk5SVlpeYmZqio6Slpqeoqaqys7S1tre4ubrCw8TFxsfIycrS09TV1tfY 2dri4+Tl5ufo6ery8/T19vf4+fr/2wBDAAICAgICAgMCAgMFAwMDBQYFBQUFBggGBgYGBggKCAgI CAgICgoKCgoKCgoMDAwMDAwODg4ODg8PDw8PDw8PDw//2wBDAQICAgQEBAcEBAcQCwkLEBAQEBAQ EBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBAQEBD/3QAEAAb/2gAMAwEA AhEDEQA/AP0b/bN/bY0b9kXQLe6n8Hav4m1PUlP2V4oHg0pHJIC3F+ysivxkRoHcjqFBBr0Xwv8A tN6VrnhrSdZuPBfi4z39pBcOIPDeotDvljVz5bmLDJk/Kc8jmvozVdJ0rXdNudH1yzh1CwvEMc9v cRrNDKjdVdHBVlPcEYqeysrTTbODT9PhS2tbWNYooo1CpHGgCqqqOAAAAAOgoA8I/wCGhNMP3PAv jNv+5eu1/wDQlFH/AA0BbH7nw+8Zt/3A5V/9CYV9AUUAfP8A/wAL8Y/c+G/jNv8AuEBf/QpRR/wv m8P3Phh4zb/uHQL/AOhXIr6AooA8A/4Xrqx+58KfGbf9udkv/oV6KT/hePiA/c+EXjNv+2Glr/6F qIr6AooA+f8A/hd3is/c+DfjNv8AgOir/wChaoKP+F1eNT9z4KeM2/7aeH1/9C1gV9AUUAfmT8A/ 23PjX8TfjV47+F2t/BXV7nSfDWr6jaRapYG2iNmlvK4jtb4z3P2NrgKArGG7IJ5VCMtX3J/wsHxZ /wBE08Q/9/8ARP8A5Z16bDBDbqUgjWNSzOQoABZyWY8dySST3JzUtAH/2Q== ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/image002.jpg Content-Transfer-Encoding: base64 Content-Type: image/jpeg /9j/4AAQSkZJRgABAgAAAQABAAD/2wBDAAgGBgcGBQgHBwcJCQgKDBQNDAsLDBkSEw8UHRofHh0a HBwgJC4nICIsIxwcKDcpLDAxNDQ0Hyc5PTgyPC4zNDL/2wBDAQkJCQwLDBgNDRgyIRwhMjIyMjIy MjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjIyMjL/wAARCAAfAFgDASIA AhEBAxEB/8QAHwAAAQUBAQEBAQEAAAAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtRAAAgEDAwIEAwUFBAQA AAF9AQIDAAQRBRIhMUEGE1FhByJxFDKBkaEII0KxwRVS0fAkM2JyggkKFhcYGRolJicoKSo0NTY3 ODk6Q0RFRkdISUpTVFVWV1hZWmNkZWZnaGlqc3R1dnd4eXqDhIWGh4iJipKTlJWWl5iZmqKjpKWm p6ipqrKztLW2t7i5usLDxMXGx8jJytLT1NXW19jZ2uHi4+Tl5ufo6erx8vP09fb3+Pn6/8QAHwEA AwEBAQEBAQEBAQAAAAAAAAECAwQFBgcICQoL/8QAtREAAgECBAQDBAcFBAQAAQJ3AAECAxEEBSEx BhJBUQdhcRMiMoEIFEKRobHBCSMzUvAVYnLRChYkNOEl8RcYGRomJygpKjU2Nzg5OkNERUZHSElK U1RVVldYWVpjZGVmZ2hpanN0dXZ3eHl6goOEhYaHiImKkpOUlZaXmJmaoqOkpaanqKmqsrO0tba3 uLm6wsPExcbHyMnK0tPU1dbX2Nna4uPk5ebn6Onq8vP09fb3+Pn6/9oADAMBAAIRAxEAPwCzp2ne FtO8C2Wv69YWUzS2sdxcXF1Cs008si72+ZsszMxPf8gKpadouveJ0F7oXw48NWWmOMwy6tbKHkXs QFwQD9COepo0XTU8T+KfAWhXo36ZZ6FFqcsJ6Stt2gEdxlV/An1rrdH+JPibV9OuvE9voNg3ha3e ff8A6SVuliiUsZMH5T0+6Oc8dPmoA4+dU8LXUUXjn4f6NZWkzbE1GwtI3hDejDBI/PPB4NdZJ4S8 NNGssWh6S0bqGVltIyCD0IOK0fD2peIviBpCL4g8P6Z/wjWr2shDQ3BMsIzhQwYcseoK9MZ4PFc7 8NnuR4UutNupPMfStQmsFf1VMEf+hED2ApMTC80DwxYWs11c6NpccMKF3c2kfAAye1YSaDJd2Nhq Z0Hwvo1jqdylpp6ajYNLNPI+dmRGuEDYPX8e1bnjuFpfCd8FhMyp5crxjqyLIrMP++Qa0Pile6tq um+Dr7wn4iksrTUNQSzWS2mZBI02PLZtvVV2NlT69KECMC00bT7bWJND17wppNnqkcfnIYreN4bi PON8Z2569QeRV+70HwxY2k11c6NpccMKF3c2icKBk9q2viDdW158QPDVjbbZLyxjubi5KnmGJ0Cq G/3mwce2awfGsTTeEb4LCZgnlyvGOrIsisw/75BoAxY9HjvLSHUJNN8GaBZ3SlrOPWIR58y5++VX AVT+NXrPSNOh1aTRdc8LaRa6ksXnxtDBG8NzFnG+NtucZ7HkV0Gq3WjnxPc6/cabf63puq6Wsdj5 Fmk8PuoI+ZWzng4xlvYDAit57M+BNEuxu1fTYLu5u0zlraGQERo/oSSvHbb9KBj/ABB4f0ez8O6j eWmmWlrdW1u9xBcW0SxSRSICysrrgghgDwaK0vFH/Ipaz/14T/8AotqKEJHKafrcWlQ+EPHGmN9t t9Kso9M1eGLO+JNuM4PoSxz0J284Oa9J0HwB4I1UprGkXdzd6XNK1wtlHdsbQSMuGPl9jg4wfpjH FfNOlavrHgbxBdRoqrPC7215ay4eOTaSrIwBwec8g/Sukh8R+B2mN5Fa+JdCun5kj0e5QRk+xYgj 6AAUxnsGq2HhH4RQjVY72/ub+KKSPS9MnvWkClzyETspPUnP4nFc34f1nSvAfh2Kz8Saktvq+oSP f3EPlu7Iz4+8FBwcAdcc59K4BfGHhfQ5GvdA0i/vdWPK3+tSq7RH1CqcE+/Brhr6+utSvpr29nee 5mbfJI5yWP8Ant2oA99k+JnhBif+Jtn/ALdpf/iK5+LxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyF P0xXjNd5r/juG80jQ4dMa6W70+3giYzxgomyARSKAzyBkfnKqsSsOHWQkFVYVjttK8X+BdHWU2+q yPPO26e4mimklmb1ZiuTWj/wsnwieurf+S0v/wATXiPiHUYdS1meSzWSLTY3aOwt3AHkW+4lEwCR nByTkksWYkkknKosFj2aLxJ4QsXl/sjxfq+kQykl7ewMqRbj1YKYyFP0xVzSvF/gXR1lNvqsjzzt unuJoppJZm9WYrk1xtl4306xsdEhY314dPhlcQFWggSYwOsbBFmILLIykSoIXGGY73fK8x4n1a31 zXpdStrb7OJooTInP+tESCVslmZt0gZtzEsc5Y5JpjPWte+IHhe98O6na2+qb55rSWONfIlG5mQg DJXA5NFeK2NlcalqFtYWkfmXN1KsMKbgNzsQqjJ4GSR1ooA//9k= ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/header.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"





Andi Winda Fatimah Wali Samad

Analisis Penerapan Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemic Covid-19 Pt. Hadji Kalla Toyota Malili

2=         &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp;           &nbs= p;            &= nbsp; Syntax Literate, Vol. 8, No. 8, Juli 2023

Syntax Literate, Vol. 6, No. 7, Juli 2021           &nbs= p;        3

 

 =

How to cite:

Andi Winda Fatimah Wali = Samad (2023) Analisis Penerapan Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemic Covid-19 Pt. Hadji Kalla Toyota Ma= lili, (8) 8, <= u>http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6

 

E-ISSN:

 

2548-139= 8

Published by:

Ridwan Institute =

 

------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.fld/filelist.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml; charset="utf-8" ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0--