MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01D9C170.99D102D0" ------=_NextPart_01D9C170.99D102D0 Content-Location: file:///C:/5ECB24D2/Andi,siappublish2.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN:
2541-0849 e-ISSN: 2548-1398
Vol. 8, No. 8, Agustus 2023
ANALISIS
PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA PANDEMIC
COVID-19 PT. HADJI KALLA TOYOTA MALILI
Andi
Winda Fatimah Wali Samad
Sekolah Program Pascasarjana, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
Email: andiwindaf6@gmail.com
Abstrak
Ekonomi Ind=
onesia
menghadapi guncangan hebat dari bermacam wilayah disebabkan oleh virus Covi=
d-
19. Ini dialami oleh seluruh warga yang telah mulai gelisah untuk dapat
bertahan hidup ditengah hantaman pandemi. Adanya dampak yang baik dan kurang
baik dalam pemberlakuan peraturan baru yang dilakukan Pemerintah dalam
penyebaran virus ini agar tidak meluas. Adapun tu=
juan
yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman
tantangan yang dihadapi Sales Executive dalam mendapatkan konsumen di masa
pandemic, untuk mengetahui volume penjualan mobil sebelum dan sesudah adanya
pandemic dan untuk mengetahui hasil dari strategi perusahaan PT. Hadji Kalla
Toyota. Penelitian ini memakai metode kualitatif
deskriptif, menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa
deskriptif dari ucapan atau tulisan dan perilaku objektif itu sendiri.
Penelitian ini dilakukan di PT. Hadji Kalla. Informan dalam penelitian ini
dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan
informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbang=
an
tertentu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi
dengan cara pertama, mengumpulkan update-an dari
informan dalam jangka waktu tertentu. Wawancara yang difokuskan pada eksplo=
rasi
kehidupan cerita dan peristiwa mengenai pengalaman individu. Data dianalisis
berdasarkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalan penelitian ini,
seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu pertama, mengumpulkan beber=
apa
konten yang bagikan oleh informan melalui akun instagram. Analisis data yang
digunakan adalah analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa pengguna internet hampir setiap provinsi, baik di wila=
yah
Indonesia bagian Barat dan Timur, baik di daerah urban maupun rural mayorit=
as
beraktivitas di sektor perdagangan dan jasa.
Kata kunci: Analisis, Penerapan, Strategi komunika= si, Meningkatkan penjualan, Era pandemic COVID-19, PT. Hadji Kalla Toyota Malil= i
Abstract
Indonesia's economy is facing severe shocks from vari=
ous
regions due to the Covid-19 virus. This is being experienced by all citizens
who have begun to feel anxious about surviving amidst the pandemic's impact.
There have been both positive and negative effects of the new regulations
implemented by the Government to contain the spread of the virus and prevent
its further escalation. The objectives of this research are to understand t=
he
challenges faced by Sales Executives in acquiring customers during the
pandemic, to examine the volume of car sales before and after the pandemic,=
and
to evaluate the outcomes of PT. Hadji Kalla Toyota's corporate strategies. =
This
study employs a qualitative descriptive method, using research procedures t=
hat
produce descriptive data from verbal or written expressions and objective
behaviors. The research is conducted at PT. Hadji Kalla. Informants for this
study are selected using the purposive sampling technique, which involves
deliberately choosing informants based on specific criteria or consideratio=
ns. In
conducting this research, the researcher gathers information in two ways:
first, collecting updates from informants over a certain period of time, and
second, conducting interviews focused on exploring life stories and events
related to individual experiences. Data analysis is based on the data
collection techniques used in this study, as previously explained, which
includes gathering content shared by informants through Instagram accounts.=
The
data analysis method used is Miles and Huberman's data analysis technique. =
The
research findings reveal that internet users in almost every province, both=
in
Western and Eastern Indonesia, whether in urban or rural areas, are
predominantly engaged in trade and service sectors.
Keywords: Analysis, Application,
Communication Strategies, Boosting Sales, COVID-19 Pandemic Era, PT. Hadji
Kalla Toyota Malili.
Pendahuluan
Keadaan Perekonomian Indonesia pada saat ini tidak la=
gi
dalam kondisi yang baik malah bisa dikatakan sangat memburuk diakibatkan ol=
eh
virus Covid19 yang melemahkan semua negara
Antara dampak ekonomi yang terjalin sepanjang Pandemi
Covid-19 di Indonesia adalah merupakan perkembangan di wilayah serta komuni=
kasi
dalam menghadapi kenaikan pada Triwulan I 2020, dengan perkembangan mencapai
angka 0,53 persen
Dari pandemi Covid-19 ini secara perlahan menutup
produsen-produsen otomotif untuk menutup sarana produksinya. Di waktu yang
sama, permintaan terhadap otomotif anjlok tajam bersamaan melemahnya daya b=
eli
warga. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk industri otomotif buat kemba=
li
pulih seperti sebelumnya. Industri otomotif tercantum sebagai salah satu
industri yang terserang hentaman berat dari sisi penjualan. Pandemi Covid-19
berakibat pada PHK terhadap jutaan para pekerja yang ada.
Merujuk dari informasi Gabungan Kendaraan Bermotor
Indonesia, pada Januari angka penjualan masih menggapai 81.063 unit, Februa=
ri
turun menjadi 77.847 unit, Maret turun lagi jadi 60.448 unit. Pada April, a=
ngka
penjualan anjlok sampai 60% jadi 24. 276 unit. Dari sisi ekspor, angkanya p=
ula
turun tajam sampai 55% secara month=
to
month. Bila pada Maret angka ekspor masih sebesar 6. 547. 902 unit, hin=
gga
pada Maret cuma 2. 956. 616 unit.
Dengan keadaan pandemi yang belum reda di Indonesia,
penjualan otomotif diprediksi masih tetap memburuk. Tanpa dukungan, industri
ini dapat bangkrut. Sementara industri ini meresap jutaan tenaga kerja.
Sumbangan terhadap Produk Dalam Negeri Bruto (PDB) pula tidak kecil. Bagi i=
nformasi
Departemen Perindustriaan, industri otomotif mempunyai donasi signifikan
terhadap PDB spesialnya terhadap PDB nonmigas sebesar 3,98 persen pada tahun
2019. Strategi pemasaran merupakan pendekatan pokok yang digunakan oleh unit
bisnis dalam menggapai target yang sudah diresmikan terlebih dulu yang di
dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok seperti sasaran pasar, penempa=
tan
produk di pasar, bauran pemasaran serta tingkatan bayaran pemasaran yang
dibutuhkan
Mempersiapkan strategi pemasaran yang efisien, indust=
ri
wajib mendalami pesaing aktual serta potensialnya
Persaingan ketat antar usaha sejenis menimbulkan kond=
isi
pasar berganti dimana kondisi pasar bergeser dari seller’s market (kekuatan pasar terletak ditangan penjual)
jadi buyer’s market (keku=
atan
pasar ditangan pembeli). Dalam keadaan begini, produsen ataupun pengusaha
hendaknya berupaya memperoleh pembeli dengan mencermati permintaan serta se=
lera
konsumen
Dalam
menanggulangi perihal ini, strategi penjualan yang diaplikasikan sesuatu up=
aya
wajib mencermati bermacam aspek mau secara internal maupun secara eksternal
yang tetap berubah-ubah. Strategi penjualan yang bagus membutuhkan sesuatu
wawasan mengenai apa yang lagi diminta oleh pelanggan alhasil bisa dicoba p=
ihak
industri kepada kemauan itu
Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomun=
ikasi
mendukung perkembangan teknologi internet
Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi
sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk
aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan
pelanggan
Pada saat ini kebutuhan akan kendaraan bagi konsumen
menjadi suatu hal penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Oleh sebab =
itu
banyak dealer kendaraan bermotor khususnya mobil berlomba-lomba mendapatkan
minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Berbagai upaya yang dilakukan perusahaan agar aktiitas pemasaran dapat berjalan lancer seperti penetapan strategi pemasaran didasa= rkan pada pertimbangan bahwa kebijakan pemasaran yang digunakan adalah kebijaksa= naan harga, promosi dan cabang/ perwakilan dengan tujuan mendapatkan peluang pas= ar yang lebih luas, pada akhirnya mendapatkan penjualan yang lebih meningkat.<= o:p>
Proses komunikasi pemasaran dapat terjadi Ketika
komunikator (produsen) akan mengirimkan pesan yang telah dirancang oleh age=
ncy
iklan (pemasar) melalui media media untuk dapat menjangkau para penerima pe=
san
(target audiens) sehingga akan menimbulkan efek (feedback) kepada komunikat=
or.
Kegiatan tersebut cukup dekat dengan komunikasi dalam bidang pemasaran sebab
dalam konsep pemasaran terdapat bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P yai=
tu
Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Dalam
konsep 4P tersebut yang berkaitan dengan bidang komunikasi yaitu poin promo=
si.
Bauran promosi merupakan seperangkat alat yang saling melengkapi dan saling
mendukung, yang biasa digunakan adalah iklan, hubungan masyarakat, penjualan
pribadi, dan promosi penjualan. Dalam menarik perhatian masyarakat untuk
menawarkan suatu produk perlu kreativitas, tidak hanya menggunakan below the
line (media lini atas) saja yaitu media iklan luar ruang seperti brosur dan
spanduk, melainkan dapat dibantu dengan media alternative lainnya yang bisa
menambah keefektifan pemasaran yaitu menyesuaikan dengan teknologi yang sem=
akin
modern seperti internet dengan memasang gambar produk yang ditawarkan melal=
ui
situs online. Internet sebagai media, berfokus pada konsumen yang berada di
dunia maya dan menggunakan akses internet sebagai media pemenuhan informasi.
Internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif s=
erta
tanggapan yang cepat adalah kualitas dari mediuminternet yang unik. Internet
yang merupakan hasil dunia modern saat ini mempermudah setiap orang dalam
kegiatan pemasaran.
Pada tahun 2012 ada tiga trend dalam industri
telekomunikasi nasional, yaitu berkembangnya teknologi smart phone, tumbuhn=
ya
angka pengguna jejaring sosial, serta tumbuhnya infrastuktur internet. Hasil
sebuah riset terbaru memprediksi bahwa sampai pada tahun 2020 jumlah konsum=
en
yang membelanjakan uang untuk membeli barang dan jasa dibanding kebutuhan d=
asar
(consumer class) akan bertumbuh secara signifikan di Indonesia. Jenis konsu=
men
ini akan mengembangkan gaya hidup yang serba digital karena industri teknol=
ogi
tengah mendorong mereka untuk menggunakan lebih dari satu perangkat.
Pertumbuhan kelas konsumen ini dapat dilihat dari pertumbuhan pembeli dan
pengguna smartphone, PC tablet dan jasa berbasis Web secara signifikan.
Internet di Indonesia mayoritas digunakan pada sektor
perdagangan dan jasa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengguna intern=
et
hampir setiap provinsi, baik di wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur, b=
aik
di daerah urban maupun rural mayoritas beraktivitas di sektor perdagangan d=
an
jasa.
Media sosial adalah media berbasis aplikasi internet =
yang
bisa diakses online, dimana setiap orang yang memanfaatkan media sosial dap=
at
mudah mengakses media sosial selama ada jaringan koneksi yang memudahkannya
terkoneksi dengan internet. Dalam hal yang lebih teknis, media sosial berba=
sis
internet sering disebut juga dengan situs jejaring sosial. Situs jejaring
sosial dalam bahasa Inggris disebut social network sites, yang merupakan se=
buah
web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil,
melihat daftar pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman
untuk bergabung dalam situs tersebut. Kemunculan situs jejaring sosial ini
diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh
belahan dunia.
Adapun sarana yang digunakan perusahan dalam upaya
menginformasikan, membujuk, mengingatkan konsumen baik langsung maupun tidak
langsung tentang produk atau merek yang mereka jual yaitu komunikasi pemasa=
ran
yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication).
Bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu iklan
(advertising), tenaga penjualan (sales promotion), pemasaran langsung (dire=
ct
marketing), hubungan masyarakat (public relations), sponsorship, pameran
(exhibitions), kemasan (packaging), merchandising, selling & sales
manajemen, media. Penelitian ini ingin mengetahui perilaku konsumen dalam
membeli barang mulai dari tahap yang paling dasar hingga pada tahap keputus=
an
pembelian.
Terdapat lima tahap proses pengambilan keputusan pemb=
elian
yaitu (1) mengenali kebutuhan, (2) pencarian informasi, (3) evaluasi
alternatif, (4) keputusan membeli, dan (5) perilaku pasca pembelian
Hal ter=
sebut
semakin menjadikan peneliti tertarik untuk melanjutkan riset berkaitan deng=
an
penerapan komunikasi pemasaran yang terintegrasi (Integrated Marketing
Communication). yang dapat ditempuh oleh perusahaan melakukan kebijaksanaan
harga, promosi melalui media social yang dibutuhkan oleh para
konsumen/pelanggan. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka para pelanggan a=
tau
konsumen dapat tertarik untuk melakukan transaksi pembelian mobil dikarenak=
an
mudahnya mendapatkan informasi mengenai harga, promosi dan lain sebagainya =
yang
berkaitan dengan produk yang ditawarkan PT. Hadji Kalla tersebut.
Berbagai merek mobil Toyota yang lari dijual di Indon=
esia
terdiri dari merk Toyota Avanza, Toyota Yaris, Toyota Innova, Toyota Rush d=
an
Toyota Vios. Jenis mobil merek Toyota ini aktiitas pemasarannya dalam setiap
bulan mengalami peningkatan sesuai dengan pemesanan menurut warna dan kapas=
itas
kendaraan, model dan time limit pengiriman disesuaikan dengan banyaknya tin=
gkat
permintaan konsumen.
Berdasarkan uraian tersebut maka dalam penelitian ini=
yang
dilakukan pada kantor cabang PT. Hadji Kalla Toyota sebagai salah satu
perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kendaraan mobil yang menerapkan
strategi pemasaran komunikasi. Dalam pelaksaanan akan dilakukan analisis pe=
nggunaan
strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi (Integrated Marketing Communication). yang menunjukkan apakah
penerapan pemasaran tersebut sudah sangat efektif untuk meningkatkan penjua=
lan
mobil bukan hanya disetiap bulannya., oleh karena itu perlu dianalisis stra=
tegi
kebijaksanaan harga, promosi dan cabang/perwakilan yang diterapkan perusaha=
an
ini.
Metode
Penelitian
Penelitian =
ini
memakai metode kualitatif deskriptif, menggunakan prosedur penelitian yang
menghasilkan data berupa deskriptif dari ucapan atau tulisan dan perilaku
objektif itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di PT. Hadji Kalla karena te=
mpat
tersebut atau perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan yang
menerapkan salah satu strategi komunikasi pemasaran menggunakan media social
yang juga salah satu dari anak perusahaan PT. Hadji Kalla yang dengan omzet
penjualan yang setiap bulannya meningkatkan. Informan dalam penelitian ini
dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan
informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbang=
an
tertentu. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan informasi
dengan cara pertama, mengumpulkan update-an dari
informan dalam jangka waktu tertentu. Kedua, wawancara yang difokuskan pada=
eksplorasi
kehidupan cerita dan peristiwa mengenai pengalaman individu. Data-data ini
diambil dengan tujuan untuk melihat bagaimana konstruksi identitas diri dan
simbolisasi dalam diri individu yang tergabung dalam kelompok homoseksual. =
Data
dianalisis berdasarkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalan penelit=
ian
ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu pertama, mengumpulkan
beberapa konten yang bagikan oleh informan melalui akun instagram. Kedua,
wawancara yang difokuskan pada eksplorasi kehidupan cerita dan peristiwa
mengenai pengalaman individu yang kemudian akan dianalisis. Analisis data y=
ang
digunakan adalah analisis data dari Miles dan Huberman seperti gambar di ba=
wah ini :
=
&=
nbsp;
=
Sumber: Miles, Hu=
berman
dan Saldana (2014)
Hasil dan Pembahasan
A. <=
/span>Pembahasan
Strategi pemasaran =
pada
dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang
pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan un=
tuk
dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Peran pemasasaran saat=
ini
tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen, tetapi
juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada
pelanggan dan perusahaan dapat menghasilkan laba.
Strategi
Pemasaran merupakan salah satu dari beberapa factor yang paling penting di
suatu perusahaan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan s=
uatu
produk karena strategi pemasaran merupakan sebuah proses untuk meningkatkan
penjualan, sehingga strategi pemasaran merupakan alat yang pentingbagi
perusahaan untuk mampu memenangkan persaingan.
Sehingga
di masa pandemic Covid-19 untuk meningkatkan penjualan mobil pada PT. Hadji
Kalla cabang Malili membuat strategi pemasaran yang bisa menarik perhatian =
para
klien, Strategi pemasaran yang dibuat oleh PT.Hadji
Kalla cabang Malili dibuat dengan cara melihat keadaan di lapangan dan meli=
hat
situasi di masa pandemi covid-19. Strategi-strategi pemasaran yang usaha un=
tuk
meningkatlan penjualannya di masa pandemic covid-19.
Marketing mix memil=
iki
peran seperti, pertukaran dimana konsumen dapat membeli produk yang berasal
dari produsen, baik itu dengan menukar uang dengan produk atau melakukan pe=
rtukaran
produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali=
span>.
Marketing mix
memiliki beberapa tujuan, salah satu tujuannya yaitu periklanan, Periklanan
merupakan salah satu kegiatan penting dalam marketing mix yang bertujuan un=
tuk
memberikan informasi tentang produk kepada target konsumen. Dalam menjalank=
an
salah satu tujuan marketing mix
yaitu periklanan, PT Hadji Kalla cabang Malili menerapkan tujuan tersebut
dengan cara promosi. Promosi itu dirancang untuk mendorong pembelian/penjua=
lan Mobil
pada PT. Hadji Kalla cabang Malili. Kegiatan =
ini
dilakukan salah satunya dengan cara
seperti pemberian diskon. . Sasaran dari pemas=
aran
sendiri yaitu menarik pelanggan baru dengan nilai superior, menetapkan harga
menarik, mendistribusikan produk dengan murah, mempromosikan secara efektif
serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip
menjaga mutu dan kualitas produk untuk kepuasan pelanggan.
PT.
Hadji Kalla cabang Malili
telah menjalankan marketing mix sesuai dengan teori bahwa “marketing =
mix
merupakan strategi mencampurkan kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari
kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling maksimal”.=
PT.
Hadji Kalla cabang Malili
ini melakukan marketing mix-nya dengan alat 7P yaitu product, promotion, pr=
ice,
place, people, process dan physical evidence. Adapun penerapan strategi
marketing mix menggunakan 7P adalah sebagai berikut:
=
1) =
Product
Produk merupakan ha=
sil
produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan yang bersumber dari aktivitas
usahakan. Untuk mengetahui banyaknya produk yang diperoleh dapat dilihat da=
ri
besarnya hasil produksi yang dicapai, ketersedian produk dan kualitas hasil
produksi yang diperoleh, sehingga mempengaruhi peningkatan penjualan. Dalam
meningkatkan penjualan juga berupaya untuk menjaga kualitas produk. Biasanya
pelanggan dalam membeli produk memperhatikan jenis kualitas produk. Jenis
kualitas produk merupakan pelanggan yaitu produk yang berukuran ideal dan k=
uat.
Secara garis besar strategi produk dapat dikelompokkan menjadi 8 kategori y=
aitu
strategi positioning produk, repositioning produk, overlap produk, lingkup
produk, desain produk, eliminasi produk, produk baru dan diverifikasi.
Strategi positining
merupakan strategi yang menciptakan diferensiasi yang unik dalam benak
pelanggan sasaran, sehingga terbentuk citra (image)
merek atau produk yang lebih unggul dibandingkan merek/produk pesaing. Stra=
tegi
eliminasi produk dilaksanakan dengan jalan mengurangi komposisi portofolio
produk yang dihasilkan unit bisnis perusahaan, baik dengan cara memangkas
jumlah produk dalam suatu rangkaian atau dengan jalan melepaskan suatu divi=
si
atau bisnis. Strategi berikutnya yaitu strategi produk baru yang meliputi
produk orisinil, produk yang disempurnakan, produk yang dimodifikasi dan me=
rek baru
yang dikembangkan melalui usaha riset dan pengembangan, dan terakhir adalah
strategi diversifikasi sebagai upaya mencari dan mengembangkan produk atau
pasar yang baru dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan,
profitabilitas dan fleksibilitas.
Salah satu jenis ba=
uran
pemasaran mobil yang mempengaruhi omzet penjualan Mobil Toyota adalah produ=
k. Dimana produk yan=
g dijual
oleh perusahaan adalah mobil Merek Toyota, sehingga dalam pemasaran mobil M=
erek
Toyota yang dilakukan oleh perusahaan tersebut adalah menjual segala jenis/=
type
mobil toyota. Oleh karena itulah dapat disajikan jenis/type Mobil Toyota ya=
ng
dijual oleh PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malil=
i yang dapat dilihat=
melalui
tabel berikut ini:
Tabel 1 Jenis/=
Type Mobil Merek Toyota
No |
Jenis Mobil |
Type Mobil |
1. |
AGYA |
New Agya G=
1.0
M/T New Agya G=
1.2
M/T New Agya G=
1.2
A/T New Agya T=
rd 1.2
M/T New Agya T=
rd 1.2
A/T |
2. |
ALL NEW YARIS |
New Yaris =
2018
1.5 E.M/T New Yaris =
2018
1.5 E.A/T NewYaris 2018 1.5 G M/T N ew Yaris 1=
.5
2018 G A/T |
3. |
NEW AVANZA=
&
VELOZ |
New Avanza=
1.3 E
M/T (Std) New Avanza 1.3 E A/T (Std) New Avanza 1.3 E A/T New Avanza=
1.3 E
M/T New Avanza=
1.3 G
M/T New Avanza=
1.3 G
A/T New Avanza=
1.5 G
M/T New Avanza=
Veloz
1.3 M/T New Avanza Veloz 1.3 A/T New Avanza=
Veloz
1.5 M/T New Avanza Veloz 1.5 A/T |
Sumber: PT. Toyota Had=
ji
Kalla Cabang Malili Tahun 2019
2) Harga
Jual
Perusahaan PT. Toyo=
ta Hadji
Kalla Cabang Malili
dalam kenyataanya merupakan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan u=
ntuk
memperoleh profit yang tanpa mengabaikan adanya pesaing-pesaing yang dapat
menjadikan ancaman dalam melakukan kegiatan pemasaran. Salah satu bauran ya=
ng
diterapkan dalam meningkatkan pejualan adalah baura harga. Baura harga ini
berfokus pada penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari penerapan produk=
PT.
Toyota Hadji Kalla, penetapan harga, melakukan promosi dan pendistribusian
produk ke pelanggan sebagai segmen sasaran atau tujuan yang dapat meningkat=
kan
jumlah penjualan untuk mendapatkan profit.
Bauran harga mempuy=
ai
pengaruh terhadap peningkatan penjualan, bauran harga ini melihat segmen-se=
gmen
kegiatan penjualan yang diterapkan oleh para mitra atau pesaing
produk dalam kegiatan pemasaran. Setiap pelanggan atau pelanggan bagi pihak
pemasaran produk Fastron adalah sasaran atau tujuan untuk menjadi pelanggan,
sehingga setiap publik pengguna kendaraan secara umum adalah segme pasar ya=
ng
harus diperkenalkan sebagai produk yang dibutuhkan.
Besarnya atau banya=
knya
segmen pasar yang diraih dapat dilihat dari banyaknya jumlah penjualan yang
terdiri atau yang menggunakan produk dikalangan pelanggan, selain itu tingk=
at
permintaan atau produk meningkat, yang menandakan segmen pasar telah
menggunakan, dan berupaya untuk kontinyu melakukan penggunaan produk terseb=
ut,
sehingga setiap bulan diharapkan segmen pasar produk mengalami peningkatan.=
Dalam mempertahanka=
n dan
meningkatkan bauran harga, PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili, sebagai perusahaa=
n yang
memiliki produk Mobil berupaya memperhatikan kualitas produk, agar konsumen
puas dengan produk tersebut. Demikian pula pihak pengembang pemasaran
senantiasa mengontrol perkembangan harga penjualan produk tersebut sesuai
prioritas segmen konsumen, berupaya untuk melakukan kegiatan promosi dalam
memberikan, berupaya untuk melakukan kegiatan promosi dalam memberikan kepa=
da
segmen pelanggan tentang berbagai keunggulan yang dimiliki produk tersebut,=
khususnya
kualitas produk. Masalah harga jual dalam pemasaran memegang peran=
an
penting. Sebab dengan harga jual yang bersaing maka akan memungkinkan
perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan Mobil Toyota. Berikut ini ha=
rga
jual mobil merek Toyota tahun 2020:
Tabel 2 Harga =
Jual
Mobil Merek Toyota Tahun 2020
Jenis Mobil Toyota |
Harga Jual (Rp) PT. Hadji Kalla Cabang Malili |
New Agya G Trd 1.2 A/T Calya 1.2 G (Prime) A/T New Avanza Veloz 1.5 A/T Sienta Q 1.5 A/T Innova 2.4 A/T Venturer All New Rush 1.5 G M/T New Yaris 1.5 2018 G A/T Fortuner 2.4 G 4x4 (Lux) A/T |
173.200.000 177.400.000 256.900.000 323.100.000 488.500.000 259.000.000 274.800.000 620.000.000 |
Sumber : PT. Toyota Hadji Kalla Cabang=
Malili 2020
Dari
tabel 2 yakni harga jual Mobil Merek Toyota, terdapat perbedaan harga jual
tergantung dari jenis/type mobil tersebut seperti jenis mobil New Agya G Trd
1.2 A/T yang harganya Rp.173.200.000 sedangkan mobil Innova 2.4 A/T Venturer
memiliki haraga jual yaitu Rp.488.500.000, dan Fortuner 2.4 G 4x4 (Lux) A/T
memiliki harga jual yaitu Rp. 620.000.000, Harga Jual ditentukan Oleh
Jenis/type Mobil.
Secara
menyeluruh, dapat dikatakan bahwa bauran harga berhasil diterapkan dengan b=
aik
sesuai dengan penerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Ini
terbukti bahwa dalam melakukan kegiatan pemasaran, setiap perusahaan yang
bergerak dalam bidang pemasaran produk mempertimbangkan pentingnya bauran h=
arga
dalam meningkatkan penjualan dan perusahaan telah membuktikan bahwa bauran
harga berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penjualan.
=
3) Promosi
Masalah
promosi dalam pemasaran mobil berpengaruh dalam peningkatan volume
penjualan. Sebab tujuan dilakukan kegiatan promosi adalah untuk dapat
meningkatkan volume penjualan. Dengan pentingnya masalah promosi dalam
pemasaran, maka kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan PT. Hadji K=
alla
adalah meliputi:
=
1) Iklan
(Advertising)
Dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat, P=
T.
Toyota Hadji Kalla Cabang Malili melakukan beberapa bentuk iklan yaitu: sur=
at
kabar, brosur. Adapun yang menjadi kekuatan dari iklan dalam penjualan mobil
Toyota, yaitu:
=
a) Penyampaian
informasi mengenai produk ke customer tidak membutuhkan waktu lama.
=
b) Memberikan
informasi ke customer mengenai program apa yang sedang berlaku pada waktu a=
tau
kegiatan tertentu.
=
c) Iklan
dilakukan terus-menerus di pangsa pasar yang luas.
=
2) Promosi
Penjualan (Sales Promotion)
Dalam memasarkan produknya PT. Toyota Hadji Kalla
Cabang Malili mel=
akukan
beberapa bentuk promosi penjualan seperti pemberian DP murah, pemberian had=
iah
langsung, pameran-pameran, suku bunga rendah, dan tukar tambah atau trade i=
n.
Adapun yang menjadikan keutamaan dari sales
Promotion pada PT. Toyota Hadji Kalla yaitu:
a) Pemberian DP murah
b) Suku bunga bendah
c) Pemberian variasi Promo yang dinamis.
d) Promosi yang dilakukan terus-menerus karena Toy=
ota
marketing leader.
=
4) Penjualan
Perseorangan (Personal Selling)=
Dalam memasarkan Produknya, PT. Toyota Hadji Kalla=
menerapkan
strategi promosi personal selling, dimana dalam memenuhi strategi ini
ada terget khusus yang diberikan perusahaan kepada setiap karyawan u=
ntuk
dipenuhi setiap bulannya. Adapun kelebihan dari personal selling dal=
am
penjualan mobil Toyota yaitu:
=
a) Lebih
mengenal karakter custemer.
= b) Penjualan jangka panjang (repeat order).<= o:p>
=
c) Masing-masing
sales mempromosikan produk Toyota ke customer, baik itu melalui sosial media
maupun ruang public agar yakin dengan produk Toyota.
=
d) Prosesnya
cepat untuk terjadi pembelian.
=
5) Hubungan
Masyarakat (Public Relation)
Adapun
yang menjadi kekuatan dari public relation, yaitu:
=
a) Perusahaan
mengundang toko masyarakat sekitar perusahaan dan customer loyal Toyota unt=
uk
datang ke perusahaan yang bertujuan untuk lebih membangun komunikasi dengan
masyarakat.
=
b) Hubungan
dengan masyarakat lebih dekat (lebih kekeluargaan)
=
c) Proses
penjualan ke customer lama lebih cepat.
=
d) Memberikan
pelayanan prima (service car)
=
6) Penjualan
Langsung (Direct Marketing)
Dalam Hubungan Masyarakat pada kegiatan promosi ya=
ng
dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan pemberian spon=
sor-sponsor
dalam even-even tertentu, seperti; sponsor olahraga, seminar dan lain
sebagainya. Dimana strategi ini dilakukan dalam bentuk canvassing at=
au
melakukan kontak langsung dengan customer. Adapun yang menjadi kekua=
tan
dari penjualan langsung yaitu:
=
a) Door
to door atau langsung berkunjung kerumah customer.
=
b) Even-even
pemasara (GIIAS dan IIMS), Hansa Reenkei atau kolaburasi antara service ben=
gkel
dan sales.
=
c) Prosesnya
cepat untuk terjadi pembelian (diperkirakan butuh waktu paling lama 1 bulan=
dan
paling cepat 2-3 hari setelah bertemu customer).
=
d) Canvassing
atau melakukan kontak langsung dengan
customer.
=
7) Distribusi
Salah
satu bauran pemasaran yang merupakan elemen pokok dalam meningkatkan
daya saing adalah saluran distribusi dalam pemasaran mobil Toyota.
Adapun saluran distribusi dalam pemasaran Mobil Toyota dapat disajik=
an
melalui skema berikut ini:
Gambar 2 Saluran Distribusi Dalam Pemasaran Mobil Toyota =
Pada
PT. Toyota
Hadji Kalla Cabang Malili
Salah sa= tu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan, khususnya usaha otomotif adalah meningkatkan penjualan mobil, hal ini dimaksudkan guna dapat mempero= leh laba usaha yang lebih optimal. Oleh karena itulah dalam menunjukkan pencapa= ian tujuan dan sasaran dalam perusahaan, maka perlu adanya penerapan strategi pemasaran yang akurat, sebab dengan penerapan strategi pemasaran yang akurat maka akan mempengaruhi kelancaran usaha bisnis otomotif.
Dalam pembahasan mengenai strategi pemasaran, maka terlebih dahulu dilakukan eval= uasi mengenai perkembangan penjualan. Dimana dalam melakukan evaluasi mengenai perkembangan penjualan adalah bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan naik/ turunnya penjualan mobil Toyota yang dicapai oleh perusahaa= n. Namun sebelum dilakukan analisis perkembangan penjualan Mobil Toyota untuk tahun 2015 s/d tahun 2018 yang diperoleh dari perusahaan dealer Mobil Toyota PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili yaitu sebagi berikut:
Tabel 4 Data Volume Penjualan Mobil Pada PT. Hadji Kalla
Cabang Malili
Makassar Tahun 2017 s/d Tahun 2021
Jenis Mobil |
2017 |
2018 |
2019 |
2020 |
Avanza |
615 |
468 |
589 |
678 |
Rush |
115 |
82 |
124 |
125 |
Fortuner |
59 |
66 |
67 |
489 |
Agya |
328 |
567 |
476 |
560 |
Innova |
63 |
108 |
78 |
106 |
Yaris |
190 |
89 |
89 |
82 |
Calya |
- |
390 |
290 |
410 |
Total |
1370 |
1770 |
1713 |
2450 |
Sumber: PT. Hadji Ka= lla Cabang Malili = span>(Data Diolah) 2019.
Dari tab= el 4 yakni data penjualan Mobil Toyota, khususnya dalam 4 tahun terakhir (tahun = 2017 s/d 2021), Mobil Avanza pada tahun 2017 meningkat karna harga terjangkau, t= ahun 2018 Mobil Avanza mengalami penurunan karna harganya mulai naik, ketatnya persaingan dan kurangnya salesmen yang promosi, dan tahun 2017 s/d 2021 mengalami peningkatan karena mobil Avanza mulai banyak diminati oleh masyarakat. Faktor yang mempengaruhi volume penjualan menurun dan meningkat dari jenis mobil lainnya seperti Rush, Fortuner, Agya, Innona, Yaris, Calya da= ri tahun 2017 s/d 2021 tidak bedah jauh seperti mobil Avanza. Berdasarkan tabel 4.4 yakni pertumbuhan penjualan mobil Toyota nampak bahwa dalam tahun 2017 = s/d 2018 volume penjualan mobil Toyota mengalami penigkatan sebesar 23,85%, sedangkan tahun 2017 s/d 2018 mengalami peningkatan sebesar 26,27%, tahun 2= 017 s/d 2018 peningkatan sebesar 30,82% sehingga rata-rata perkembangan penjuala mobil mengalami peningkatan sebesar 410,77% setiap tahunnya. Dengan adanya peningkatan volume penjualan mobil Toyota dari tahun 2017 s/d 2018 adalah disebabkan karena penerapan strategi pemasaran telah memadai. Namun dalam t= ahun 2017 dan 2018 mengalami penurunan salah satu faktor yang mengakibatkan penurunan dalam penjualan mobil Toyota adalah ketatnya persaingan dalam pemasaran mobil dimana masing-masing perusahaan pesaing menawarkan berbagai jenis type/model mobil yang berbeda dengan harga jual yang bersaing dan disamping itu harga jual yang diterapkan oleh perusahaan sedikit lebih ting= gi jika dibandingkan oleh perusahaan dealer mobil lainnya.
B.&n=
bsp;
Hasil Penelitian
Berdasarkan h=
asil
pengumpulan data dapat diketahui secara tepat strategi yang digunakan untuk
meningkatkan pangsa Pasar. Marketing Mix
strategy Toyota yang diterapkan sangat efektif dan sukses, dari strategi
Produk, Toyota mempunyai prinsip menciptakan ever better cars dimana Toyota
akan terus mencoba menciptakan inovasi kendaraan dengan menyesuaikan Toyota
Avanza yang benar sesuai dengan kebutuhan
masyarakat di=
setiap
wilayah tertentu. Dari strategi penentuan Lokasi, Toyota dari tahun ketahun
selalu menambah persebaran saluran distribusi, gerai dan tempat persediaan =
di
Indonesia. Dari strategi Promosi, Toyota selalu menyebarkan iklan dan publi=
sitas
produk mereka diberbagai media, baik itu dimedia televisi, koran, ataupun m=
edia
sosial. Toyota juga sering kali memberikan potongan harga atau melayani
pembelian secara kredit. Dari segi strategi penetapan harga, Toyota menerap=
kan
pembiayaan bunga yang rendah dan jangka waktu pembayaran yang lebih panjang,
layanan garansi dan service, serta penetapan harga yang berbeda untuk setiap
wilayah tertentu.
Pada masa pan=
demi
Covid-19 sekarang ini PT. Hadji Kalla cabang Malili juga memberikan diskon =
25%
yang bertujuan untuk menarik minat pembeli untuk membeli mobil di masa pand=
emi,
pemberian diskon 25% sesuai dengan keadaan di masa pandemi Covid-19 dimana
keadaan ekonomi sedang tidak baik sehingga berpengaruh ke berbagai aspek,
dengan adanya diskon 25% bisa mempengaruhi klien untuk melakukan transaksi
pembelian. Dengan adanya diskon 25% pastinya menguntungkan kedua belah pihak
karena klien akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pada biasanya dan=
PT.
Hadji Kalla cabang Malili akan mendapatkan keuntungan karena jika semakin
banyak pesanan selain itu dengan adanya diskon 25% bisa memenangkan pasar
karena biaya yang lebih murah. PT. Hadji Kalla cabang Malili juga membuat
strategi pemasaran yang melihat situasi di lapangan yang ada, seperti kenda=
la
yang dialami dalam melakukan proses melihat langsung barang/mobil, para
konsumen kebingungan karena sesuai dengan kebijakan dari pemerintah untuk
bekerja dari rumah dan larangan untuk berkumpul. Sehingga untuk mengatasi
permasalahan tersebut PT. Hadji Kalla cabang Malili membuat strategi pemasa=
ran
dengan cara mengadakan free on delivery, diadakannya freeon delivery tidak
hanya untuk mengatasi masalah tersebut tetapi juga untuk membuat pembeli
tertarik untuk membeli atau melihat langsung mobil yang akan dia gunakan.Berikut Hasil penelitian berdasarkan observasi=
dan
wawancara dilihat dari sisi internal dan eksternal sebagai berikut :
Fa=
ktor
Internal dan Eksternal Berdasarkan Observasi dan Wawancara pada PT. Toyota
Hadji Kalla Cabang Malili
Untuk mempero=
leh
data, peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada informan dari
perusahaan dan pelanggan pada PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili. Berikut
akan dipaparkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti
a. Faktor Internal dan Eksternal Observasi<= o:p>
Pemilihan lok=
asi
perusahaan adalah sebuah keputusan yang sangat penting. Lokasi mana yang ak=
an
dipilih, maka pimpinan perusahaan harus mampu menanggung semua konsekuensi =
atas
pilihan tersebut. Dalam membuat keputusan mengenai pemilihan lokasi, pimpin=
an
perusahaan sebainya memikirkan area perdagangan dan tempat yang lebih spesi=
fik.
Area perdagangan adalah area geografis yang berdekatan dan memiliki mayorit=
as
pelanggan dan penjual, bagian dari sebuah Kota. Seseorang pemilik harus
memperhatikan faktor yang mempengaruhi daya tarik suatu area perdagangan
tertentu kemudian menguji apa yang dicari dalam memilih tempat, seperti tar=
get
yang harus dicapai, sehingga dapat dilakukan pengujian dengan menggunakan
beberapa metode peramalan. Seleksi lokasi perusahaan keputusan yang sangat =
strategis.
Lokasi perusa=
haan PT.
Toyota Hadji Kalla tidak sulit untuk dikunjungi oleh pelanggan. Lokasi
perusahaan ini juga berdiri dekat
dengan pemuki=
man
tempat tinggal warga, berdekatan dengan kampus kampus,s=
erta
sering dilalui oleh orang-orang. Perusahaan ini memiliki dua arah jalur
kendaraan dan alat transportasi yang melewati toko ini cukup banyak selain
kendaraan pribadi, becak motor, taksi, dan angkutan umum. Lokasi berdirinya
perusahaan ini cukup strategis, lokasi perusahaan ini berada dikeramaian, t=
empat
tinggal penduduk kalangan menegah ke atas. Rute jalan yang dilalui kendaraan
sekitar perusahaan cukup mudah.
Dilihat dari =
desain
atau kondisi gedung tempat perusahaan PT. Hadji Kalla ini merupakan salah s=
atu
alternatif penempatan yang populer bagi perusahaan, untuk kebutuhan lingkup
pasar besar dan kecil. Tata letak showroom, tempat service, serta ruang tun=
ggu
bagi pelanggan di desain sebaik mungkin. Kebersihan gedung di PT. Toyota Ha=
dji
Kalla cukup terjaga dengan baik dengan menggunakan jasa cleaning service dan
disediakan tong sampah disetiap sudut ruangan. Kondisi atau keadaan gedung
dirancang untuk memberikan kenyamanan pembelian, layanan purna jual dan
service. Pengelolaan toko juga menyediakan papan informasi dalam gedung, de=
ngan
tujuan untuk memberikan informasi yang terkait dengan layanan, harga maupun
ketersediaan barang, dipasang juga beberapa poster-poster serta brosur meng=
enai
promosi penjualan mobil terbaru, dilantai dua terdapat ruangan depertemen s=
erta
karyawan yang bertugas dan juga ruangan rapat untuk pertemuan penting.
Fasilitas yang
didirkan oleh perusahaan ini yakni tempat parkiran kendaraan mobil dan motor
bagi pelanggan yang datang membeli dan service. Tersedia juga ruangan tunggu
yang yang nyaman disertai wifi yang tersedia. Disediakan juga tempat permai=
nan
anak bagi pengunjung yang membawa anak-anak ke showroom. Tersedia alat pema=
dam
kebakaran, untuk berjaga-jaga bila kejadian yang tidak diinginkan terjadi
seperti kebakaran dan sebagainya. Kondisi bangunan yang masih bagus, membua=
t perusahaan
ini terlihat berbeda dan menarik pelanggan dan menjadi ciri khas dari gedung
perusahaan.
Aktivitas yang
dilakukan oleh karyawan dimulai dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 17.00 WI=
TA.
Atasan biasanya mengontrol aktivitas yang dilakukan karyawan dan mengevalua=
si
kinerja karyawan guna untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Pro=
duk
dan hargadalam showroom memiliki peran penting untuk menarik minat beli
pelanggan PT. Toyota Hadji Kalla ini kelengkapan produk yang dijual berdaar=
kan
kebutuhan pelanggan dengan kualitas yang baik dan harga yang ditawarkan juga
cukup terjangkau. Strategi ini membantu konsumen mencari barang dengan mudah
pada harga yang ingin mereka bayar.
Salah satu st=
rategi
bersaing yang dilakukan pada perusahaan adalah dengan melakukan pelayanan y=
ang
sebaik mungkin. Pelayanan yang baik merupakan keunggulan atau keistimewaan =
yang
dinilai dari pelanggan guna mendapatkan citra nama yang baik. Pelayanan yang
disediakan oleh perusahaan PT. Toyota Hadji Kalla yaitu memberikan pelayana=
n yang
diperhatikan apa yang diinginkan konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen
salah satunya dengan memperhatikan keluhan konsumen, memberikan pelayanan y=
ang
ramah. Memberikan kuisioner kepada konsumen yang telah berkunjung, memberik=
an
minuman dan snack bagi pelanggan serta memberikan bantuan dari tenaga penju=
alan
atas informasi terhadap suatu barang atau produk yang dijual
b.&n=
bsp;
Faktor Internal dan Eksternal Berdasarkan Wawancara
Dalam menjala=
nkan
usaha showroom mobil ini, tentu memiliki banyak tantangan. Banyak pesaing
dilihat dari perkembangan usaha di Indonesia. Pola perilaku masyarakat saat=
ini
sejalan dengan perkembangan jaman, maka diperlukan strategi-strategi untuk
menarik perhatian dari pelanggan. Berikut kutipan wawancara dengan marketing
perusahaan PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Malili perihal strategi pemasaran.=
Menurut Bapak=
Arman,
Produk yang ditawarkan oleh PT. Hadji Kalla adalah Mobil merek Toyota yang
memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda. Adapun jenis yang ditawarkan Mob=
il
Toyota ada beberapa yaitu Avanza, Fortuner, Rush, Yaris, Innova, Calya, Sed=
an,
Hilux, Sienta, Agya, Juga Alphard. Harga mobil tergantung dari jenis dan
tipenya, harga bisa naik sewaktu-waktu tergantung dari pabrik karna sebagian
besar baran dipesan dari Jepang. Cara meyakinkan konsumen untuk membeli mob=
il
walau harga cukup mahal yaitu dengan memberikan produk yang memiliki nilai =
yang
berkualitas, karna semua produk memiliki nilai tersendiri dimata konsumen,
nilai produk itu seberapa besar dia dapat manfaatnya. Keunggulan dari produk
Toyota kuat, harga jual kembali, servis dimana-mana, harga yang konsumen ba=
yar
manfaatnya yang diterimah lebih besar dari harga yang dia berikan.
Soal menangga=
pi
keluhan pelanggan itu ada yang menangani khusus yaitu departemen keluhan
pelanggan atau disebut Cita Rasa Prima (CRP), yang bertugas memediasi konsu=
men
dengan siapa dia melakukan keluhan. Dalam menanggapi konsumen, pihak kami
segera bertindak cepat dengan memberikan tanggapan kepada pelanggan yang
membutuhkan informasi atas produk. Jika pelanggan memiliki keluhan, maka ka=
mi
segera mendengar keluhan pelanggan, akan di tangani dengan baik, kemudian
menampung keluhan tersebut dan mencari solusi yang terbaik. Dan ketika kelu=
han
pelanggan disebabkan kesalahan dan kelalaian kami, maka pihak kami segera
meminta maaf dan segera melakukan perbaikan dari kesalahan tersebut. Kami j=
uga
menyediakan kotak saran bagi konsumen agar bisa menyampaikan
keluhannya. M=
engenai
pembayaran Pelanggan dapat melakukan pembayaran cash ataupun dengan kredit.=
PT.
Hadji Kalla membuka 23 Cabang di seluruh Indonesia lokasi showroom sangat
strategis, berada di tengah tengah keramaian, dekat dengan perkantoran, kam=
pus,
dan pemukiman sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Mengenai fasilitas at=
au
pelayanan yang diberikan kepada konsumen kami menyediakan beberapa fasilitas
yang menunjang kenyamanan konsumen, yaitu tempat parkir bagi pelanggan yang
datang ke showroom, ruang tunggu yang nyaman , bagi konsumen yang membawa
anaknya disediakan tempat bemain anak, ruangan yang ber AC membuat konsumen
yang datang merasa tidak kepanasan, ada TV, wifi gratis, minuman dan snack
gratis, toilet umum, kebersihan yang dijaga dengan baik, dan memberikan
pelayanan terbaik seperti memberikan tes drive mobil unggulan yang kita pun=
ya
kepada konsumen, memberikan service gratis, memberikan kuesioner kepada
pengunjung untuk mengevaluasi pelayanan serta fasilitas yang diberikan.
Menurut Bapak
Suharman strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan pada PT. Hadji Kalla
yaitu Langkah pertama yang dilakukan adalah mapping area dulu. Maksudnya di=
sini
kita mensegmentasikan pasar berdasarkan wilayah, pekerjaan dan lingkungan.
Misalnya di dekat-dekat pasar kita menawarkan kepada kosumen jenis mobil Se=
dan
atau mobil Open Kap, jika diwilayah perkantoran kita menawarkan mobil priba=
di
seperti fortuner, avanza, dan lain-lain. Kami juga selalu melakukan kegiatan
Promosi untuk memperkenalkan Produk-produk baru dari perusahaan kami. Menge=
nai
promosi setiap akhir pekan kita adakan kegiatan bersama karyawan dan custom=
er
bagi-bagi undian berhadiah, kemudian memasang Public Display di tempat
keramaian seperti di mall atau hotel, promosi lewat media sosial, door to d=
oor,
ikut dalam event-event penjualan Mobil, dan menyebarkan brosur di jalan.
Melihat pelua=
ng
pemasaran Mobil pada masa mendatang, menurut kami sangat meningkat melihat
permintaan masyarakat untuk memiliki mobil sangat tinggi, juga ketertarikan
terhadap tipe-tipe mobil terbaru, serta kemajuan tekhnologi dalam hal
transportasi masyarakat berbasis online. Mengenai pangsa pasar Toyota saat =
ini
Alhamdulillah, sangat meningkat dan penjualan mobil yang paling banyak masih
dikuasai oleh Toyota Avanza disusul oleh Calya jenis pengeluaran terbaru ya=
ng
sekarang ini banyak diminati masyarakat karena harga yang terjangkau. Adapun
Penyebab turunnya volume penjualan, dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu intern=
al
dan eksternal perusahaan. Faktor internal itu sendiri seperti kurangnya
pelayanan, kurangnya tenaga kerja salesman yang mempromosikan produk. Nah,
faktor yang kedua adalah faktor eksternal sudah persaingan dari showroom la=
in
yang menjual mobil dengan tipe yang sama. Berikit ini beberapa hasil wawanc=
ara
dengan Bapak Suharman dan Ibu Widya Munansari
Kesimpulan
Berdasarkan=
hasil
analisis dan pembahasan yang telah maka penulis dapat menarik kesimpulan ba=
hwa Marketing Mix Strategy Toyota yang
diterapkan sangat efektif dan sukses, dari strategi Produk, Toyota mempunyai
prinsip menciptakan ever better cars dimana Toyota akan terus mencoba
menciptakan inovasi kendaraan dengan menyesuaikan Toyota Avanza yang benar
sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap wilayah tertentu. Dari strategi
penentuan Lokasi, Toyota dari tahun ketahun selalu menambah persebaran salu=
ran
distribusi. Dari strategi Promosi, Toyota selalu menyebarkan iklan dan
publisitas produk mereka diberbagai media, baik itu dimedia televisi, koran,
ataupun media sosial.
BIBLIOGRAFI
Arasy Alimudin, S. E., &
Purwantoro, G. (2022). DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM. Narotama
University Press.
Badriah, N., Nasution, M. I= . P., & Lestari, A. I. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19.= Islamic Circle, 2(2), 87–97.
Febrianto, R. A. (2022). Strategi
Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijrah pada PT Bank Muamalat Indone=
sia
Cabang Solo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Noviani, N., & Wahyuni,= S. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papamama Farm= . Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 1(1), 29–42.
Nurdahlia, N. (2019). St=
rategi
Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Cafe The
In This Di Kelurahan Bone Tua Kota Masamba (Doctoral dissertation, Institut
agama islam Negeri (IAIN Palopo)).
Putra, R. T., Salsabila, N.= E., Al Azhar, M. A. M., & Adhinata, F. D. (2022). Strategi Pemasaran Melal= ui Internet di Media Sosial. Journal ICTEE, 3(1), 35–38.<= /span>
Ramadhani, M. F. (2021). St= rategi Pemasaran Produk UMKM melalui Digital Marketing Pada Keripik Pisang Banna-= Qu. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158.
Rinnanik, E. P., Bakhri, S., Buchori, S. S., Dede, T. M., & Sugiono, M. G. (2021). Ilmu Manajeme= n di Era 4.0. Penerbit Adab.
Rukmana, A. Y., Zebua, R. S= . Y., Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya.= PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Safitri, A. N., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah. Economics and Digital Business Review, <= i>2(2), 103–177.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72.
Suroso, A. (2017). Perancan= gan Program Penulisan Dan Pembacaan Data Parameter Proses Ply Kedalam Plc (Programmable Logic Controller): Perancangan Program Penulisan Dan Pembaca= an Data Parameter Proses Ply Kedalam Plc (Programmable Logic Controller). = Competitive, 12(2), 94.
Syahroni, N. B. B. H. (2021=
). Strategi
Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Di Ko=
ta
Medan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Toyota Auto 2000 Medan Panci=
ng)
(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Wahyudi, T., & Setiadi,= P. B. (2022). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Barang Dan Jasa P= ada Usaha Paramita Ban di Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK)<= /i>, 4(6), 2051–2057.
Wibowo, E. A. (2014). Peman= faatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1).
=
Copyright holder: Andi Winda Fatimah=
Wali
Samad (2023) |
First publication right: Syntax Lit=
erate: Jurnal Ilmiah Indonesia |
This article is licensed under: |
Andi Winda Fatimah Wali Samad
Analisis Penerapan Strategi Komunikasi
dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemic Covid-19 Pt. Hadji Kalla Toyota
Malili
2=
&=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; &nbs=
p; &=
nbsp; Syntax
Literate, Vol. 8, No. 8, Juli 2023
Syntax Literate, Vol. 6, No. 7, Juli 2021 &nbs=
p; 3
How
to cite: |
Andi Winda Fatimah Wali =
Samad (2023)
Analisis Penerapan Strategi Komunikasi dalam
Meningkatkan Penjualan di Era Pandemic Covid-19 Pt. Hadji Kalla Toyota Ma=
lili,
(8) 8, <=
u>http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6=
span> |
E-ISSN: |
|
Published
by: |