Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Binaan 2 Gugus 6 Kecamatan Ciracas

  • Syifa Nur Aulia Nugrahita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Prima Mutia Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Analisis, Literasi Sains, IPA

Abstract

Kemampuan literasi sains diperlukan pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains pada siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Binaan 2 Gugus 6 Kecamatan Ciracas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5 sebanyak 117 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Binaan 2 Gugus 6 Kecamatan Ciracas. Teknik pengambilan data menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal literasi sains berbentuk essai dan pedoman wawancara dengan guru wali kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif. Hasil deskripsi data dilakukan dengan memperhatikan nilai rata-rata (mean) dan nilai yang paling banyak timbul (modus). Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah siswa dengan kategori kemampuan literasi sains tinggi sebesar 18%, siswa dengan kategori kemampuan literasi sedang sebesar 67%, dan siswa dengan kategori kemampuan literasi sains rendah sebesar 15%. Berdasarkan indikator literasi sains, indikator konten sains mendapatkan skor rata-rata 3,44 (34%), indikator proses mendapatkan skor rata-rata 2,16 (21%), indikator konteks aplikasi sains mendapatkan skor rata-rata 2,34 (23%), dan indikoator sikap sains mendapatkan skor rata-rata 2,30 (22%). Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata kemampuan literasi sains dalam kategori sedang dan indikator tertinggi terdapat pada indikator konten sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jauhari, A. (2021). Kata Pengantar. Dialog, 44(1), i–Vi. https://doi.org/10.47655/dialog.v44i1.470

Andersen, L. W. (1981). Assessing affective characteristics in the schools. Boston: Allyn and Bacon.

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Ipa Smp. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”.

Ansori, A& Samsudin, A. (2013). Transformasi Pembelajaran Di Pendidkan Non Formal(Upaya mempersiapkan pendidik dan peserta didik dalam menghadapitantangan global untuk menjadi manusia pembelajar). Empowerment, 2(1), 1-15.

Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Berk, L. E. (2005). Infants, Children and Adolescence. New York: Pearson Education, Inc.

Daradjat, Z. (1976). Perawatan Jiwa Untuk Anak. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1990), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djemari Mardapi. (2003). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967.

Fadilah, S. I. T. W. D. A. C. A. P. (2020). Sma Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Flesh, J. L. (1975). Measuring Agreement Between Two Judges on the Presence of Assessment.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Gable, R. K. (1986). Instrument development in the affective domain. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Harvey, J.H & Smith, W.P., (1991), Social Psychology An attribution Approach, The C.V Mosby Company, London.

Hayat, B., & Suryadi, B. (n.d.). Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia ( Hepi ) Tahun 2014.

Kemampuan, A., Sains, L., Hasil, T., Wajo, T. K., Askah, A., Kaleleng, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Makassar, U. M. (2022). Analisis kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sdn 23 assorajang kecamatan tanasitolo kabupaten wajo

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Nadhifatuzzahro, D., Setiawan, B. S., & Sudibyo, E. (2015). Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Sumobito Melalui Pembuatan Jamu Tradisional. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 6(5), 21–27. http://fmipa.um.ac.id/wp-content/uploads/Prosiding2015/Media/Fisika2015_01-Media-Dalin-Navidai.pdf

Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p42-47

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Novitasari, N. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 36. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877

Nugroho, S. A. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Bertema Interaksi di Kabupaten Purbalingga. Skripsi, FMIPA, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.

Raharja, N. M. G., Kristiantari, M. R., & Manuaba, I. S. (2019). Model Pembelajaran Think Pair Share Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(3), 95–103.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.

Sunarwan, D. (2018). Analisis Kegiatan Literasi Sains pada Pembelajaran Multikeaksaraan. Jurnal Eduscience, VI, 30–41.

Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001–5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556

Utami*, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802

Wahyuni, I. T., Sari, P. M., & Kowiyah. (2021). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12–22. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/17461

Wahyuningsih, S. (2021). Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.

Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213

Wajo, T. K., Askah, A., Kaleleng, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Makassar, U. M. (2022). Analisis kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sdn 23 assorajang kecamatan tanasitolo kabupaten wajo.

Wahyuningsih, S. (2021). Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar.
Published
2022-10-20