Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

  • Debi Septiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indah Nurmahanani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Acep Ruswan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Permainan ular tangga, Media pembelajaran, Penguasaan kosakata Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada materi "How Do You Go To School." Penelitian melibatkan siswa dari sebuah sekolah tertentu dan menggunakan pendekatan pretest-posttest dengan kelompok kontrol tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa belum mencapai tingkat yang memuaskan, seperti yang tercermin dari hasil nilai rata-rata pretest. Siswa kesulitan mengidentifikasi informasi dalam kalimat tertulis dalam Bahasa Inggris dan memiliki kendala dalam mengeja kosakata. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa permainan ular tangga sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,769 yang termasuk dalam kategori tinggi menurut klasifikasi Guilford. Selain itu, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat menjelaskan sekitar 59,2% dari variasi peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada materi "How Do You Go To School." Hasil positif ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih menarik dan efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, A. P., Aisyah, D. S., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2023). Digital Puzzle Worksheet for Identifying Metacognition Level of Students: A Study of Gender Differences. European Journal of Educational Research, 12(2).

Abdullah, S. C. N., Tulung, G. J., & Rambing, R. (2020). Meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris untuk murid pendidikan anak usia dini melalui buku cerita bergambar pada kelompok B di TK Suci Castellia. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 12.

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479–485.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.

Otto, S. (2015). Caucasian spiders. A Faunistic Database on the Spiders of the Caucasus. Version, 1(3).

Setyaningsih, R., Suci, A. N., & Puspasari, F. A. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Di Smp Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 18–23.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, H. (2016). Metode kualitatif dan kuantitatif Cetakan ke-23. Alf. Bandung.

Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.

Yamin, M. (2017). Metode pembelajaran bahasa Inggris di tingkat DAS. Jurnal Pesona Dasar, 1(1).

Zuhdi, M. N. (2012). Perempuan dalam al-qur’an dan gerakan organisasi masyarakat islam anti kesetaraan. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 11(1), 1–24.
Published
2022-10-20