Pengaruh Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Kelas V

  • Rofiqoh Rofiqoh Universitas pendidikan Indonesia
  • Erna Suwangsih Universitas pendidikan Indonesia
  • Puji Rahayu Universitas pendidikan Indonesia
Keywords: Critical thinking skills, STEM Learning, Grade V students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Data penelitian dikumpulkan dari dua kelompok siswa yang masing-masing menerima jenis pembelajaran yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan STEM memiliki hasil yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM secara positif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan peneliti untuk mempertimbangkan penggunaan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahmat, Fathoni. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm. 104-105.

Adhi, G. (2020, Desember 18). tripven.com. Retrieved from penelitian tindakan kelas: https://www.tripven.com/penelitian-tindakan-kelas/

Astuti, N. F. (2020, Desember 17). Merdeka.com. Retrieved from Komunikatif adalah Mudah Dipahami, Berikut Pengertian dan Contoh Kalimatnya: https://www.merdeka.com/jabar/komunikatif-adalah-mudah-dipahami-berikut-pengertian-dan-contoh-kalimatnya-kln.html

Reza, M. (2020, September 26). Retrieved from Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli PTK: https://www.mandandi.com/2020/09/pengertian-penelitian-tindakan-kelas.html

Tysara, L. (2020, Januari 6). https://hot.liputan6.com. Retrieved from 11 Pengertian Kolaborasi Menurut Para Ahli, Simak Jenis-Jenisnya: https://hot.liputan6.com/read/4852462/11-pengertian-kolaborasi-menurut-para-ahli-simak-jenis-jenisnya

ANNISA. (2021). Pengaruh Teknik Evaluasi Pre Test Dan Post Test Terhadap Pencapaian Aspek Kognitif Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sosial Sman 1 Martapura. Osf. https://osf.io/46sxn

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Muhammad Santoso, A., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.99-106

Setiadi, H. (2013). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bolabasket (Studi Eksperimen Di Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Smp Negeri 2 Arjawinangun). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola BAsket, 33–44. http://repository.upi.edu/1800/6/S_PJKR_0802956_chapter3.pdf
Published
2022-10-20