Pengaruh Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Data penelitian dikumpulkan dari dua kelompok siswa yang masing-masing menerima jenis pembelajaran yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan STEM memiliki hasil yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM secara positif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan peneliti untuk mempertimbangkan penggunaan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat pendidikan dasar.
Downloads
References
Adhi, G. (2020, Desember 18). tripven.com. Retrieved from penelitian tindakan kelas: https://www.tripven.com/penelitian-tindakan-kelas/
Astuti, N. F. (2020, Desember 17). Merdeka.com. Retrieved from Komunikatif adalah Mudah Dipahami, Berikut Pengertian dan Contoh Kalimatnya: https://www.merdeka.com/jabar/komunikatif-adalah-mudah-dipahami-berikut-pengertian-dan-contoh-kalimatnya-kln.html
Reza, M. (2020, September 26). Retrieved from Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli PTK: https://www.mandandi.com/2020/09/pengertian-penelitian-tindakan-kelas.html
Tysara, L. (2020, Januari 6). https://hot.liputan6.com. Retrieved from 11 Pengertian Kolaborasi Menurut Para Ahli, Simak Jenis-Jenisnya: https://hot.liputan6.com/read/4852462/11-pengertian-kolaborasi-menurut-para-ahli-simak-jenis-jenisnya
ANNISA. (2021). Pengaruh Teknik Evaluasi Pre Test Dan Post Test Terhadap Pencapaian Aspek Kognitif Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi Sosial Sman 1 Martapura. Osf. https://osf.io/46sxn
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Muhammad Santoso, A., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.
Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648
Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.99-106
Setiadi, H. (2013). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bolabasket (Studi Eksperimen Di Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Smp Negeri 2 Arjawinangun). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola BAsket, 33–44. http://repository.upi.edu/1800/6/S_PJKR_0802956_chapter3.pdf
Copyright (c) 2022 Rofiqoh Rofiqoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.