Peran Brand Ambassador Kim Seon Ho Dalam Meningkatkan Minat Beli Skincare Everwhite
Abstract
Brand Ambassador hari ini merupakan cara modern untuk mengkomunikasikan pemasaran kepada khalayak tentang merek produk dalam meningkatkan minat beli karena saat ini trend budaya hallyu korea sedang menjadi kegemaran yang banyak di minati masyarakat sehingga menjadi momentum yang tepat bagi merek produk Indonesia menggandeng aktor asal korea selatan untuk menjadi brand ambassador mereknya seperti yang dilakukan oleh merek skincare lokal pertama Everwhite yang berkolaborasi dengan aktor kim seon ho untuk menjadi duta merek Everwhite selama 1 tahun. Strategi komunikasi pemasaran ini menggunakan model VisCap karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran brand ambassador Kim Seon Ho dalam meningkatkan minata beli skincare Everwhite. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan metode kualitatif deskriptif dengan unit analisis komunitas @ksh_ina3 kemudian Teknik pengumpulan data primernya wawancara langsung dengan founder Everwhite Jessica Lin lalu data sekundernya didapatkan dari penelitian terdahulu, kemudian observasi lapangan dan Teknik penarikan sampling nya menggunakan “Purposive sampling†dengan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data , penarikan kesimpulan serta verfikasi.
Downloads
References
Ali, I. H. (2015). Penelitian komunikasi pendekatan kualitatif berbasis teks. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(1), 129-139.
Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Everwhite Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 9(3).
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Estaswara, H. (2011). Brand management dan integrated marketing communications (IMC): membangun brand identity menuju brand personality. Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Puskombis Publication, Universitas Mercubuana, 17-39.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada Perusahaan Online Zalora. co. id. eProceedings of Management, 3(1).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Indriningtiyas, D. (2022). Brand Ambassador Artis Korea Pada E-commerce di Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 219-230.
Irwanto, I., & Hariatiningsih, L. R. (2020). Penggunaan Skincare Dan Penerapan Konsep Beauty 4.0 Pada Media Sosial (Studi Netnografi Wanita Pengguna Instagram). Journal Komunikasi, 11(2).
Krogerus, M., & Roman, T. (2023). The Communication Book: 44 Ide Strategis Untuk Komunikasi yang Lebih Baik. Jakarta: Renebook.
Lengkong, M. A., Priyowidodo, G., & Tjahyana, L. J. (2022). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Song Joong Ki Dalam Brand Scarlett Whitening Dengan Model VisCAP. Jurnal e-Komunikasi, 10(2).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Edition. USA: Sage Publications.
Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Laneige Dalam Model VisCAP. Jurnal e-Komunikasi, 8(2).
Prasetyo, D. Bambang & Febriani S. N. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang: UB Press.
Priansa, J. D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Qorib, F., & Bhara, A. M. (2019). Pengaruh Iklan “Shopee Blackpink Sebagai Brand Ambassador†Terhadap Minat Belanja Online Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 8(4), 288-296.
Raharjo, F. S. (2019). The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri dengan Teknik Berbicara. Anak Hebat Indonesia.
Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhani, A. N., & Masitoh, S. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 11(03), 135-143.
Ruben, B. D., & Stewart, L. P. (2017). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Å ontaitÄ—-PetkeviÄienÄ—, M., & VaÅ¡ÄÄ—gaitÄ—, A. (2022). Employees as Brand Ambassadors: A Case Study Exploring the Impact of Employees’ Communication on Consumer Behavior. Management of Organizations: Systematic Research, 87(1), 135-154.
Susilo, E. F., Gerungan, A., & Sundah, P. M. (2023). Pengaruh Kim Seon Ho Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Everwhite. KINESIK, 10(1), 29-42.
Syauki, W. R., & Avina, D. A. A. (2020). Persepsi dan Preferensi Penggunaan Skincare pada Perempuan Milenial dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 42-60.
Tululi, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Purchase Decision pada Konsumen Somethinc (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Kristen Indonesia Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen) [Doctoral dissertation, Universitas Kristen Indonesia].
Virginia, L. S. W. (2020). Analisis AISAS model terhadap "BTS Effect" sebagai Brand Ambassador dan Influencer. Journal Komunikasi, 11(2).
Yanti, N. F., & Gusfa, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Hamish Daud dan Iklan terhadap Brand Image Clear. Jurnal
Copyright (c) 2022 Sartika Asri Maharani, Retor A.W. Kaligis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.