Claim Loss Ratio Rate Sebagai Indikator Pengambilan Keputusan Perubahan Harga Premi Asuransi Jiwa

  • Mardianto Karim Program Studi Statistika Universitas Islam Bandung
  • Aceng Komarudin Mutaqin Program Studi Statistika Universitas Islam Bandung

Abstract

Dunia perasuransian tidak terlepas dari namanya premi. Setiap produk asuransi yang dijual oleh perusahaan asuransi pasti memiliki harga premi yang selalu mengikutinya. Perusahaan asuransi harus memastikan apakah premi yang telah ditetapkan sebelumnya atas suatu produk masih bisa digunakan pada penjualan selanjutnya dalam rangka memenuhi kewajiban atas klaim yang diajukan oleh nasabah. Untuk menetapkan premi yang tepat bagi konsumen, perusahaan asuransi dapat melakukan experience study yang didasarkan pada informasi masa lalu. Dalam penelitian ini experience study diaplikasikan dalam risiko klaim produk asuransi jiwa X yang dijual oleh perusahaan asuransi jiwa Y. Dengan menggunakan experience study akan dihasilkan claim loss ratio rate untuk mengetahui bagaimana perbandingan keadaan aktual klaim terhadap risiko yang diharapkan oleh perusahaan asruansi dalam bentuk premi sehingga dapat membantu perusahaan asuransi dalam pengambilan keputusan perubahan harga premi. Hasil akhir penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa claim loss ratio rate untuk produk X baik untuk nasabah laki-laki dan perempuan berada di bawah 100% dan di bawah batas umum (40-50%) sehingga premi yang ditetapkan masih mencukupi untuk membayar klaim yang diajukan dan perusahaan asuransi dapat mempertimbangkan penurunan harga premi produk X.

Kata kunci: Experience study, Loss ratio rate, Premi, Asuransi Jiwa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20