Korelasi Antara Penggunaan Gadget Dengan Minat Membaca Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Tengah 01 Pagi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara penggunaan gadget dengan minat membaca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Tengah 01 Pagi pada semester 2 tahun pelajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV SDN Tengah 01 Pagi sebanyak 93 siswa. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket/kuesioner. Penelitian ini termasuk kepada penelitian kuantitatif korelasional. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Hasil uji koefisien korelasi menggunakan Product Moment Pearson dengan tingkat signifikansi a = 0,05 diperoleh r hitung sebesar 0,966 > r tabel 0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua variabel memiliki hubungan.yang sempurna atau sangat kuat. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 25,3409 > 2,01290 dari t tabel, sehingga Ho di tolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan gadget dengan minat membaca siswa. Selanjutnya, hasil koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,933156. Hal ini berarti bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap minat membaca adalah 93,3% dan 6,7% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil analisis statistik tersebut disimpulkan bahwa penggunaan gadget mempunyai bagian penting dalam meningkatkan minat membaca siswa, begitupun sebaliknya. Ketika siswa memiliki penggunaan gadget yang tinggi maka akan berpengaruh pada minat membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT. RAjagrafindo Persada.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Fatayan, A., Frilia, A., & Fauziah, M. P. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2694–2700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2474
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 355.
Isma, cut nelga, Rohman, N., & Istiningsih. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jptam.Org, 6, 7932–7940. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3650
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Jhon Creswell. (2015). Riset Pendidikan (PUSTAKA PELAJAR (ed.); 5th ed.). [email protected]
Karuniasari, M., & Dm, R. R. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Early Literacy Skill Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Mojosongo. 1, 33–42.
Komariyah, S., & Rahim, A. (2022). Minat Membaca Buku Cerita Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. JOEL Journal of Educational and Language Research, 2(2), 105–123.
Marimbun, M. (2019). Minat Membaca dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 74–84. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1361
Mauludhin, F., & Mudiyanto, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Gemar Membaca Siswa Kelas IV.1 di MI An-Nur Kota Cirebon. Indonesian Journal Of Elementary Education, 2(1), 1–14.
Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Call For Paper & Pengabdian Masyarakat, 1(1), 401–414.
Puji Asmaul Chusna. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 318.
Retno Walyyunita A’yun, dkk. (2021). Dampak Gadget terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Tingkat SD/MI. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 555–568. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-555-
Setianingsih, E. S. (2019). Gadget “Pisau Bermata Dua†Bagi Anak? SENDIKA : Seminar Pendidikan Nasional, 397–405. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/download/420/242
Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sobur. (2013). Psikologi Umum. Pustaka Setia.
Soedarsono. (2002). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Gramedia Pistaka Utama.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Syahrul Dimas Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.