Studi Literatur: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Pendekaatan Problem Based Learning

  • Nopita Ermayanti Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Indah Puspita Sari Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi, Cimahi
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, Matematika, problem based learning

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan permasalahan dengan model pembelajaran Problem Based learning. Peneliti mengkaji beberapa literatur terkait kemampuan pemecahan masalah dengan berbagai macam materi, dan jenjang. Metode yang digunakan adalah studi Pustaka dimana peneliti pengumpulan data Pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian dengan teknis analisis data dengan menelaah, mengeksplorasi, membandingkan, menggabungkan berbagai informasi yang didapat pada beberapa jurnal nasional yang di anggap sesuai atau relevan dengan penelitian dan kajian yang kemudian akan di analisis untuk disajikan dalam hasil dan pembahasan sehingga mampu dibuat sebuah kesimpulan. Hasil kajian yang telah dilakukan peneliti didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah memiliki peran yang sangat penting dalam kemampuan penalaran matematis. Dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dibimbing, diarahkan diajarkan dan dibiasakan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang lebih efektif. Selain itu dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat berfikir lebih kritis dan logis. Dengan pembelajaran Model problem based learning membuat siswa pro aktif sehingga memacu untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa untuk menungkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian diharapkan melalui pembelajaran problem based learning, siswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan beberapa kajian literatur terdapat beberapa indikator kemampuan matematis yang dicapai dalam pemecahan masalah. Dalam hal ini peneliti mencari dukungan dari para ahli untuk memperkuat argumentasi ketika proses kajian dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariandi, Y. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran Pbl. 1996, 579–585.

Arifin, S., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai. 8(1), 85–97.

Astuti, Dwi Afnan Puji, Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. 102–109.

Azizah, A., Konseling, D., Purwoko, B., Pd, S., & Pd Bimbingan, M. (N.D.). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Naratif Library Research Of The Basic Theory And Practice Of Narrative Counseling.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (N.D.). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pbl Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Mea.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 8(September), 447–458.

Fauziyah, L. (2017). Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Abstrak. 6(1), 59–67.
Hendriana, H., Rohaeti,E.E., & Sumarmo,U.,(2017).Hard Skills Dan Soft Skills : Reflika Aditama.Bandung.

Hia, Y., & Chairunisa, R. (2017). Penelitian Ini Bertujuan Untuk : ( 1 ) Mengetahui Upaya Yang Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ketika Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah , ( 2 ) Mengetahui Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemat. 51–65.

Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88-93.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. 1(1).

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa 1,2,3. 7(1), 155–166.

Nadhifah, G., & Aldila Afriansyah, Ekasatyajurnal Pendidikan Matematika Stkip Garut, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiry (Vol. 5, Issue 1).

Nazaretha, R., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Video Pada Materi Spldv Untuk Meningkatkan. 5(3), 669–680. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i3.669-680

Nisak, K. (2017). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan. 2348(1), 91–98.

Padrul, Supiati, E., & Matematika, P. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3(2), 88–93.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Program For International Student Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 8.

Rifa, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 2682(1), 109–116.

Sumartini, T. S., & Matematis, K. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5.

Ulva, E., Murni, A., & Riau, U. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smpn Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. 04(02), 1230–1238.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversuty Quotient Tipe Climber. 6(2), 183–193.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. 2(2), 118–129.

Yustianingsih, R., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 1(2), 258–274.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2022-10-20