Pengaruh Penempatan, Kompetensi Pegawai, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kota Tarakan

  • Hariyanto Sudibyo Program Magister Manajemen, Universitas Terbuka
  • Conchita V. Latupapua Program Magister Manajemen, Universitas Terbuka
  • Heriani Heriani Program Magister Manajemen, Universitas Terbuka
Keywords: Penempatan, Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Dalam penelitian ini penyelenggaran organisasi pemerintah khususnya kinerja organisasi pegawai Dinas Perhubungan Kota Tarakan, mengalami penurunan kinerja. Dari permasalahan ini maka penulis akan menguji dan mengumpulan data survei dengan pendekatan kuantitatif terhadap kinerja pegawai, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar hubungan pengaruh penempatan, kompetensi pegawai dan disiplin kerja pegawai terhadap kinerja berdasarkan target kinerja yang tidak tercapainya pada Dinas Perhubungan Kota Tarakan pada Tahun 2022, Penelitian ini juga mengunakan eksplanatif penelitian yang dilakukan survey penyebaran kuesioner kemudian mengolah dan mengalisis data yang diproleh mengunakan metode statistik dalam rangka menunjang bahasan dalam penelitian, untuk menjawab dan memecahkan inti persoalan.Berdasarkan hasil penelitian observasi. pengumpulan data dilakukan dengan beberapa daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan responden penelitian berjumlah 53 responden, Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23, Adapun teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penempatan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, Secara parsial variabel penempatan, lebih dominan dari variable kompetensi pegawai,dan variabel disiplin kerja pegawai karena nilai koefisen regresi (0.421) lebih besar dari kompetensi pegawai (0.305) dan disiplin kerja pegawai (0.143).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Y. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Melalui Kompetensi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, 6.

Ahmad, M. I. (2020). Mewujudkan Sistem Perencanaan Suksesi Nasional Melalui Pembangunan Manajemen Talenta Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Civil Service Journal, 14(1 Juni), 55–68.

Anggraeni, N. (2011). Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada sekolah tinggi seni Indonesia (STSI) bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 54–74.

Arianty, N. (2016). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Perbankan pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Medan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 4(2).

Bahua, M. I. (2016). Kinerja penyuluh pertanian. Deepublish.

Budi, A. (2022). Pengaruh Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Produktivitas Kerja Karyawan. Dynamic Management Journal, 6(2), 83–90.

Kasmir, S. (2016). The Mondragon cooperatives and global capitalism: A critical analysis. New Labor Forum, 25(1), 52–59.

Lanak, B. (2021). Peran Perangkat Desa dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Gajahrejo, Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 16–24.

Negara, P. M. P. A. S., & Nomor, R. B. (2016). Tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Nuryanto, Y., Taryana, A., & Sandjaya, T. (2022). Penguatan Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat Melalui Kebijakan Inpassing di Universitas Padjadjaran. Responsive, 5(1), 7–17.

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor PT. Dua kuda indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1).

Suryani, D. A., & Saharuddin, E. (2021). Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Budaya Keterbukaan Informasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ….

Tirano, N. E. (2022). Evaluasi Tugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Penanganan Sampah di Kecamatan Tempuling. Universitas Islam Riau.

Warbal, M., & Lesnussa, J. U. (2023). Dampak Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Business Application, 2(1), 45–59.

Zainuri, A. (2016). Strategi penerapan lima nilai budaya kerja di kementerian agama menuju pelayan prima. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–14.
Published
2022-10-20