Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas Terhadap Kepuasan Taruna Pada Akademi Maritim Cirebon (Studi Kasus Pada Taruna Akademi Maritim Cirebon)
Abstract
Pengaruh kualitas pelayanan fasilitas terhadap kepuasan Taruna Akademi Maritim Cirebon (studi kasus pada Taruna Akademi Maritim Cirebon). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan Taruna Akademi Maritim Cirebon. Populasi dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling insidential dengan jumlah sampel sebesar 50 responden. Untuk analisis data menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan Truna. Hal ini di buktikan dengan nilai thitung < ttabel (3,481>1,677). Sedangkan untuk fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan Taruna yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (3,154>1,677). Kualitas pelayanan dan fasilitas keduanya bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan Taruna. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 11,522 sedangkan nilai ftabel sebesar 3,20. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan terhadap kepuasan Taruna adalah 30,2%, adapun sisanya 69,8% dipengaruhi faktor lain.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Taruna dan Fasilitas