Analisis Klaim JKN Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Indonesia Tahun 2022

  • Natasya Claresta Viano Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok
  • Purnawan Junadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok
Keywords: klaim, JKN, rawat jalan, kendali mutu, efisiensi, kendali biaya

Abstract

Peningkatan jumlah pasien rawat jalan peserta JKN di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) mengalami peningkatan signifikan semenjak RSUI bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Peningkatan jumlah pasien peserta JKN tetap harus diiringi dengan pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efisien dengan kendali mutu dan kendali biaya. Hal tersebut membuat provider kesehatan membutuhkan analisis klaim sebagai dasar pengambilan keputusan. Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan tren. Berdasarkan hasil analisis klaim tahun 2022, dari total 31.207 klaim, didapatkan selisih tarif RS dan tarif INA-CBG’s di RSUI sebesar -3,41%. Analisis komponen tagihan dilakukan pada lima poli dengan jumlah kunjungan terbanyak, yaitu poli Saraf, poli Bedah Mulut, poli Ilmu Penyakit Dalam (IPD), poli Bedah Ortopedi, dan poli Telinga-Hidung-Tenggorok (THT). Dari kelima poli tersebut, didapatkan pemeriksaan radiologi menjadi komponen tagihan terbesar sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut terhadap pemberian pemeriksaan radiologi pada pasien JKN di unit rawat jalan RSUI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auladi, S. (2022). Efektivitas Case Manager dalam Upaya Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pelayanan Kesehatan di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 2(1).

Kusumawardhani, O. B., & Ripha, R. W. (2020). Systematic Review: Kendali Mutu dan Biaya Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan. Prosiding University Research Colloquium, 149–164.

Lubis, A. M., Lestari, R., Saputra, R., Hasanudin, M., & Kusmanto, E. (2022). Studi Arus Sejajar Pantai dan Variasi Arus Laut Terhadap Kedalaman di Daerah Perairan Pantai Pasar Palik, Bengkulu Utara. Jurnal Kelautan Nasional, 17(1), 27–36.

Lubis, Y. H., Maretta, B., Lubis, R. M., & Gurning, F. P. (2022). Model Prediksi: Perbedaan Iuran Dan Strata Sosial Yang Berisiko Bagi Pengguna Bpjs Kesehatan: Prediction Model: Differences In Contributions And Social Strata Risk For Bpjs Kesehatan Users. Quality: Jurnal Kesehatan, 16(2), 125–134.

Pertiwi, A. (2017). Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien bpjs dan pasien umum terhadap kepuasan pasien di rawat jalan rsud kota surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 113–121.

Pratama, Y. D., & Farina, T. (2021). Perlindungan hukum terhadap pasien BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 2(2), 191–199.

Presiden, R. I. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 111 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor: 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan-[PERATURAN].

Purba, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengklaiman BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 5(2), 166–180.

Solehuddin, S. (2023). Urgensi Kriminalisasi Perbuatan Kecurangan (Fraud) dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan di Indonesia. INTERDISCIPLINARY JOURNAL ON LAW, SOCIAL SCIENCES AND HUMANITIES, 4(1), 55–75.

Sosial, B. P. J. (2014). Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim Direktorat Pelayanan. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Published
2022-10-20