Analisis Rancangan Strategi Marketing Rumah Sakit Dalam Upaya Meningkatkan Angka Kunjungan Pasien Tindakan Mata RS Mata Bandung Eye Center
Abstract
Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center (RS Mata BEC) mengalami penurunan Jumlah kunjungan pasien tindakan selama Januari hingga November 2022. Dalam hal ini diperlukan analisa situasi secara internal maupun eksternal berdasarkan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan peluang dan ancaman, serta kekuatan dan kelemahan yang ada untuk menyusun rencana pemasaran strategi dalam upaya peningkatan kunjungan pasien tindakan di RS Mata BEC. Metode yang digunakan dengan menggunakan analisis studi kasus dengan cara melakukan studi literatur, observasi serta wawancara terhadap kelompk tertentu. Dari hasil tersebut didapatkan data bahwa posisi RSM BEC berada pada kuandran 5, yaitu Penetration Market dan Produk Development. Dengan hasil analisa tersebut maka dapat dilakukan penyusunan dan penetapan strategi pemasaran secara tepat dengan melakukan bauran pemasaran (Marketing Mix)
Downloads
References
Badahura, I. (2013). Penyalahgunaan Kewenangan Pihak Rumah Sakit Terhadap Pasien di Tinjau Dari Sudut Hukum Kesehatan. LEX ET SOCIETATIS, 1(4).
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 218–299.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & AD, Y. S. M. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.
Hafizd, J. Z. (2020). Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 138–148.
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.
Mukmin, B. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 97–112.
Nurpeni, E. F. (2015). Rencana Pemasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(2).
Purnomo, B., & Purnomo, B. R. (2017). Pengembangan Produk dan Inovasi Produk pada Teh Hijau Cap Pohon Kurma (Studi pada PT Panguji Luhur Utama). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 6(2), 27–35.
Putra, P. A., & Suryanata, I. (2021). Sinergi Halodoc dalam mutu pelayanan rumah sakit di masa pandemi COVID-19. E-Jurnal Ekon. Dan Bisnis Univ. Udayana, 10(04), 211–222.
Putri, I. M. (2021). Strategi Pemasaran Baitul Maal Wa Tamwil Insan Mandiri dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pembiayaan Musyarakah. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 182–202.
Ridwan, B. M., Ritonga, R. A., & Megayanti, A. (2022). Perencanaan Arsitektur Enterprise Pada Penyempurnaan Aplikasi Sitmapas Rumah Sakit Krakatau Medika. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 5(1), 90–102.
Sari, A. P., & Retnani, E. D. (2015). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(11).
Tobing, A. M. P. L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Customer Loyalty Pasien di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung dengan Metode Structural Equations Model. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).
Triyo, E., Haryono, H., & Irwantoro, I. (2020). Strategi Inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Meningkatkan Potensi dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa (Studi pada BUMDes Mandiri, Desa Morobakung, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik). CAKRAWALA, 14(2), 172–182.
Wati, W. (2015). Analisis Fisika Terbentuknya Bayangan Pada Mata. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA’AL-BIRUNI’, 4(2), 285–297.
Copyright (c) 2022 Mahavira Annisa S, Pujiyanto Pujiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.