Analisis Kebutuhan Ruang Terbuka Publik Pada Pulau Kemaro Sebagai Destinasi Wisata Air Baru di Palembang

  • Ajeng Sekarningrum Program Studi Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Mona Foralisa Toyfur Program Studi Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Tutur Lussetyowaty Program Studi Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
Keywords: Ruang Terbuka, Ruang Publik, Pulau Kemaro

Abstract

Aktivitas pemanfaatan yang beragam di Pulau Kemaro belum diikuti dengan fasilitas penunjang memadai seperti jumlah toilet yang sedikit, kurangnya penyediaan bangku-bangku taman, pedestrian kurang terawat, penerangan tidak memadai pada malam hari, kurangnya tanda/petunjuk antara tempat wisata yang lainnya di Pulau Kemaro dan beberapa pedagang kaki lima yang belum teratur. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas ruang terbuka publik pada Pulau Kemaro menurut penilaian pengunjung terhadap kriteria dasar pembentuk ruang publik yakni aspek kebutuhan (needs), aspek hak (rights) dan aspek makna (meaning). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa variabel ruang terbuka publik yang baik terdapat pada kualitas vegetasi dan kualitas pedestrian antar tempat wisata. Untuk variabel ruang terbuka publik yang berkualitas cukup adalah kebersihan kawasan, keamanan kawasan, aksesbilitas menuju kawasan, banyaknya pedagang yang berjualan, jumlah lampu penerangan, tersedia dan berkualitasnya tempat ibadah (Musolah), jumlah dan kualitas dermaga, kebebasan menggunakan fasilitas di Pulau Kemaro, landmark serta akses masuk dan keluar kawasan. Variabel ruang terbuka publik yang berkualitas buruk antara lain ketersediaan tempat duduk, ketersediaan tempat sampah, kualitas toilet, tidak adanya fasilitas olahraga, kualitas pedestrian, kualitas lapangan dan plaza yang, tidak tersedianya pusat informasi wisata, tidak jelasnya batas area antara wisata satu dan lainnya serta tidak terdapatnya petunjuk arah tempat wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rizqi Maza, Rizqi. (2013). Penelitian Wisata Pulau Kemaro Palembang.

Akbar, Bimo, Halim, Bobby, & Mubarat, Husni. (2022). Designing the Brand Identity of Sekanak Tourism Destinations Lambidaro Palembang. Indonesian Journal of Art and Design Studies, 1(2), 51–67.

Amalia, Fuji, FA, Widya Fransiska, & Komariah, Sri Lilianti. (2021). Karakteristik Pengguna Ruang Terbuka Publik Pada Taman Kota Di Palembang. In NALARs (Vol. 20). https://doi.org/10.24853/nalars.20.2.73-82

Apriyanti, Rehulina. (2014). Pengembangan Kawasan Wisata Air Di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Desain Konstruksi, 13 No.2, 12–21.

Koren, David, & Rus, Katarina. (2019). The potential of open space for enhancing urban seismic resilience: A literature review. Sustainability (Switzerland), 11(21). https://doi.org/10.3390/su11215942

Murti, Wilis Wisnu, & Sunarti, Titin. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Nurdin, Jumiati, Izziah, Izziah, & Aulia, Teuku Budi. (2020). Kualitas Ruang Terbuka Publik Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, 3(2), 108–117. https://doi.org/10.24815/jarsp.v3i2.16561

Porajouw, Eva Fransina, Poluan, R. J., & Mastutie, Faizah. (2017). Efektivitas Ruang Terbuka Publik Di Kota Tomohon. In Spasial (Vol. 4).

Pratama, Arief Rahman, Pratama, Dendi, & Muntazori, Ahmad Faiz. (2022). Desain Elemen Branding dan Implementasi Digital Marketing sebagai Penguatan Daya Tarik Wisata Unggulan Pulau Kemaro Palembang. Jurnal Desain, 9(3), 305–325.

Rahadi, Fitra Anindya. (2003). Jalur Pedestrian Di Kawasan Perdagangan Dan Jasa Ditinjau Dart Aksesbilitas Dan Kenyamanan Pengguna Kasus Pejalan Kaki Di Jalan Sudirman Kota Salatiga.

Ridha, Nikmatur. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62–70.

Salshabila, Andi Sofie Febrina, & Sukmawati, Annisa Mu’awanah. (2021). Kelayakan Ruang Terbuka Hijau Publik Berdasarkan Karakteristik Fisik Ruang (Studi di Taman Kota Gajahwong, Kota Yogyakarta). Ruang, 7(2), 74–86.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-09-05