Analisis Perencanaan Kebutuhan Obat Rawat Jalan Pasien JKN Terhadap Nilai Persediaan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X

  • Nadia Alwainy Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Perencanaan obat, Metode konsumsi, Analisis ABC nilai pakai, Analisis ABC Investasi, Efisiensi Biaya

Abstract

Perencanaan farmasi adalah kegiatan dimana kuantitas dan waktu pengadaan produk farmasi ditentukan berdasarkan hasil kegiatan seleksi untuk memastikan terpenuhinya kriteria jenis, jumlah, waktu dan efisiensi yang tepat. Perencanaan kurang baik mengakibatkan terjadinya kekosongan persediaan yang berdampak pada hutang obat pasien rawat jalan sebagaimana terjadi di RS X pada Trimester I tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan kebutuhan obat di instalasi farmasi rumah sakit X (IFRS), menghasilkan bukti komparasi efisiensi dan memberikan usulan perbaikan pemecahan masalah tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menyusun model perencanaan persediaan farmasi dengan menggunakan metode konsumsi yang dikombinasikan dengan analisis ABC (Pareto). Dari perhitungan rencana kebutuhan obat didapatkan total biaya yang dikeluarkan RS X pada trimester 1 (48,06%) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil perencanaan dengan metode konsumsi. Hasil analisis ABC juga menunjukan komposisi kelompok A 35 item dengan volume order 277.194 (82,44 %), kelompok B 28 item dengan volume order 43.316 (12,88%) dan kelompok C 77 item dengan volume order 15.719 (4,68 %). Hasil penerapan metode konsumsi dan analisis ABC dalam perencanaan dapat mengoptimalkan pengendalian persediaan obat, mengurangi biaya, dan mencegah kekosongan persediaan sehingga disarankan agar model ini diaplikasikan di IFRS X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianti, H. F., & Azwir, H. H. (2017). Pengendalian Persediaan dan Penjadwalan Pasokan Bahan Baku Import Dengan Metode Abc Analysis di PT Unilever Indonesia, Cikarang, Jawa Barat. Jurnal Iptek, 21(2), 77–90.

Hartayu, T. S., Wijoyo, Y., & Manik, D. G. (2020). Manajemen dan Pelayanan Kefarmasian di Apotek: Dengan Metode Problem-Based Learning Dalam Kerangka Paradigma Pedagogi Reflektif. Sanata Dharma University Press.

Juhana, A. A. (2023). The Faktor-Faktor Terjadinya Follow Up (FU) Pengiriman Obat Dari Pedagang Besar Farmasi (PBF) Di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya: diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir program" sarjana". Jenggala: Jurnal Riset Pengembangan Dan Pelayanan Kesehatan, 2(01).

Laukati, Y., Mutiara, R., & Erni, N. (2022). Model Perencanaan dan Pengadaan Obat dengan Metode ABC Indeks Kritis (Studi Kasus Di Rumah Sakit Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta). Jurnal Health Sains, 3(3), 504–515.

Made, N., Saraswati, A., & Wirasuta, I. M. A. G. (2021). Strategi Perencanaan Pengadaan Sediaan Farmasi pada Beberapa Apotek di Kabupaten Gianyar. Indonesian Journal of Legal and Forensic Sciences, 11(1), 412938.

Nadhifa, A., Zakaria, M., & Irwansyah, D. (2022). Analisis Metode Abc (Always, Better, Control) dan Eoq (Economic Order Quantity) Dalam Pengendalian Persediaan Obat Pada Klinik Vinca Rosea. Industrial Engineering Journal, 11(2).

Notoatmodjo, S. (2019). Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Paputungan, R. A., RARES, J., & Palar, N. (2020). Evaluasi Logistik Alat Kesehatan di Puskesmas UPTD Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 6(95).

Pebrianti, P. (2015). Manajemen Logistik Pada Gudang Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabelota Kabupaten Donggala. Katalogis, 3(7).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (2 Ctk 3). CV Alfabeta.

Tie, A., Panjaitan, F., & Manullang, R. R. (2019). Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Obat BPJS Fast Moving Berdasarkan Metode Konsumsi Dikombinasikan Dengan Analisis Abc dan Reorder Point (Studi Kasus Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 6(2), 1–8.

Umar, A. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek X Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1), 22–27.

Warisno, A. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5073–5080.

Yanti, D. M. M., & krisselni Sitompul, M. (2021). Penerepan Keputusan Menteri Kesehatan RI NO HK. 01.07. MENKES/247/2020 di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun Oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun. JURNAL MARITIM, 2(2), 98–106.

Yoenus, M. (2012). Evaluasi Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan Tahun 2010). Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta.
Published
2022-10-20