Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Tema 4 Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD Islam Kemuliaan

  • Hana Fauziah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Purnama Syae Purrohman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Pengembangan, LKPD, Kontekstual, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis kontekstual Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang secara kontekstual dari pelajaran mengenai Tema 4 Berbagai Pekerjaan. LKPD ini dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan atau dalam Bahasa Inggris Design Based Research (DBR) yang dikembangkan oleh Reeves melalui 4 tahap yaitu: 1) Tahap penemuan dan analisis masalah, 2) Tahap perencanaan solusi, 3) Tahap fase atau siklus berulang, 4) Tahap Refleksi. Produk akhir dari pengembangan ini adalah LKPD berbasis kontekstual Tema 4 Berbagai Pekerjaan kelas IV. Penelitian ini mencakup pengembangan produk dan hasil akhirnya yang diujicobakan pada siswa kelas IV SD Islam Kemuliaan dengan jumlah sebanyak 26 responden melalui pengumpulan data dilakukan dengan angket. Data dari hasil penelitian didapat dari proses validasi oleh ahli media LKPD, validasi oleh ahli materi, responden penilaian guru, serta responden peserta didik. Hasil penelitian di analisis dengan skala likert menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penilaian hasil validasi dan responden peserta didik dengan perolehan yaitu: (1) validasi media LKPD 98,6%, (2) validasi materi 97,1%, (3) responden penilaian guru sebesar 96% dan responden peserta didik dengan hasil rata-rata presentase sebesar 97%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis kontekstual Tema 4 Berbagai Pekerjaan memenuhi kriteria sangat layak digunakan siswa sekolah dasar dalam proses pembelajaran dan dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mustadi, dkk. 2020. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=WZsPEAAAQBAJ.

Aminah, Aminah, Hairida Hairida, and Agung Hartoyo. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8349–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791.

Barab, Sasha, and Kurt Squire. 2004. “Design-Based Research: Putting a Stake in the Ground.” The journal of the learning sciences, 13 (1): 1–14.

Cecep, H, A Widyastuti, H Subakti, F A Hasibuan, H Sartika, D P Y Ardiana, A Avicenna, et al. 2021. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=%5C_wlIEAAAQBAJ.

Maulana Arafat Lubis, M P. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=bBwREAAAQBAJ.

Mawarsari, V D, and D D Sulistyaningsih. 2017. “Desain Bahan Ajar Program Linear Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Linever.” PRISMA, Prosiding …, 434–41.

Purrohman, Purnama Syae & widayanti. 2021. “Pengaruh Media Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V.” Jurnal Educatio 7 (3): 810–17. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1253.

Rahman, Imam Nur, Sholeh Hidayat, and Lukman Nulhakim. 2020. “Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (2): 99–110.

Santoso, Erik. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 3 (1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.

Sugiyanto, Yanto, M. Haris Effendi Hasibuan, and Evita Anggereni. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur.” Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 7 (1): 23–33. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v7i1.7279.

Taufiq, Agus. 2014. “Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Pendidikan Anak Di SD 1 (1): 1–37. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf.

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang, and Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini. 2022. “Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual Pada Muatan Pelajaran IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 5 (1): 147–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530.
Published
2022-10-20