Pengembangan Media Pembelajaran Borama (Box Rantai Makanan) Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas 5 di SDN Duren Jaya I

  • Annisa Nurusyahidah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Zulfadewina Zulfadewina kultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: media pembelajaran, borama (box rantai makanan), rantai makanan, ekosistem

Abstract

Suksesnya pembelajaran salah satu kuncinya adalah mudahnya peserta didik dalam memahami pelajaran. Untuk mendukung hal ini tentunya memerlukan perangkat pembelajaran yang menarik seperti media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berupa BORAMA (Box Rantai Makanan) yang dapat digunakan sebagai pilihan media pembelajaran yang variatif pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dengan adanya media pembelajaran BORAMA (Box Rantai Makanan) ini membuat peserta didik dapat lebih aktif dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model 4D (Four-D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan ini terdiri dari Pendefinisian (Define), Tahap Perencanaan (Design), Tahap Pengembangan (Develop), dan Tahap Uji Coba (Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert untuk respon. Hasil validasi ahli materi berdasarkan hasil persentase dari aspek materi, kebahasaan, dan aspek pembelajaran diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,5% dengan kriteria “Sangat Validâ€. Validasi ahli media berdasarkan persentase aspek karakteristik dan penyajian menunjukkan bahwa rata-rata persentase sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Validâ€. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai persentase rata-rata validasi ahli media sudah “Sangat Layakâ€. Respon yang diberikan oleh pendidik mendapatkan rata-rata persentase 100% yang dinyatakan “sangat baik†dan respon dari peserta didik mendapatkan rata-rata persentase sebesar 90,4% yang termasuk “sangat baikâ€. Dapat disimpulkan bahwa media BORAMA (Box Rantai Makanan) berbasis kontekstual sangat layak digunakan pada proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardila, T., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Struktur Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SDN 1 Kesik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 260–271. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1174

Azizah, N., Putri, D. P., & Setiyani, S. (2020). Pengembangan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan tumbuhan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 99–110. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3564.Diajukan

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 126–150. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p126

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20

Nugroho, A. W., & Ma’arif, S. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6686–6694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326

Rahman, Nur, I., & Nulhakim, S. H. L. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 7, 2, 99–110.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology The definition and domains of the field. AECT.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Cet. 6). Alfabeta.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ed.1, Cet.). Bumi Aksara.

Umam, N. K., & Laily, F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat Sederhana Untuk Kelas I Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 1–15. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2673/1756

Wati, S. (2019). Keefektifan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Smp. Bindo Sastra 3, 1. https://doi.org/55–62 3 (1): 55–62
Published
2022-10-20