Hubungan Harga Diri (Self-Esteem) dan Regulasi Diri (Self-Regulation) dengan Presentasi Diri (Self-Presentation) Pada Remaja Akhir Dalam Mengunggah Foto dan Video di Media Sosial

  • Made Ayu Krisna Putri Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya
  • IGAA Noviekayatie Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, Surabaya
  • Dyan Evita Santi Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, Surabaya
Keywords: Harga Diri, Regulasi Diri, Presentasi Diri, Media Sosial

Abstract

Melalui media sosial, siapapun dapat mempresentasikan dirinya sebagai sosok seperti apapun, tidak terkecuali para remaja akhir yang juga merupakan pengguna media sosial terbesar. Sangat disayangkan apabila seseorang mempresentasikan dirinya dengan cara yang tidak baik, yang dapat merugikan orang lain atau dapat menjadi contoh yang tidak baik yang bisa diikuti oleh anak-anak yang belum memahami mengenai berbagi  informasi di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara harga diri dan regulasi diri dengan presentasi diri pada remaja akhir dalam mengunggah foto dan video di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian regresi berganda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu harga diri dan regulasi diri. Subjek pada penelitian ini berjumlah 82 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara harga diri dan regulasi diri dengan presentasi diri pada remaja akhir dalam mengunggah foto dan video di media sosial. Dari analisis diperoleh hasil nilai F = 2.064 (Fhitung sebesar 2.064 < Ftabel 3.111) dengan taraf signifikansinya p = 0.134 (p>0.001). Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa Sumbangan Efektif (SE) variabel harga diri terhadap variabel presentasi diri adalah sebesar 4,5%, begitu juga dengan Sumbangan Efektif (SE) variabel regulasi diri terhadap variabel presentasi diri adalah sebesar 4,5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel harga diri dan regulasi diri memiliki hubungan yang sama dengan variabel presentasi diri, dan tidak ada variabel yang lebih dominan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, A.A.A.M. (2014). Self-Presentation Strategies among Users of Social Networking Sites. International Journal of Interactive Communication Systems and Technologies, 4(2), 64-78.

Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP (Divisi Kencana).

Baumeister, R. F. (1982). A Self-Presentation View of Social Phenomena. Psychological Bulletin, 9(1), 3 – 26.

Baumeister, R. F., & Hutton, D. G. (1987). Self-presentation theory: Self-construction and audience pleasing.

Baumeister, R. F., Tice, D. M., & Hutton, D. G. (1989). Self-Presentational Motivations and Personality Differences in Self-Esteem. Journal of Personality, 53(3), 547 – 579.

Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2005). Self-Regulating and Self-Presentation: Regulatory Resource Depletion Impairs Impression Management and Effortful Self-Presentation Depletes Regulatory Resources. Journal of Personality and Social Psychology, 88(4), 632 – 657.

Birra, F.A. 2019. 171 Juta Penduduk Indonesia Terhubung Internet.

Bolino, M. C., Kacmar, M. K., Turnley, W. H., & Gilstrap, B. J. (2008). A multi-level review of impression management motives and behaviors. Journal of Management, 34(6), 1080-1190.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2017). Teori – Teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Holey, R. H. (2010). Handbook of Personality and Self-Regulation (The Costly Pursuit of Self-Esteem). Blackwell Publishing Ltd. DOI: 10.1002/9781444318111.ch18

Huang, HY. (2014). Self-Presentation Tactis in Social Media. International Conference on Social Science.

Human, L. J., Biesanz, J. C., Parisotto, K. L., & Dunn, E. W. (2012). Your Best Self Helps Reveal Your True Self: Positive Self-Presentation Leads to More Accurate Personality Impressions. Social Psychological and Personality Science, 3 (1), 23-30.

Khalek, A. M. A. (2016). Introduction to The Psychology of Self-Esteem. New York: Nova Science Publisher, Inc. ISBN: 978-1-53610-294-9.

Mažeikienė, A., Peleckienė, V., & Peleckis, K. (2010). The Main Factors Determining The Choice of Self-Presentation Strategies in Negotiations and Business Meetings. Business: Theory and Practice, 11(4), 353 – 361. DOI: 10.3846/btp.2010.38

Mulawarman., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25 (1), 36-44.

Neff, K. D. (2011). Self-compasion, Self-esteem, and Well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5, 1-12.

Skogen, J. C., Hjetland, G. J., øe, T., Hella, R. T., & Knudsen, A. K. (2021). Through the Looking Glass of Social Media. Focus on Self-Presentation and Association with Mental Health and Quality of Life. A Cross-Sectional Survey-Based Study. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Suhron, M. Asuhan Keperawatan Jiwa Konsep Self Esteem. Jakarta: Mitra Wacana Media

Vohs, K. D., Baumeister, R. F., & Ciarocco, N. J. (2005). Self-regulation and Self-presentation: Regulatory Resource Depletion Impairs Impression Management and Effortful Self-presentation Depletes Regulatory Resources. Journal of Personality and Social Psychology, 88(4), 632 – 657.

Yang, C., & Brown, B. B. (2016). Online Self-Presentation on Facebook and Self Development During the College Transition. J Youth Adolescence, 45, 402-416. DOI: 10.1007/s10964-015-0385-y.

Yang, C., Holden, S. M., & Carterm M. D. K. (2017). Emerging adults’ social media self-presentation and identity development at college transition: Mindfulness as a moderator. Journal of Applied Developmental Psychology, 52, 212 - 221.
Published
2022-10-20