Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Kunjungan Pasien ke Rumah Sakit: Narrative Review
Abstract
Penurunan jumlah kunjungan pasien menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh manajemen rumah sakit. Dalam konteks persaingan yang ketat di Indonesia, rumah sakit harus merancang strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian target pasar. Salah satu langkah yang diambil oleh manajemen rumah sakit adalah mengembangkan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan kunjungan pasien. Mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan kunjungan pasien ke rumah sakit. Studi ini menggunakan metode narrative review melalui sumber basis data Google Schoolar. Pencarian literatur dari sumber basis data Google Scholar menggunakan kata kunci “marketing mix†DAN “Kunjungan Pasien†DAN “Rumah Sakitâ€. Identifikasi awal ditemukan 221 artikel di Google Scholar. Kemudian dilakukan skrining terkait relevansinya, setelah melalui proses skrining full didapatkan 6 artikel yang sesuai. Dari 6 artikel kemudian dibahas secara mendalam. Kesimpulan dari enam artikel yang direview adalah bahwa marketing mix memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kunjungan pasien ke rumah sakit. Artikel-artikel tersebut menunjukkan bahwa produk (product) dan lokasi (place) merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan di rumah sakit. Faktor-faktor pemasaran lainnya seperti harga (price), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) memiliki pengaruh yang kurang signifikan dalam pengambilan keputusan pasien. Disarankan bagi rumah sakit untuk meningkatkan strategi pemasaran yang meliputi peningkatan kualitas produk dan pelayanan, memperhatikan lokasi yang strategis, meninjau kembali kebijakan harga, meningkatkan promosi terkait layanan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan oleh staf medis dan non-medis, meningkatkan efisiensi proses pendaftaran dan pengaturan antrian, serta memperbaiki bukti fisik yang mencerminkan kualitas pelayanan rumah sakit.
Downloads
References
Devy Nurbayty, Ramlan, & Usman. (2022). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah ST. Khadijah Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 5(1), 511–520. https://doi.org/10.31850/makes.v5i1.750
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Pearson.
Shah, D., & Mahajan, V. (2017). Effective healthcare marketing: A comprehensive guide for medical professionals. Springer.
Ho, T. H., & Chiang, R. H. (2015). The impact of online reviews on the choice of healthcare professionals: A case study of Yelp. Marketing Science, 34(4), 519-537.
Laroche, M., Kim, C., & Zhou, L. (2018). Branding in hospital services: A literature review and research agenda. Journal of Brand Management, 25(2), 99-115.
Sukati, I., Naidu, G., & Thogersen, J. (2018). The influence of healthcare service quality on patient satisfaction and loyalty in Malaysia. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(5), 1132-1152.
Andaleeb, S. S. (2016). Service quality perceptions and patient satisfaction: A study of hospitals in a developing country. Social Science & Medicine, 148, 70-79.
Panigrahi, R., & Gupta, H. (2019). A study on marketing strategies of hospitals in India. Journal of Health Management, 21(3), 367-380.
Kemperman, A. D. A. M., & van den Berg, J. P. (2016). Hospital choice model of patient preferences for attributes of health care services. Social Science & Medicine, 167, 1-8.
Lazarus, I. R., & Cohen, G. (2017). Healthcare marketing strategies in an era of constrained resources: A little creativity can go a long way. Health Marketing Quarterly, 34(3), 219-227.
Nisa, I., & Mudayana, A. A. (n.d.). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Oh, H. (Ed.). (2008). Handbook of hospitality marketing management. Butterworth-Heinemann.
Yan, R. N., & Sun, H. (2016). Hospital marketing: A content analysis of social media in China. International Journal of Medical Informatics, 94, 191-200.
Papanastassiou, M., & Pearce, R. (2019). The role of social media in healthcare service quality and patient satisfaction enhancement. Health Marketing Quarterly, 36(4), 344-358.
Tri Handayani, T. W., Hartono, B., Abidin, Z., Ennimay, E., & Efendi, A. S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Pengalaman Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Permata Hati Kecamatan Mandau Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2312. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2955
Tucker, R. (2016). Developing a comprehensive marketing mix for public hospitals. Marketing Intelligence & Planning, 34(4), 446-460.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2016). Essentials of services marketing. Pearson.
Verhoef, P. C., Lemon, K. N., Parasuraman, A., Roggeveen, A., Tsiros, M., & Schlesinger, L. A. (2009). Customer experience creation: Determinants, dynamics and management strategies. Journal of Retailing, 85(1), 31-41.
Liu, Y., & Li, H. (2017). Service quality, satisfaction, stickiness, and usage intentions: An exploratory evaluation in the context of WeChat services. Computers in Human Behavior, 68, 403-410.
Copyright (c) 2022 Selvie Fitria Pinandita, Wachyu Sulistiadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.