Analisis Faktor-Faktor Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon
Abstract
Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Kepegawaian Dinas Pendidikan kabupaten Cirebon dianggap masih belum optimal. Rendahnya tingkat kinerja pegawai ditunjukan menyebabkan baban kerja menjadi terbagi tidak rata dan tidak sesuai pada tupoksi, dan kurangnya bentuk penghargaan baik dalam bentuk uang atau non uang bagi pegawai yang memiliki prestasi kerja. Diantara beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengembangkan diri karyawan adalah peningkatan kemampuan kerja, motivasi diri dan pengembangan kecerdasan emosional. Tentunya hal tersebut harus didasari atas kesadaran dan daya dukung dari organisasi. Kontribusi yang diberikan oleh pengaruh faktor motivasi dengan Kinerja Pegawai dapat juga kita lihat dari hasil Nilai thitung variabel Faktor motivasi (X2) sebesar 4,871 ≥ t_tabel (0,68137) dengan tingkat signifikansi α=5%. Sedangkan Kontribusi yang diberikan oleh pengaruh Faktor Kemampuan, terhadap Kinerja Pegawai dapat dilihat dari hasil Nilai thitung variabel Faktor Kemampuan (X1) sebesar 4,311 dengan tingkat signifikansi α=5%. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Faktor Kemampuan (X1) dengan Kinerja Pegawai(Y). Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan berarti Ha diterima. Kemudian ketahui bahwa uji F kedua variabel bebas sebesar 161,491atau ada hubungan karena tingkat Sig sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 (p<0.05) yang berarti variabel Faktor Kemampuan dan Faktor motivasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Kinerja, Pegawai, Kemampuan, Pengaruh, Penghargaan.