Strategi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepulauan Mentawai Untuk Mendorong Minat Masyarakat Mengurus Izin Mendirikan Bangunan

  • Sahad Pardamaian Prodi Magister Administrasi Publik, Universitas Terbuka
  • Khairul Khairul Prodi Administrasi Publik, STISIP Imam Bonjol
  • Hurip Pratomo Prodi Magister Administrasi Publik, Universitas Terbuka
Keywords: Strategi, Izin Mendirikan Bangunan, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk   menjelaskan strategi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepulauan Mentawai dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus IMB. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitattif. Pengumpulan data melalui wawancara dari informan sebanyak 22 orang informan dari unsur pemerintah dan masyarakat. Triangulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat masih memiliki pengetahuan yang rendah tentang manfaat izin mendirikan bangunan sehingga strategi pemda adalah dengan insentif, disinssentif dan penegakan perda memalui pemasangan spanduk dan baliho di sepanjang jalan koridor. Strategi dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus IMB adalah dengan banyak melakukan sosialisasi sampai ketingkat kecamatan, serta menempatkan kantor-kantor pembantu pelayanan di kecamatan. Strategi berikutnya adalah dengan peningkatan kualitas pelayanan pemberian IMB dengan pelatihan kepada petugas secara periodik. Penelitian ini merekomendasikan perlu mengevaluasi sistem penegakan IMB, memperhatikan pemahaman undang-undang sebagai dasar penerapan IMB dan mendorong kesadaran masyarakat dalam mengurus IMB serta perlunya perluasan layanan sebagai dampak geografis Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S. (2023). Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Dalam Rangka Mewujudkan Penertiban Pembangunan Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik [JIMSIPOL], 3(1), 1–13. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15340
Chaffee, E. E. (1985). Three Models of Strategy. The Academy of Management Review, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.2307/258215
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (FOURTH EDI). SAGE Publications, Inc.
Efridawati, & Nasution, M. A. (2013). Studi Kebijakan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 27–37.
Huyler, D., & McGill, C. M. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, by John Creswell and J. David Creswell. Thousand Oaks, CA: Sage Publication, Inc. 275 pages, $67.00 (Paperback). New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 31(3), 75–77. https://doi.org/10.1002/nha3.20258
Kaseger, E., Akbar, H., Amir, H., Astuti, W., & Ningsih, S. R. (2021). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Rawat Jalan Di Wilayah Kerja Puskesmas X. Jurnal Aplikasi Fakultas Teknik, 3(1), 23–34.
Kharisma, D., & Yuniningsih, T. (2017). Efektivitas Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 11. https://www.mendeley.com/catalogue/6e6d9758-be99-3ac2-8623-771f2eb618ac/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.5&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bda453a5c-1ed9-4b0d-be83-7ee91d218a98%7D
Kumara, I. N. I., Jaya, N. M., & Adnyana, I. B. P. (2022). Upaya Dan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan Di Kabupaten Badung. Jurnal Spektran, 10(2), 127. https://doi.org/10.24843/spektran.2022.v10.i02.p09
Mintzberg, H. (1987). The strategy concept I. California Management Review; Fall, 30(1), 11. http://courses.ce.metu.edu.tr/ce726/wp-content/uploads/sites/62/2016/10/Mintzberg-5Ps-for-Strategy.pdf
Moustakas, C. (1994). Phenomenological research methods. https://doi.org/10.4135/9781412995658
Mustafa, D. U. (2015). Tanggung Jawab dan Responsivitas Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik di Kota Makassar (Studi Kasus Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar).
Refandy, R., Subarkah, S., & Suparnyo, S. (2019). Kebijakan Peningkatan Pemungutan Ijin Mendirikan Bangunan (Imb) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Kudus. Jurnal Suara Keadilan, 19(2). https://doi.org/10.24176/sk.v19i2.3232
Sadewa, H., & Astuti, P. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 7(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/20241
Situmorang, H. (2020). Persepsi Perawat Tentang Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pelayanan Kesehatan Neonatal di Pedalaman Papua. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 3, 120–126. https://doi.org/10.47539/jktp.v3i1.96
Tue, N. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 36 Tahun 2011 Tentang Izin Mendirikan Bangunan Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo. Al-Buhuts, 15, 65–83. https://doi.org/10.30603/ab.v15i2.1105
Published
2022-09-20