Pandangan Teologi Harun Nasution

  • Mir’atun Nisa’ Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesi
Keywords: Takdir, Teologi, Harun Nasution

Abstract

Pemahaman terhadap konsep takdir memunculkan berbagai andangan antara lain teologi Jabariyah dan Qadariyah. Kedua pandangan ini tidak hanya berhenti dalam pemikiran saja tetapi memiliki pengaruh terhadap daya produktivitas. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pandangan teologi Harun Nasution sebagai tokoh modern dan pembaharu dalam buku Islam Rasional dan mendeskripsikan pembaharuan yang digagas oleh Harun Nasution. Metode penulisan adalah deskriptif analisis. Hasil dari analisis bahwa pandangan teologi Harun Nasution adalah teologi rasional dan ilmiah dimana akal menempati porsi yang banyak dalam perbuatan manusia. Manusia berdasarkan akalnya, dapat menentukan perbuatannya. Tetapi tidak berarti terlepas dari wahyu. Akal terhdap wahyu memiliki hubungan konfirmatif. Pandangan beliau dipengaruhi oleh pandangan Mu’tazilah dan Muhammad Abduh. Sehingga, beliau menawarkan –khususnya untuk Indonesia- adalah perubahan paradigma dari Tradisionalis menuju Rasionalis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Madjid,Nurcholis, “Abduhisme Pak Harun” dalam Lembaga Studi Agama dan Filsafat, Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam; 70 Tahun Harun Nasution, t.tp: CV. Guna Aksara, 1989

Mutahhari,Murtadha, Masyarakat dan Sejarah: Kritik Islam atas Marxisme dan Teori Lainnya, terj. M. Hashem, Bandung: Mizan, 1986.

Nasution, Harun, Muhammad Abduh dan Taeologi Rasional Mu’tazilah, Jakarta: Penerbit UI-Press, 1987.

Harun. (1991), Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1991

Harun. (1986), Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI-Press, 1986.

Harun. (1996, Islam Rasional;Gagasan dan Pemikiran, Bandung: Mizan, 1996.

Nurisman, Pemikiran Filsafat Islam Harun Nasution;Pengembangan Pemikiran Islam di Indonesia, Yogyakarta: Teras, 2012.

Steenbrink,Karel A, “Perkembangan Pemikiran Teologi Harun Nasution” dalam Teologi Islam Rasional; Apresiasi Terhadap Wacana dan Praksis harun Nasution, Abdul Halim (Ed), Jakarta: Ciputat Pers, 2011.

Abdus Syakur, “Polemik Harun Nasution-H.M.Rasjidi dalam Falsafat dan Teologi”, Ilmu Ushuluddin¸Vol 2 No 4, Juli 2015.
Published
2022-09-20