Citra Sederhana RS Simpangan Depok Terkait Preferensi Pasien Dalam Memilih Rumah Sakit

  • Retno Arimby Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Wiku Bakti Bawono Adisasmito Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: citra sederhana, rumah sakit, preferensi pasien

Abstract

Peningkatan jumlah rumah sakit di wilayah Depok tentu berdampak pada kompetisi rumah sakit sebagai penyedia jasa layanan kesehatan. Banyak faktor yang dapat berkontribusi terhadap pilihan pasien terhadap rumah sakit, kebutuhan dan preferensi pasien terhadap rumah sakit yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudut pandang tentang alasan pasien memilih rumah sakit dengan citra bangunan yang lebih sederhana, mempelajari preferensi pasien, dan menentukan faktor yang penting bagi mereka dalam memilih rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan instrumen utama berupa kuesioner dari data 30 responden di unit rawat jalan Rumah Sakit Simpangan Depok yang dikumpulkan pada bulan Juni 2023 dengan teknik simple random sampling. Kemudian dilakukan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor place merupakan pertimbangan utama terkait preferensi pasien dalam memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Simpangan Depok. Dilihat dari sisi lain yaitu latar belakang pendidikan dan asumsi terhadap pendapatan pasien di RS Simpangan Depok memiliki ekspektasi yang tidak terlalu tinggi terhadap sarana dan prasarana di rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Muninjaya. (2004). Manajemen kesehatan.Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC: 220-234.

Adams EK, Wright GE. Hospital choice of Medicare beneficiaries in a rural market: why not the closest? J Rural Health. 1991;7(2):134–52. doi: 10.1111/j.1475-6773.2004.00324.x.

Ali, M.T.R., 2017, Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Rumah, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6(9).

Andreassen, T.W. Lindestad, B. (1998). Customer Loyalty and Complex Services: The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Service Expertise. International Journal of Service Industry Management. 9(1):7–23

Blaung, Mark (1976). Economics of Education. Universitas Michigan, U.S: The Penguin Press Bjørngaard JH, Ruud T, Garratt A, Hatling T. Patients’ experiences and clinicians’ ratings of the quality of outpatient teams in psychiatric care units in Norway. Psychiatr Serv. 2007;58(8):1102–7. doi: 10.1176/ps.2007.58.8.1102.

Badan Pusat Statistik. (2019). Penggolongan Pendapatan Penduduk. BPS. Jakarta.

Cannon, Perreault dan McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Davis BA, Kiesel CK, McFarland J, Collard A, Coston K, Keeton A. Evaluating instruments for quality: testing convergent validity of the consumer emergency care satisfaction scale. J nurs care qual. 2005;20(4):364–8. doi: 10.1097/00001786-200510000-00013.

Giovanis, Apostolos N. 2014. Gaining customer loyalty in the e-tailing marketplace: the role of E-Service quality, e-satisfaction and e-trust. Int. J. Technology Marketing, Vol. 9, No. 3 pp 288 – 304.

Dwight-Johnson M, Lagomasino IT, Aisenberg E, Hay J. Using conjoint analysis to assess depression treatment preferences among low-income Latinos. Psychiatr Serv. 2004;55(8):934–6. doi: 10.1176/appi.ps.55.8.934.

Habtom GK, Ruys P. The choice of a health care provider in Eritrea. Health policy. 2007; 80(1):202–17. Doi: 10.1016/j.healthpol.2006.02.012.

Heningnurani, A. Y. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3).

Irfan F., Widarko, A., & Slamet A.R., 2017, Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan , Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Minimarket Alkhaibar), Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol. 6 (1).

Jacobalis. 2000. Kumpulan Tulisan Terpilih tentang Rumah Sakit di Indonesia dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi dan Krisis Nasional. Yayasan Penerbit IDI. Jakarta.

Jenkinson C, Burton JS, Cartwright J, Magee H, Hall I, Alcock C, et al. Patient attitudes to clinical trials: development of a questionnaire and results from asthma and cancer patients. Health Expect. 2005;8(3):244–52. doi: 10.1111/j.1369-7625.2005.00335.x.

Kafa, Rifqi. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit (Studi Pada Pasien Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotagede)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, (2013), Vol. VIII.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kusumo, M. P. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), 107-111.

Latifah.(2019).PengambilanKeputusanPasiendalamPilihanRumahSakitRujukan di RSUD Kota Subulussalam Tahun 2018. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/16564

Leawaty, & Sulistiadi, W. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dengan Loyalitas Pelanggan : Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 5.

Lee MA, Yom YH. A comparative study of patients’ and nurses’ perceptions of the quality of nursing services, satisfaction and intent to revisit the hospital: A questionnaire survey. Int J Nurs Stud. 2007;44(4):545–55. doi: 10.1016/j.ijnurstu.2006.03.006.

Luft HS, Garnick DW, Mark DH, Peltzman DJ, Phibbs CS, Lichtenberg E, et al. Does quality influence choice of hospital? JAMA. 1990;263(21):2899–906. doi: 10.1097/00006254-199010000-00015.

Lydia, L. P., & Endang, E. M. S. (2020). Pengaruh Lokasi, Citra Rumah Sakit, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Rsud Pasar Minggu. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(2), 64-73.

Merle V, Germain JM, Tavolacci MP, Brocard C, Chefson C, Cyvoct C, et al. Influence of infection control report cards on patients’ choice of hospital: pilot survey. J Hosp Infect. 2009;71(3):263–8. doi: 10.1016/j.jhin.2008.11.025.

Nisa, I. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Nurhayati (2014). Faktor Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Health Quality.4 (2). Hal 77-141.

Phibbs CS, Mark DH, Luft HS, Peltzman-Rennie DJ, Garnick DW, Lichtenberg E, et al. Choice of hospital for delivery: a comparison of high-risk and low-risk women. Health serv res. 1993;28(2):201.

Retnaningtyas, S. (2016). Pengaruh Motivasi, Kelompok Referen, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Rsu An-Nisaa’Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Rusmin, M., Bujawati, E., Nildawati, N., & Ashar, A. (2017). Analisis Hubungan Antara Brand Image (Citra Merek) Dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Makassar. Al-Sihah: The Public Health Science Journal.

Schulmeister L, Quiett K, Mayer K. Quality of life, quality of care, and patient satisfaction: perceptions of patients undergoing outpatient autologous stem cell transplantation. Oncol Nurs Forum. 2005;32(1):57–67. doi: 10.1188/05.ONF.57-67.

Sibbel R, Urban C. Agent-based modeling and simulation for hospital management. Cooperative agents. 2001:183–99. doi: 10.1007/978-94-017-1177-7_11.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1995). Metode penelitian survai (edisi Revisi). Jakarta: Lp3ES.

Tafdilla AS. Pengaruh persepsi pasien tentang bauran pemasaran terhadap keputusan pasien rawat jalan memilih layanan kesehatan di RSUD Majenang tahun 2015. 2016.

Torres EJ, Guo KL. Quality improvement techniques to improve patient satisfaction. Int J Health Care Qual Assur Inc Leadersh Health Serv. 2004;17(6):334–8. doi: 10.1108/09526860410557589.

Widajat, R. (2009). Being a Great and Sustainable Hospital : Beberapa Pitfall Manajemen yang Harus Diwaspadai. Jakarta : Gramedia : Pustaka Utama.

Yulinda, F.A., Saryadi, & Prabawani, B., 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif,dan Lokasi terhadap Keputusan Pasien Dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap Pada Rumah Sakit Permata Medika Semarang, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 5(4).

Yurumezoglu, K., & Oguz, A. (2007). How Close Student Teachers' Educational Philosophies and Their Scientific Thinking Processes in Science Education. Online Submission.

Zarei A, Arab M, Froushani AR, Rashidian A, Tabatabaei SMG. Service quality of private hospitals: The Iranian Patients’ perspective. BMC health serv res. 2012;12(1):31. doi: 10.1186/1472-6963-12-31.
Published
2022-10-20