Sistem Informasi Penjualan Sembako Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum

  • Rifky Syahreza Fahlevi Suwartono Fakultas Informatika, Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: SCRUM, Sistem Informasi, Web

Abstract

Dalam transaksi jual beli, data data penjualan tentu sangat berpengaruh terhadap strategi bisnis yang akan dilakukan oleh suatu individu, kelompok, atau organisasi, guna mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalankan sehingga memiliki daya saing di sektor nya, nota penjualan yang hilang tentu merupakan sebuah masalah yang sangat berpengaruh ketika dilakukan nya rekapitulasi untuk menentukan strategi usaha kedepannya, oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang baik untuk melakukan pencatatan, penyimpanan, dan pengolahan data informasi yang akurat sehingga dapat mempercepat proses rekapitulasi dan meminimalisir kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi penjualan sembako berbasis website menggunakan metode SCRUM. SCRUM dikenal sebagai kerangka kerja dalam pengembangan perangkat lunak yang menggunakan pendekatan metode agile, dimana kerangka kerja SCRUM dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode black box testing untuk melakukan pengujian terhadap sistem informasi yang akan dirancang, dimana akan dilakukan serangkaian uji coba tanpa memperhatikan struktur kode, sehingga dapat diharapkan memiliki masukan dan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basry, A., & Sari, E.M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ikraith-Informatika, 2(3), 53-60.

Hariyanto, D., Qomaruddin, M., & Sirait, T.Y. (2021). Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran Sekolah Seni Tari Balet Berbasis Website (Studi Kasus: On Point Balet School). Jupiter (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer), 13(2), 202-211.

Husin, N. (2020). Sistem Pemesanan Grosir Sembako berbasis Web pada Toko Indra Jakarta Timur. Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer, 4(1), 19-24.

Manihuruk, W.H., & Perdana, K. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sembako Berbasis Website Pada UD. Bintan Jaya. Jurnal Bangkit Indonesia, 9(1), 118-125.

Mukrodin. (2021). AGILE – SCRUM Method dalam Pengembangan Sistem Informasi Inventory Berbasis Website. Smart Comp, 10(2).

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mutawalli, L., Fathoni, B.K., & Asyari, H. (2020). Implementasi Scrum dalam Pengembangan Sistem Informasi Jasa Desain Grafis. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 3(2), 116-122.

Ningrum, S.K. (2020). Implementasi Scrum pada Manajemen Proyek Pengembangan Perangkat Lunak Pemesan Undangan (Studi Kasus: Paperlust) [Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia].

Pramesti, R.W. (2022). Penerapan Metode Peramalan (FORECAST) Penjualan Pada Dzikrayaat BUSINESS CENTER Ponorogo [Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo].

Putra, A.S. (2021). Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL (Studi Kasus pada Toko Surya). Tekinfo, 22(1), 100-116.

Rosa, A.S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sahi, A. (2020). Aplikasi Test Potensi akademik seleksi saringan masuk LP3I berbasis web online menggunakan framework codeigniter. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 120-129.

Santoso, H. (2010). Aplikasi WebAsp.Net + Cd. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). Panduan Scrum [Online]. Available: https://scrumguides.org/docs/scrumguide/v2020/2020-Scrum-Guide-Indonesian.pdf

Setiawan, A.B., & Sulaksono, J. (2022). Sistem Informasi Manajemen Santri Di Pondok Pesantren Al Ishlah Kota Kediri. Network Engineering Research Operation, 4(2), 76-86.

Taher, T.H. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Susu Hi Lo Pada Pt. Nutrifood Indonesia Palangka Raya. Al-KALAM: Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 9(2), 75-87.

Toruan, A., & Saragih, S. (2022). Sistem Informasi Penjualan Sembako Berbasis Web Pada Toko Villa Batam. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 7(1), 117-126.

Yusuf, A.M., Hasmizal, H., & Dini, N. (2021). Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb. Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(1), 38-45.

Zaytun, F.A., Malau, S., Telaumbanua, L.A., & Bima, K. (2022). Pengenalan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Menciptakan Produktivitas Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Masyarakat. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 65-73.
Published
2022-10-20