Kajian Pola Desain Jersey Tim Bolavoli di Indonesia Terhadap Performa Pertandingan

  • Janifan Christy Fakultas Seni Rupa & Desain, Institut Teknologi Bandung
Keywords: Bolavoli, Desain, Jersey, Performa

Abstract

Bagi para atlet olahraga, pakaian menjadi hal utama dalam aktivitas olahraga, memilih bahan yang nyaman dan aman bagi tubuh tidak terlepas dari desain pola pakaian tersebut. Jersey yang dikenakan oleh tim olahraga memiliki fungsi yang penting, selain berguna untuk membedakan satu tim dengan tim lain saat bertanding, juga digunakan sebagai media promosi produk. Dalam proses produksi sebuah pakaian, hal yang paling mendasar yaitu pembuatan pola, teknik pembuatan pola berasal dari pengetahuan, dan keterampilan yang dikuasai sebelum membuat sebuah pola, karena dari pola yang dirancang tersebut dapat dikembangkan menjadi bentuk pakaian yang diinginkan dalam menghasilkan produk pakaian. Pola pada dasarnya terdiri dari pola badan bagian atas, pola dasar dan pola lengan. Pola dibuat berdasarkan ukuran seseorang baik dari ukuran badan bagian atas sampai bawah, selanjutnya pola dikembangkan dengan berbagai model dan variasi, sesuai dengan postur badan, maka pola inilah yang akan menjadi patokan dalam membuat sebuah pakaian. Studi kasus dalam penelitian ini ditujukan kepada tim putri Jakarta Pertamina Energi yang merupakan tim proliga voli di Indonesia. Karakteristik pola desain jersey pada tim putri voli Jakarta Pertamina Energi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif, strategi pengumpulan data dengan cara video observasi, wawancara dan literatur pustaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambo, Mastang. (2017): Analisis Data Kualitatif. Makassar, Aksara Timur.

Banister, et al. (1994): Qualitative Method in Psychology a Research Guide. Philadelphia, Open Univercity Press.

Esterberg, Kristin. (2002): Qualitative Method in Social Research. New York, Mc Graw Hill.

Hapsari, K., Endang, P., Idah H. (2017): Analisis Fitting Factor Busana Anak Basic Dress Pola Konstruksi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan Busana. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 – 3.

Miles, M. B. and Huberman. A. M. (1994): Qualitative Data Analysis: a Sourcebook of New Methods 2nd ed. California, Sage.

Muliawan, Porrie. (1996): Kontruksi Pola Busana Wanita. Jakarta, Gunung Mulia.

Pratiwi, Djati. (2001): Pola Dasar dan Pecah Pola Busana. Jakarta, Kanisius, ISBN 9-7967-2537-1.

Sarosa, Samiaji. (2017): Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta, Indeks Jakarta.

Sugiyono. (2014): Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, CV Alfabeta.
Published
2022-10-20