Pengukuran User Experience Aplikasi Satusehat Dengan Pendekatan Metode Heart Metrics
Abstract
Aplikasi SatuSehat merupakaan transformasi bentuk dari aplikasi Peduli Lindungi sebagai langkah inovasi penting dalam upaya memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pengguna atau user experience dari aplikasi SatuSehat dengan menggunakan metode HEART Metric sehingga dapat menganalisis aplikasi dari sudut pandang kepuasan pengalaman pengguna yang meliputi Happines, Engagment, Adoption, Retention dan Task Success. Pengumpulan data dilakukan dengan simple random sampling dengan responden yang digunakan uji sampling penelitian ini adalah 140 responden. Setelah data dikumpulkan dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap item pernyataan dan dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil analisis yang menjadi prioritas utama yang perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan kulaitas yaitu pada variabel Happiness. Perlu pengembang aplikasi SatuSehat dalam mengembangkan fitur yang memudahkan pengguna, melakukan inovasi fitur dan melakukan sosialisasi penggunaan fitur aplikasi.
Downloads
References
Albantani, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Masyarakat Untuk Terus Menggunakan Aplikasi Satu Sehat. Jura : Jurnal Riset Akuntansi, 1(3), 298–311. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2
Alfiatussyuaidah, S., & Putra, M. S. (2022). Analysis of The Quality of The Population And Civil Registration Service System In Ogan Ilir Regency Using Importance Performance Analysis Method (IPA). IT Journal Research and Development, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.25299/itjrd.2022.7985
Antonius Alijoyo, F., & Haerani, E. (2022). The Implementation Of The Care-Protect (Pedulilindungi) Application: The Economic Impact And Constraints Faced. Eduvest - Journal Of Universal Studies, 2(1), 131–139. https://doi.org/10.36418/edv.v2i1.341
Farnita, I. (2017). Layanan Mobile Ho-Jak, Go-Jek dan Grab Terhadap Perbandingan Pengalaman Pengguna (Studi Pada Konsumen PT. Ho-Jak Indonesia, PT. Aplikasi Anak Bangsa dan PT. Grab Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 1(2), 97–106.
Flaounas, I., & Kokkinaki, A. (2018). On the evaluation of OLES using the heart framework. ASCILITE 2015 - Australasian Society for Computers in Learning and Tertiary Education, Conference Proceedings, 668–671.
Hanum, A. L., Miranti, T. K., Fatmawati, D., Diyon, M. F., & Prawiro, C. J. (2022). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Peduli Lindungi Menggunakan Heart Metrics. Jurnal Syntax Admiration, 3(1), 1–12.
Kemenkes, R. I. (2021). Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024. Buku.
Khakim, M. L., Sharif, O. O., Prodi, S., Bisnis, M., Ekonomi, F., & Telkom, U. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics. E-Proceeding of Management, 5(1), 189–194.
Lachner, F., Fincke, F., & Butz, A. (2017). UX metrics: Deriving country-specific usage patterns of a website plug-in from web analytics. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10515 LNCS, 142–159. https://doi.org/10.1007/978-3-319-67687-6_11
Pratama, A. V., Lestari, A. D., & Aini, Q. (2019). Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (Ais) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan Heart Framework. Sistemasi, 8(3), 405. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.527
Rodden, K., Hutchinson, H., & Fu, X. (2010). Measuring the user experience on a large scale: User-centered metrics for web applications. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 4, 2395–2398. https://doi.org/10.1145/1753326.1753687
Santa, R., MacDonald, J. B., & Ferrer, M. (2019). The role of trust in e-Government effectiveness, operational effectiveness and user satisfaction: Lessons from Saudi Arabia in e-G2B. Government Information Quarterly, 36(1), 39–50. https://doi.org/10.1016/j.giq.2018.10.007
Santosa, P. I. (2016). Measuring user experience during a web-based survey: A case Of back-to-back online surveys. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 6(3), 339–344. https://doi.org/10.18517/ijaseit.6.3.815
Savira, Y. P., Paputungan, I. V, & Suranto, B. (2020). Analisis User Experience pada Pendekatan User Centered Design dalam rancangan Aplikasi Placeplus. Automata, 1(2), 28–29.
Sujono, & Santoso, H. B. (2017). Analisis Kualitas E-Learning Dalam Pemanfaatan Web Conference Metode Webqual (Studi Kasus: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah) Sujono1,. SAINTEKBU : Jurnal Sains Dan Teknologi, 9(2), 27–37.
Suryanto, T. L. M., Fauzi, A., & Setyohadi, D. B. (2021). Identifying the effect of emotions in government-citizen online (G2C) tourism based on the HEART metrics. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 641–648. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.003
Syahputra, R. P., Hardiartama, R., Kristana, B. P., & Wulansari, A. (2023). Analisis User Experience Aplikasi Flip Menggunakan Metode Heart Metrics dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 4(2), 228–236. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2630
Copyright (c) 2023 Suhaerudin Suhaerudin, Franciskus Antonius Alijoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.