Peran Teknologi dalam Perubahan Bisnis di Era Globalisasi

  • Anisa Ayu Dwi Lestari Universitas Cendekia Mitra Indonesia, Indonesia
  • Alit Merthayasa Universitas Cendekia Mitra Indonesia, Indonesia
Keywords: Teknologi, Bisnis, Globalisasi

Abstract

Di era globalisasi yang sedang kita alami saat ini, peran teknologi telah menjadi sangat penting dalam mengubah lanskap bisnis secara fundamental. Teknologi telah mengintegrasikan dunia menjadi satu kesatuan yang lebih terhubung dan berinteraksi, meruntuhkan batasan geografis serta membuka peluang baru bagi bisnis untuk berkembang dan bersaing di skala global. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau disebut studi pustaka dengan melakukan proses penetapan tujuan yang akan membantu untuk mengetahui cara peran teknologi dalam perubahan bisnis di era globalisasi. Bisnis yang dapat dengan sigap mengatasi tantangan-tantangan ini dapat memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh teknologi. Dunia usaha juga harus mempertimbangkan dampak keberlanjutan dan implikasi etika ketika mengadopsi teknologi. Teknologi dapat digunakan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan mendorong praktik bisnis yang etis. Peran teknologi dalam transformasi bisnis sangatlah penting, merangkum perubahan besar yang terjadi di lingkungan bisnis. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mengadopsi teknologi dengan bijak, inovatif, dan fokus dalam memberikan nilai kepada pelanggan. Mengadopsi teknologi yang tepat akan membantu bisnis berkembang dan bersaing di era yang semakin terhubung dan dinamis ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alayida, N. F., Aisyah, T., Deliana, R., & Diva, K. (2023). Pengaruh Digitalisasi Di Era 4.0 Terhadap Para Tenaga Kerja Di Bidang Logistik. Jurnal Economina, 2(1), 254–268.
Aslan, A., & Wahyudin, W. (2020). Kurikulum Dalam Tantangan Perubahan. Bookies Indonesia.
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran E-Commerce Terhadap Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114–123.
Badri, M. (2013). Jurnalisme Siber. Riau Creative Multimedia.
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, Dan Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Anak Hebat Indonesia.
Hartatik, H., Kwintiana, B., Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Sudipa, I. G. I., Handika, I. P. S., Adhicandra, I., & Gugat, R. M. D. (2023). Data Science For Business: Pengantar & Penerapan Berbagai Sektor. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Misbahruddin, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-Hari Information And Communication Technology (Ict) Utilization By The Household For Daily Activity. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 1–16.
Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan Remaja Di Perkotaan. Universitas Airlangga Surabaya, 6, 55–64.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. April, 0–16. Diakses Pada, 22.
Rohman, A., & Larasati, D. C. (2020). Standar Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Reformasi, 10(2), 526138.
Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan Serta Peluang Edukasi 4.0 Dan Revolusi Bisnis 4.0. Penerbit Genesis.
Sismoyo, A. M. (2022). Hubungan Adiksi Penggunaan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Man 2 Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Published
2023-08-31