Kepercayaan Diri (Self Confidence) Mahasiswa Cerdas Istimewa pada Pembelajaran Klinik
Abstract
Kepercayaan diri mahasiswa cerdas istimewa saat berada pada pembelajaran klinik sangat diperlukan karena semakin tinggi kepercayaan mahasiswa tersebut semakin kompeten dalam melaksanakan pembelajaran klinik dengan baik. Hal tersebut didukung dengan berbagai metode pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan diantaranya adalah konferensi klinis, simulasi, demonstrasi model, peta konsep dan ronde keperawatan, oleh karena itu pembimbing klinik harus mengetahui dengan baik metode pembelajaran yang akan digunakan, agar dapat memilih metode pembelajaran yang tepat dalam pembimbingan khususnya di lingkungan klinik pada mahasiswa cerdas istimewa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepercayaan diri mahasiswa cerdas istimewa pada pembelajaran klinik. Fokus dan rumusan masalah jurnal ini adalah gambaran kepercayaan diri mahasiswa cerdas istimewa pada pembelajaran klinik. Penelitian ini menggunakan metode review dari berbagai artikel yang diakses melalui Ebsco, Pro Quest dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan yaitu: Mahasiswa cerdas istimewa masih banyak yang memiliki kondisi psikologis yang sangat perlu kita perhatikan contohnya emosi, kepercayaan diri, hubungan sosial dengan teman sebaya karena itu mahasiswa cerdas istimewa sangat membutuhkan pendidikan khusus, kesempatan berkerjasama, dan pendampingan khusus. Dalam pendidikan keperawatan keyakinan/confidence merupakan variabel penting. Mahasiswa dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengembangkan intervensi yang berhasil, karena mereka mampu menguji dan menggunakan kompetensinya dengan lebih mudah.