A, Wulandhari, Rayu MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X MIPA 11 SMAN 2 KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa untuk berani berbicara dan menyampaikan gagasan. Dalam kasus lain model pembelajaran ini juga merupakan rangsangan terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa dan tindak lanjutnya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kelas X MIPA 11 SMA Negeri 2 Cirebon tahun pelajaran 2016/2017 sebagai sampel sekaligus populasi.Menurut pengamatan peneliti, kelas tersebut merupakan kelas dengan kemampuan berbicara yang masih rendah, sehingga tepat jika dijadikan sebagai populasi, sampel, dan/atau subjek penelitian. Nilai kemampuan berbicara kelas X MIPA 11 pada awal penelitian (pra siklus) adalah 61,3. Kemudian nilai tersebut meningkat menjadi 76,08 di siklus I dan menginjak angka 88,2 di siklus II. Merujuk pada peningkatan tersebut, peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajarna berbasis diskusi memiliki dampak baik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X MIPA 11 SMA Negeri 2 Cirebon tahun pelajaran 2016/2017.