Analisis Pengembangan Produk Inovasi terhadap Competitive Advantage

  • Reza Eko Muchtadin Mahasiswa Magister Manajemen, Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: competitive advantage, produk inovasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengembangan produk inovasi fish skin Cek Aat di Kota Palembang terhadap competitive advantage. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, untuk memperoleh informasi dan gambaran secara mendalam tentang pengembangan produk fish skin. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam (in-depth interview) kepada pemilik dan manager fish skin Cek Aat serta konsumen. Wawancara dilakukan di lokasi fish skin Cek Aat di sela-sela jam kerja, agar penulis dapat melihat langsung proses pengembangan produk inovasi. Selain itu, wawancara juga dilakukan pada waktu istirahat, supaya para responden lebih memahami dan lebih fokus menjawab pertanyaan penulis. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan produk inovasi terhadap competitive advantage produk fish skin Cek Aat dapat berkembang dengan baik, karena produk yang dibuat oleh Cek Aat sangat digemari oleh masyarakat kota Palembang. Rasa yang gurih dan harga yang terjangkau, membuat masyarakat menggemarinya. Selain itu, masih jarangnya produk serupa di Kota Palembang, membuat Cek Aat mempunyai sedikit pesaing, sehingga Cek Aat dapat mengembangkan lagi usahanya sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan pada awal pendiriannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21