Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah

  • Sarno Sarno SDN Pagerjurang Ngawen Gunungkidul
  • Rahmat Mulyono SDN Pagerjurang Ngawen Gunungkidul, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: peningkatan kompetensi, kinerja guru, kompetensi kepala sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolaah di SD Negeri PagerjurangTahun Pelajaran 2022/2023 .Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian yaitu guru kelas I, II, III, IV, V, VI dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, di SD Negeri Pagerjurang kapanewon Ngawen Tahun Pelajaran 2021/ 2023. Pengumpulan data melalui observasi kompetensi dan kinerja guru melalui Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri Pagerjurang Tahun 2022/2023, dan penilaian hasil tindakan pembelajaran. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kompetensi dan kinerja guru melalui manajemen kepemimpinan kepala sekolah kapanewon Ngawen Tahun pelajaran 2022/ 2023 yang ditandai adanya peningkatan nilai yang didapat antara sebelum dikenai tindakan dan setelah dikenai tindakan. Nilai kompetensi dan kinerja guru melalui manajemen kepemimpinan kepala sekolah ada peningkatan. Sebelum dikenai tindakan nilai rerata kompetensi guru adalah 60 % nilai reratannya Setelah dikenai tindakan nilai kompetensi guru pada akhir siklus I mendapat nilai rerata 74,55 dan nilai rerata kinerja guru adalah 87,72 dengan kategori baik, dan pada akhir siklus II nilai kedisiplinan mendapat nilai rerata 74 ,74 dan nilai rerata kinerja guru adalah 88,60 dengan kategori Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnil Guza, Undang- undang Sisdiknas dan Undang- undang Guru dan Dosen.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Jakarta: Bumi Aksara.

Masnur Muslich, (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, (2010). Penelitian Tindakan Sekolah: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muyasa, (2011). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Negara Menpan No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Menpan dan Reformasi.

Permendiknas Nomor: 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemendiknas.

Rohiat, (2009). Manajemen Sekolah. Teori Dasar dan Praktik dilengkapi contoh Rencana Strategi dan Rencana Operasional Bandung: Refika Aditama.

Suharsini Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tutik Rachmawati dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta: Gava Media.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta
Published
2023-10-06