Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (Pak) dan Budi Pekerti Melalui Model Discovery Learning
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terutama setelah adanya wabah covid 19 dan guru yang sering menggunakan model ceramah, yang dianggap monoton dan kurang bervariasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti pada peserta didik Kelas VIIIA SMPN 2 Panggang, dengan menggunakan metode Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dalam pembelajaran dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi pekerti di siklus I maupun siklus 2 meningkat. Ini dibuktikan pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus 1 meningkat sebesar 10(59.1 menjadi 69.1), siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 12.6 (69.1 menjadi 81.7). Disimpulkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian peneliti menyarankan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru dapat menjadikan model Discovery Learning sebagai salah satu alternatif dalam pelajaran PAK dan Budi Pekerti atau pun pada pelajaran yang lain sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan membuat peserta didik semakin termotivasi untuk belajar dan meningkat hasil belajarnya.
Downloads
References
Dalyono, M., (2005), Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Gulo, W., (2002) Strategi Belajar Mengajar Grasindo, Jakarta
Purwanto M. Ngalim. 2007. Pskologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Hisyam Zaini, dkk., (2013), Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
http://eprints.umsida.ac.id/4067/1/uas%20artikel%20nurin%20acc.pdf
http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110/0, Penerapan Model Discover Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK/index, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 155
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung, Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Presiden, PP No 57 Tahun 2021
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha p-ISSN: 2614-1086 and e-ISSN: 2599-3380 Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019
Copyright (c) 2023 Linawatiningsih Linawatiningsih, Rahmat Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.