Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen (Pak) dan Budi Pekerti Melalui Model Discovery Learning

  • Linawatiningsih Linawatiningsih Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SMP N 2 Panggang
  • Rahmat Mulyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Pendidikan Agama Kristen, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terutama setelah adanya wabah covid 19 dan guru yang sering menggunakan model ceramah, yang dianggap monoton dan kurang bervariasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti pada peserta didik Kelas VIIIA SMPN 2 Panggang, dengan menggunakan metode Discovery Learning.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dalam pembelajaran dengan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi pekerti di siklus I maupun siklus 2 meningkat. Ini dibuktikan pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus 1 meningkat sebesar 10(59.1 menjadi 69.1), siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 12.6 (69.1 menjadi 81.7). Disimpulkan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian peneliti menyarankan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, guru dapat menjadikan model Discovery Learning sebagai salah satu alternatif dalam pelajaran PAK dan Budi Pekerti atau pun pada pelajaran yang lain sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan membuat peserta didik semakin termotivasi untuk belajar dan meningkat hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia

Dalyono, M., (2005), Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Gulo, W., (2002) Strategi Belajar Mengajar Grasindo, Jakarta

Purwanto M. Ngalim. 2007. Pskologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Hisyam Zaini, dkk., (2013), Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

http://eprints.umsida.ac.id/4067/1/uas%20artikel%20nurin%20acc.pdf

http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110/0, Penerapan Model Discover Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK/index, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 155

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung, Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Presiden, PP No 57 Tahun 2021
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha p-ISSN: 2614-1086 and e-ISSN: 2599-3380 Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019
Published
2023-10-06