Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak
Abstract
Anak-anak merupakan individu yang masih dalam proses perkembangan fisik dan psikologis, serta rentan terhadap pengaruh lingkungan sekitar. Pendidikan agama Islam dapat memberikan landasan moral, etika, dan nilai-nilai spiritual yang akan membentuk karakter dan kepribadian anak secara positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data akan dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam berpengaruh signifikan terhadap pembentukan kepribadian anak. Pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kepribadian anak melalui nilai-nilai, ajaran, dan panduan yang diajarkan dalam agama Islam, anak-anak dapat mengembangkan karakter yang kuat, moral yang baik, dan sikap yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian anak menjadi terbentuk melalui pemahaman tentang nilai-nilai moral, etika, tanggung jawab sosial, dan kemandirian yang ditanamkan melalui pendidikan agama.
Downloads
References
Destiyana, E. (2016). Upaya meningkatkan sikap empati melalui metode storytelling pada siswa SD negeri caturtunggal 3 depok. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9).
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.
Khomaeny, E. F. F., & Hamzah, N. (2019). Metode-metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS Lukman 12-19. Edu Publisher.
Khuili, M., Fazouan, N., Abou El Makarim, H., Atmani, E. H., Rai, D. P., & Houmad, M. (2020). First-principles calculations of rare earth (RE= Tm, Yb, Ce) doped ZnO: Structural, optoelectronic, magnetic, and electrical properties. Vacuum, 181, 109603.
Mansir, F., Kian, L., Abas, S., & Sa’adi, M. (2022). Tantangan Anak di Indonesia Dalam Menghadapi Era Global: Kajian Pendidikan Agama Islam. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 5(2), 66–78.
Martinah, W., & Zulaiha, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak di Rumah Pada Murid Sdn 06 Pal 100 Bermani Ulu Raya Kab. Rejang Lebong. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 59–80.
Najamudin, N., & Andang, A. (2022). Urgensi Budaya Bima Maja Labo Dahu Dalam Mendorong Revolusi Mental. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 48–54.
Natsir, A. F. A., & Jufri, J. (2022). Kerja Sama Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembinaan Anak. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(1), 39–48.
Rahmah, S. (2019). Pola komunikasi keluarga dalam pembentukan kepribadian anak. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 13–31.
Raida, Z., Hundahl, C. A., Nyengaard, J. R., & Hay-Schmidt, A. (2013). Neuroglobin over expressing mice: expression pattern and effect on brain ischemic infarct size. PLoS One, 8(10), e76565.
Raidah, F. A. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa Kelas VIII di Smp Muammadiyah Simpang Empat. Tarbiya Islamica, 1(1), 29–38.
Razak, A. A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies.
Razak, M., Gunawan, B. I., Fitriany, F., Ashoer, M., Hidayat, M., & Halim, P. K. P. A. (2019). Moving From Traditional to Society 5.0 Case study by Online Transportation Business. Journal of Distribution Science, 17(9), 93–102.
Rita Ramayulis, D. C. N. (2008). Menu dan Resep Untuk Penderita Kolesterol. Penebar PLUS+.
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.
Shidiq, M. N., Azis, A. A., Djollong, A. F., Triyanto, T., Hariss, M., & Al Haddar, G. (2023). Pembentukan Karakteristik Siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12255–12261.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Copyright (c) 2022 Raden Ayu Halima, Triono Ali Mustofa, Mohammad Zakki Azani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.