Pengaruh Model Pembelaaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Game Tournament) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Siswa SD

  • Edy Nurhaedi Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Serang
  • Cecep Anwar Hdi Firdos Santosa Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Serang
  • Yumiati Yumiati Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Serang
Keywords: Berpikir Kritis, Motivasi, Team Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang dari hasil observasi yang diketahui rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa di SDN Jatigintung I dan SDN Tegal Kunir Kidul I. Hal ini menyebabkan para siswa mengalami ksesulitan untuk mengerjakan tugas, para siswa tidak memiliki kemauan untuk mengajukan pertanyaan bagaimana dan mengapa atas masalah yang ditemukan. Selain itu terdapat kebanyakan siswa yang tidak terlibat di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa SD di Gugus 047 Kecamatan Mauk. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif korelasional dari dua kelompok yang diberikan perlakuan berbeda. Jumlah populasi adalah semua siswa SD kelas 3 di Gugus 047 Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian terdiri dari kelas 3A terdiri dari 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B terdiri dari 22 orang sebagai kelas kontrol pada SDN Jatigintung I dan kelas 3A terdiri dari 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B terdiri dari 22 orang sebagai kelas kontrol pada SDN Tegal Kunir Kidul I. Instrumen menggunakan lembar soal dan angket dan dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan motivasi siswa, dan secara bersamaan pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis Susanti, & Siti Nuriyanti. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(2), 151–158.

Anjarwati, E. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantu Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. In (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Vol. XVII (Issue 2).

Annurwanda, P. (2018). The Effect of Teams Games Tournament on Mathematics Self-Efficacy in Junior High Schools. SHS Web of Conferences, 42, 00079. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200079

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Azis, A. L. (2017). Pengaruh motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di Smkn 4 Makassar The. Doctoral Disertation, 87(1, 2), 149–200. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4440%0A

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3 p217-230

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, March.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Journal Homepage, 32, 179–186. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 580–590.

Gayatri, Y. (2009). Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments ( Tgt ) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi. Didaktis, 8, 59–67.

González, Arturo; Jennings, David; Manriquez, L. (2014). Multi-faceted Impact of a Team Game Tournament on the Ability of the Learners to Engage and Develop their Own Critical Skill Set. International Journal of Engineering Education, 1213–1224. http://hdl.handle.net/10197/6197

Hamdu, G., & Agustina, L. (2017). Motivasi 1.Pdf. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar, 12(1), 90–96.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Hero, H., & Maria, E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Hidayati, N., Mardiyana, & Riyadi. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa. Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–162. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3913

Idzhar, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Ismayawati, B., Purwoko, A. A., & -, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Dan Gi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Sman 1 Aikmel. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.33

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Kusumaningsih, K. D., & Leonard, L. (2008). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournaments (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar Biologi pada konsep sistem pencernaan manusia. Faktor Exacta, 2(1), 83–98.

Lestari, K. E. (1988). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 43(8), 627–630. https://doi.org/10.1136/thx.43.8.627

Mahardika, I. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 1.

Maisaroh, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Dinamika Pendidikan Unnes, 6(2), 150–169. https://doi.org/10.15294/dp.v6i2.5109

Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd

Oktari, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA Mas Pab 2helvetia. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9907

Pardede, U. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT di SMA N 1 Batang Toru. 2(1), 67–74.

Pramesti, E. M., Kurino, Y. D., & Majalengka, U. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 802–809.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru (pp. 213–227). PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Z. M., Sudarmin, & Nurhayati, S. (2016). Pembelajaran team game tournament berbantuan media numbered card untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 56–65. www.scientia-journal.com

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung. Rajawali Pers.

Sari, T., & Andajani, Kusubakti, D. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 51–55. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, terj. Nurulita Yusron,. Elex Media Komputindo.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21

Suwarno. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wyk, M. M. van. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal of Social Sciences, 26(3), 183–193. https://doi.org/10.1080/09718923.2011.11892895
Published
2023-10-16