Jurnalisme Digital dan Semangat Anti Hoax: Membentengi Dunia Informasi

  • Eka Putra Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Jurnalisme Digital, Semangat Anti-Hoax, Kolaborasi Informasi

Abstract

Dalam era perkembangan pesat jurnalisme digital, transformasi media dan peran semangat anti-hoax memainkan peran penting dalam menjaga integritas informasi. Media tradisional telah berubah menjadi bentuk digital, memungkinkan berita tersebar lebih cepat, tetapi juga menghadirkan tantangan seperti berita palsu. Media sosial memainkan peran kunci dalam memfasilitasi jurnalisme partisipatif dan penyebaran berita. Semangat anti-hoax menjadi kunci dalam mengidentifikasi dan melawan berita palsu, serta menjaga etika jurnalisme. Wartawan memiliki tanggung jawab penting dalam memastikan berita akurat dan berarti. Mereka adalah penjaga pintu yang harus menyaring dan memverifikasi informasi sebelum disebarkan kepada masyarakat. Meskipun tekanan waktu bisa mengurangi waktu untuk verifikasi, semangat anti-hoax dan interaksi dengan publik memainkan peran penting dalam menjaga integritas berita. Kolaborasi antara jurnalisme digital, semangat anti-hoax, media massa, pemerintah, dan masyarakat sangat penting. Peningkatan literasi media dan kesadaran publik tentang berita palsu membantu melindungi integritas informasi. Dalam dunia yang penuh dengan informasi beragam, semangat anti-hoax menjadi pedoman penting untuk membedakan fakta dari fiksi dan memastikan media massa tetap menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya. Kolaborasi dan kesadaran bersama adalah fondasi kuat dalam memastikan informasi yang benar dan dapat dipercaya, membangun dunia informasi yang lebih aman dan jujur di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asprilla, A., & Maharani, N. (2019). Jurnalisme data dalam digitalisasi jurnalisme investigasi Tempo. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(2).

Bui, M. N., & Moran, R. E. (2020). Making the 21st century mobile journalist: Examining definitions and conceptualizations of mobility and mobile journalism within journalism education. Digital journalism, 8(1), 145-163.

Desga, A. N. (2018). Upaya Media Massa Online dalam Menghadapi Berita Hoax. Jurnal Kajian Media, 2(2).

Finneman, T., & Thomas, R. J. (2018). A family of falsehoods: Deception, media hoaxes and fake news. Newspaper Research Journal, 39(3), 350-361.

Gorbach, J. (2018). Not your grandpa's hoax: A comparative history of fake news. American Journalism, 35(2), 236-249.

Hamna, D. M. (2017). Eksistensi jurnalisme di era media sosial. Jurnal Jurnalisa, 3(1).

Kawamoto, K. (Ed.). (2003). Digital journalism: Emerging media and the changing horizons of journalism. Rowman & Littlefield Publishers.

Lowe, H. (2012). An online hoax reminds journalists to do their duty. Journal of Mass Media Ethics, 27(1), 62-64.

Marwan, M. R., & Ahyad, A. (2016). Analisis penyebaran berita hoax di Indonesia. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, 5(1), 1-16.

Muliawanti, L. (2018). Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online. Lentera.

Newman, N. (2018). Journalism, media and technology trends and predictions 2018. Reuters Institute for the Study of Journalism.

Nielsen, R. K., Fletcher, R., & Newman, N. (2016). The changing landscape of news consumption. Reuters Institute for the Study of Journalism, University of Oxford.

Nurlatifah, M., & Irwansyah, I. (2019). Fact-checking journalism sebagai platform kolaborasi human and machine pada jurnalisme digital. Jurnal Komunikasi, 13(2), 121-134.

Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 132-146.

Salaverría-Aliaga, R. (2019). Digital journalism: 25 years of research. Review article.

Tandoc, E. C., Lim, Z. W., & Ling, R. (2018). Defining" fake news" A typology of scholarly definitions. Digital Journalism, 6(2), 137-153.

Ward, S. J. (2016). Digital journalism ethics. The SAGE Handbook of Digital Journalism, 164-178.
Published
2024-02-24