Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Niat Untuk Merekomendasikan

  • Meta Dwi Pramesti Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
  • Alimudin Rizal Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang
Keywords: kualitas layanan, citra perguruan tinggi, kepuasan dan niat merekomendasikan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra perguruan tinggi terhadap kepuasan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra perguruan tinggi dan kepuasan terhadap niat merekomendasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIAB S1 dan S2 Smaratungga Boyolali yang berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling untuk penentuan jumlah sampel menggunakan Slovin diperoleh 109 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Citra perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat merekomendasikan. Citra perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat merekomendasikan. Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat merekomendasikan. Kepuasan mahasiswa tidak memediasi pengaruh antara kualitas layanan terhadap niat merekomendasikan. Kepuasan mahasiswa tidak memediasi pengaruh antara citra perguruan tinggi terhadap niat merekomendasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adona, Fitri. (2006). Citra dan Kekerasan dalam Iklan Perusahaan di Televisi. Padang: Andalas University Press.

Adyanto. B. C., Santosa. S.B. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga Dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Layanan E-Commerce Berrybenka.Com): Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 No 1, 2018. Hal. 1-20. ISSN (Online): 2337-3792. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Ahmad Guspul, (2014), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo) , Jurnal PPKM UNSIQ I (2014) 40-54

Aryska, Metha. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). JOM FISIP. Vol. 4 No. 1 – Februari 2017.

Barnes, J. G. (2003). Secret of Customer Relationship Management (Rahasia. Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi.

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Pt. Yerry Primatama Hosindo: Jurnal Pemasaran kompetitif, Vol. 1 No 3, April, 2018

Conny Sondakh, (2014), Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3 ,No.1, 2014:19-32

Darmadi, R., Silitonga, P., Kristiandi, A. A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Social Media Customer Engagement dan Kepuasan Pelanggan: Jurnal ilmu manajemen, Volume 11, issue 1 Desember 2021. Diakses dari: http://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung

Dharma, Robby. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2, Oktober 2017, Hal 349-359 ISSN : 2301-5268 | E-ISSN : 2527-9483

Dibyantoro dkk, (2012), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Tabungan BTN Batara Studi Kasus: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Palembang, Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), Vol. 2 No. 3 September 2012

Dibyo Iskandar, (2014), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Nasabah PD. Bank Perkreditan Rakyat BKK Boyolali Kota), Jurnal Ekonomi Manajemen STE AUB Surakarta

Diputra, I. G. A., Yasa, N. N. (2021). The Influence Of Product Quality, Brand Image, Brand Trust On Customer Satisfaction And Loyalty: American International Journal of Business Management (AIJBM), Volume 4, Issue 01(January 2021), PP 25-34 ISSN- 2379-106X, www.aijbm.com

Djarwanto dan Pangestu Subagyo, (2012), Statistik Induktif, BPFE, Yogyakarta.

Elizabeth, (2007), Analisis Faktor – Faktor Yang Membangun Kepuasan Nasabah Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Nasabah PT. Bank Tabungan Negara Cabang Semarang), Tesis Universitas Diponegoro Semarang.

Fandy Tjiptono, (2006), Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Edisi 1, Andi, Yogyakarta.

Ferry, Yudhy dan Susy, Suhendra (2006), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit (Studi kasus BPR Arthaguna Sejahtera), Tesis

Gefen, (2000). A Proposed Model of Etrust for Electronic Banking, Technovation, 23: 847-860

Imam, Ghozali, (2016), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Undip, Semarang.

Indarto, (2013), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi dan Lokasi terhadap Kepuasan Nasabah (studi kasus pada Bank Pasar Boja-Kendal), Jurnal Ilmiah Universitas Semarang.

Joshi, Manmohan, (2012). Essentials Marketing. Ventus Publishing Aps.

Juana, D., Mulyawan. A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Stmik Mardira Indonesia Bandung: Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepeneurship, Vol. 9 No 1, April, 2015 (1-15)

Kurnianingsih, S. W., Riorini. S. V. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Terhadap Merek Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan: Jurnal Analisis Bisnis Indonesia (IJBA), Volume 1 Nomor 2, 2021 ISSN-E: 2808-0718

Kurniwan D.,Sutarjo A.,Yanti N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Perilaku Konsumen Pada Restoran Bagan Padang: Jurnal Matua, Volume 3 Nomor 4 Desember 2021 ISSN-P : 2355-0376; ISSN-E : 2656-8322

Mayer et al. (1995). A Model of Trust in Online Relationship Banking, International Journal of Bank Marketing, 21 (1): 5-15.

Morgan, Robert M. & Hunt, Shelby D, (1994), The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing, Foundations, Controversy, Strategy, and Resource-advantage.

Mujahidin, A., Zuhriah, F., Khoiraningrum, I. (2018). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro): Al Tijarah: Vol. 4 No. 2, Desember 2018 (49-66), p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948

Nalurita. W., Mulyanto. D. (2021). Kualitas Pelayanan Dan Citra Perguruan Tinggi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Vol. 19 No 4, Oktober, 2021

Panca, W (2012). Pengaruh Pembelajaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus, Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis.Vol. 9 No. 2 Oktober 2012.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., dan Malhotra, A. (2005). E-S-Qual: A Multiple Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research. 213-233.

Parasuraman, et al. (1998), A Multiple Item Scale for Measuring Consumer, Perception or Future Research, Journal of Marketing, Vol. 49 No. 1

Philip, Kotler, (2009), Marketing Management, The Milinium Edition, Ten Edition, USA, Pretice Hall, Inc.

Philip, Kotler, (2014), Marketing Management, The Milinium Edition, USA, Pretice Hall, Inc.

Prabha Ramseook-Munhurrun, (2010), Service Quality In The Public Service, International Journal Of Management And Marketing Research, Volume 3, Number 1, 2010

Rachmad Hidayat, (2009), Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11, No. 1, Maret 2009: 59-72

Rambat Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta

Rosidah, C. (2011). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna ATM Pasca Isu Cybercrime (Studi pada Nasabah BCA di Surabaya). Jurnal Business and Economics. 21 Mei 2011.

Selvy Normasari, (2013), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2 Desember 2013

Setyowati, E., Wiyadi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Pemediasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 18 No. 2, Desember 2016

Sitti Nurainun Hianggio, (2013), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. BPR Mega Zanur Kota Gorontalo, Jurnal Ekonomi Universitas Gorontalo

Sutrisno, Hadi, (2018), Metodologi Research, Edisi 6, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Syakur. A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran Di Akademi Farmasi Surabaya: Revormasi, Vol. 8 No 2, 2018, ISSN 2088-7469 (Paper) ISSN 2407-6864 (Online)

Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi: Jurnal Bina Manajemen, Vol. 8 No 1, September 2019

Triandaru Sigit, Totok B. (2006), Bank dan Lebaga Keuangan Lain, Salemba Empat, Jakarta

Undang-undang RI Nomor 2 (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum Kemenkumham RI.

Wahid, S. A., Partha, M. N., & Ellyawati, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman Tahun 2019. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.903

Walsh, Vincent-Wayne Mitchell, Paul R. Jackson and Sharon E. Betty. (2008). Examining the antecendents and consequences of corporate reputation: a customer perspective, British Journal of Management. Vol.8:1-7.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D.D. (2013). Services Marketing - Integrating Customer Focus Across the Firm. Singapore: McGraw-Hill International Edition
Published
2023-10-18