Pengembangan Media Pembelajaran Microso FT Power Point Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan dampak dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point di TK N Pembina Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif yang mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif Microsoft Power Point (PPT). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dan guru kelompok B di TK N Pembina Semarang. Hasil dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point dinilai dapat meningkatkan antusias belajar pada anak kelompok B TK N Pembina Semarang, dikarenakan materi pembelajaran yang disampaikan dapat menarik perhatian anak. Selain itu dalam hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis power point ternyata masih belum dapat dikembangkan di TK N Pembina Semarang, dikarenakan terdapat kesulitan yang dihadapi guru saat proses pembuatan dan proses pengoperasiannya.
Downloads
References
H., S. S. D., Mukminin, A., & Waluyo, E. (n.d.). Sebagai Dasar Pengenalan Teknologi Informasi Pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Semarang.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif.
Hasjiandito, A., Adiarti, W., & Wantoro. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Tema Agama di KB-TK Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian Pendidikan, 33, 7–12.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619
Nadhiroh, K., Sutarto, J., Sunarso, A., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2023). Integrasi Pembelajaran BCCT dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik dan Nilai-Nilai Keislaman. Obsesi, 7(2), 1500–1508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3858
Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296
Shabrina, I., & Tasu’ah, N. (2023). Penggunaan Media Berbasis PPT Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK N Pembina Semarang Intan Shabrina Universitas Negeri Semarang , Semarang Neneng Tasu ’ ah Universitas Negeri Semarang , Semarang Abstrak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4), 2450–2460. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820.2
Yanti, L. R. (2020). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Di Sd Negeri 30 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72–80. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7850
Copyright (c) 2023 Dilla Ayu Nuzulia, Neneng Tasu’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.