Perubahan Pola Solidaritas Masyarakat Pedesaan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyumas

  • Muhammad Abi Firmansyah Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Masrukin Masrukin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Ankarlina Pandu P. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: Pandemi COVID-19, Perubahan solidaritas, Sifat Ketergantungan dan Solidaritas

Abstract

Solidaritas masyarakat Banyumas yang tinggi sebagai masyarakat pedesaan menjadi modal sosial dalam menghadapi pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pola solidaritas masyarakat pedesaan dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Kabupaten Banyumas, dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan alat analisis domain. Instrumen penelitian dengan focus group discussion dan wawancara terhadap perangkat desa, tokoh masyarakat, dan warga lokal. Penelitian dilaksanakan di salah satu desa di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pandemi COVID-19 dapat mengubah pola solidaritas masyarakat Banyumas dari yang sebelumnya menjunjung tinggi nilai gotong royong dan tolong menolong menjadi lebih individualis. Penelitian menunjukkan bahwa sifat ketergantungan menjadi faktor utama perubahan pola solidaritas masyarakat Banyumas dalam menghadapi pandemi COVID-19. Bantuan makanan, masker, dan obat-obatan yang diberikan pemerintah membuat masyarakat bergantung dengan pemerintah daerah, sehingga masyarakat merasa tidak perlu melakukan gotong royong dan tolong menolong untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi COVID-19. Pola solidaritas masyarakat Banyumas yang sebelumnya didasarkan pada rasa senasib sepenanggungan mulai memudar, sehingga masyarakat Banyumas saat ini menjadi lebih individualistis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corona.jatengprov.id. Perkembangan Data Corona Kabupaten Banyumas. Diakses melalui https://corona.jatengprov.id pada 1 Oktober 2022.

COVID-19.go.id. (2022). Peta Sebaran COVID-19. Diakses melalui https://COVID-1919.go.id, pada tanggal 1 Oktober 2022.

Creswell, John W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed-Method Approaches. Edition: 3rded.Publisher: Sage Publications.

Databoks.katadata.co.id. (2022).Total Kasus dan Kasus Baru COVID-19. Diakses melaluihttps://databoks.katadata.co.id/, diakses pada tanggal 1 Oktober 2022.

Durkheim, Emile (1986). The Division of Labour in Society. Book. The Free Press. New York.USA.

Geertz. Clifford (1986). Mojokuto: Dinamika Sosial Sebuah Kota di Jawa.Pustaka. Jakarta

Hagul (1992). Pembangunan Desa Dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Rajawali.Jakarta.

Johnson (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jilid 1. PT Gramedia: Jakarta.

Jones (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial. Buku. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (2022). http://kbbi.kemdikbud.go.id (diakses pada: 1 Oktober 2022, pukul 11.22 WIB).

Kristiyanto. (2020). Budaya Pengobatan Etnomedisin di Desa Porelea Kecamatan Pipikoro
Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal Holistik 13(1): Universitas Samratulangi.

Priyadi (2008).Orientasi Nilai Budaya Banyumas: Antara Masyarakat Tradisional Dan Modern. Jurnal Humaniora 20 (2). Universitas Gadjah Mada.

Priyadi (2003).Beberapa Karakter Orang Banyumas. Jurnal Bahasa dan seni 31(1): Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Probosiwi & Afrinia. (2021).Jogo Tonggo: Solidaritas Masyarakat Di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Sosio Konsepsia: Kementerian Sosial.

Ritzer, George & Goodman, Douglas J. (2011). Teori Sosiologi Modern. Buku. Kencana, Jakarta

Ritzer, George (2011). Teori Sosiologi (Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutkahir Teori Sosial PostModern). Buku.Kreasi Wacana. Yogyakarta.

Scott, John (2012). Teori Sosial: Masalah-Masalah Sosial Dalam Sosiologi.Buku. Pusataka Pelajar.Yogyakarta.

Suryono (2020). Teori dan Strategi Perubahan Sosial.Bumi Aksara.Jakarta

Umisahroh. (2021). Pembentukan Nilai-Nilai Moralitas dalam Gerakan Jogo Tonggo Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Karanganyar. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Wulandari. (2019). Warga Madura di Kota Makassar (Studi antara Solidaritas Sosial Mekanik dan Solidaritas Sosial Organik Warga Madura dalam Wadah PERKIM Kota Makassar). Diakses melalui http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16129 pada 1 Oktober 2022.
Published
2023-10-24