Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

  • Harris Perdana Kusuma Departemen Manajemen Teknologi, Fakultas Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2023
  • Karima Alviana Departemen Manajemen Teknologi, Fakultas Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2023
Keywords: Laporan keuangan, rasio keuangan, kinerja keuangan

Abstract

Analisis laporan keuangan adalah proses penting dalam menilai kinerja perusahaan. Studi ini mengevaluasi kinerja PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menggunakan laporan keuangan tahunan. Metode analisis yang digunakan mencakup rasio keuangan, analisis vertikal, dan analisis horizontal. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana kinerja finansial GOTO, ditandai dengan pertumbuhan pendapatan yang stabil, profitabilitas yang tinggi, dan stabilitas likuiditas. Selain itu, pengelolaan aset dan utang yang efisien juga menjadi poin positif. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi GOTO termasuk persaingan yang ketat di industri teknologi dan potensi risiko pemain baru. Oleh karena itu, perusahaan perlu terus memantau dan mengelola risiko ini untuk menjaga kinerja yang baik. Studi ini memberikan wawasan yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk membuat keputusan investasi atau kebijakan terkait perusahaan GOTO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Fitri, Meilani, Rindi, Pardede, Chandra Evendi, & Ginting, Wenny Anggeresia. (2020). Pengaruh Audit Tenure, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan Klien Terhadap Kualitas Audit Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 4(1), 117–126.

Brooke, Peter A., & Penrice, Daniel. (2009). A Vision for Venture Capital: Realizing the Promise of Global Venture Capital and Private Equity. UPNE.

Leona, Merlin, Putra, Sandy, Angelina, Novi, Phang, Selina, Loo, Evelyn, & Fatyandri, Adi Neka. (2023). Analisis Merger dan Akuisisi PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. Jurnal Mirai Management, 8(2), 152–157.

Luthfan, ARMAND. (2020). Dinamika Kebijakan Pemerintah Tentang E-Commerce (Analisa Formulasi Peraturan Pemerintah Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Tahun 2017-2019). Universitas Indonesia.

Nurman, Dhea Purnama. (2021). Pengaruh Persepsi Return dan Literasi Keuangan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Saham di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). UIN Ar-raniry.

Sembiring, Hermansyah. (2012). Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mediasi, 4(01), 68–77.

Siahaan, Riana Frisca. (2017). Mengawal kesehatan keluarga melalui pemilihan dan pengolahan pangan yang tepat. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 57–64.

Sianipar, Lasmaria Ulan Sari, Jubi, Jubi, & Susanti, Elly. (2016). Analisis Laporan Arus Kas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Pt Indofood Sukses Makmur, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 83–89. https://doi.org/https://doi.org/10.37403/sultanist.v4i2.77

Sulistyo, Wahyu Adhy Noor, & Syafrudin, Muchammad. (2010). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2008. Universitas Diponegoro.

TB, Desita Ria Yusian, & Aulia, Niza. (2021). Start Up Digital Business: Mengenal Peluang dan Tips Bisnis Bagi Para Pemula. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Inotec UUI, 3(2), 34–39.

Widiastuti, Tika, Wisudanto, Imron Mawardi, Sukmaningrum, Puji Sucia, Ningsih, Sri, Al Mustofa, Muhammad Ubaidillah, & Ardiantono, Dewie Saktia. (2020). Journal of Security and Sustainability Issues. Journal of Security and Sustainability Issues, 9(3).
Published
2023-11-21