Strategi Rumah Sakit X Dalam Menangkap Peluang Pasar di Masa Pandemi Covid-19

  • Feni Dwi Lestari Mahasiswa Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Puput Oktamianti Departemen Adminsitrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Strategi, Peluang, Pasar, Pelanggan, Rumah Sakit

Abstract

Rumah Sakit terus mengalami pertumbuhan baik dari segi jumlah maupun jenis layanan. Maka tingkat persaingan antar Rumah Sakit pun semakin meningkat. Analisa peluang  pasar menjadi sangat penting, karena Rumah Sakit perlu mengetahui berapa besarnya  peluang yang tersedia dalam memasarkan produk layanannya. Pandemi COVID-19 merupakan faktor eksternal yang bisa dianggap sebagai ancaman ataupun sebagai peluang bagi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi Rumah Sakit X dalam menangkap peluang pasar di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Data didapatkan dari laporan rekam medis jumlah kunjungan tahunan rawat inap sebelum dan sesudah pandemi COVID-19 serta data pendapatan sebelum dan sesudah pandemi COVID-19 dari laporan keuangan RS X, kemudian dilakukan pembahasan berdasarkan tinjauan literatur. RS X berhasil melihat pandemi COVID-19 sebagai peluang pasar sejak pandemi mulai masuk ke Indonesia dengan menjadi RS rujukan COVID-19 pada awal tahun 2020. Jumlah kunjungan rawat inap tahun 2020 sebanyak 10.131, tahun 2021 sebanyak 16.086 kunjungan, dua kali lipat dari kunjungan sebelum pandemi tahun 2019 sebanyak 6.875 kunjungan, pada tahun 2022 saat kasus COVID-19 sudah jauh menurun kunjungan rawat inap tetap lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi yaitu sebanyak 12.775 kunjungan. Manajemen harus dapat menilai faktor eksternal sebagai peluang Rumah Sakit dalam melakukan pemasaran produk layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong and Kotler, Philip and Gary.1997. Dasar-dasar Pemasaran, Principles of Marketing, Jilid I, Edisi Bahasa Indonesia, Prenhallindo, Jakarta

Kementerian Kesehatan. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit

Nafisa J, Sukresna IM. 2018. Analisis pengaruh kualitas layanan, harapan kinerja dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pada rumah sakit islam sultan agung semarang). Diponegoro journal of management : 7(3). Issn: 2337-3806.

Ndow, G., Ambe, J. R., & Tomori, O. (2019). Emerging Infectious Diseases: A Historical and Scientific Review. 31–40. https://doi.org/10.1007/978-3-030-17474-3_3

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 3 Tahun 2020 Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 30 Tahun 2019. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Putri B.R.T. 2017. Manajemen Pemarasan. Bali : Universitas Udayana. Hal 2

Rahmawati, 2016. Manajemen Pemasaran. Samarinda : MUlawarman University Press. Hal : 17.

Sofiatin DA., Putri TE., Mulyati S. 2020. The effect of product diversification strategy, financial leverage, firm size,and capital structure on profitability. Journal of Accounting for Sustainable Society : 2 (2). DOI : https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.669. Hal 1-13.

Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/12/2021 Tentang Peningkatan Kapasitas Perawatan Pasien Coronavirus Disease 2019(COVID-19) Pada Rumah Sakit Penyelenggara Pelayanan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Widyawati. 2021. RS Vertikal Menuju Badan Layanan Umum, Menkes Sarankan ARVI Ikut Andil Susun Renstra. Diakses pada tanggal 22 Desember 2022 pada https://sehatnegeriku.kemkes. go.id/baca/rilis-media/20210422/4637546/rs-vertikal-menuju-badan-layanan-umum-menkes-sarankan-arvi-ikut-andil-susun-renstra/

Yusri. 2021. Tinjauan Atas Peningkatan Pendapatan Rumah Sakit Dalam Optimalisasi Layanan Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 7 No. 1

Zainurossalamia. 2020. Manajemen Pemasaran : Teori dan Strategi. Lombok Tengah : Forum Pemuda Aswaja. Hal : 24.
Published
2023-10-28