Strategi Penguatan Materi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menghadapi Persaingan Prospek Kerja

  • Rizal Azmi Program Studi S-2 Manajemen, Sekolah Pascasarjana, Universitas Sahid Jakarta
  • Hariyadi BS Sukamdani Program Studi S-2 Manajemen, Sekolah Pascasarjana, Universitas Sahid Jakarta
  • Maya Dewi D Maharani Program Studi S-2 Manajemen, Sekolah Pascasarjana, Universitas Sahid Jakarta
Keywords: Pelatihan, Praktek Kerja, Self Efficacy, Keterlibatan Mahasiswa, Kompetensi, dan Kesiapan Kerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan di lokasi di Jalan Walter Condrat, Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, dengan tujuan mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kesiapan kerja mahasiswa dan merumuskan strategi penguatan kurikulum untuk menghadapi persaingan prospek kerja di masa depan. Metode penelitian melibatkan teknik random sampling, analisis SWOT, pembangunan diagram jalur, dan pengujian hipotesis. Hasil SWOT menunjukkan bahwa STIE Sampit berada di kuadran 1, mengindikasikan situasi menguntungkan. Variabel kesiapan kerja dijelaskan sebesar 68,5% oleh pelatihan, praktek kerja, self efficacy, dan keterlibatan mahasiswa. Variabel kompetensi dijelaskan sebesar 65,4% oleh variabel yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh positif pelatihan, praktek kerja, dan self efficacy terhadap kompetensi, sedangkan keterlibatan mahasiswa tidak berpengaruh. Selain itu, pelatihan, praktek kerja, dan self efficacy mempengaruhi kesiapan kerja melalui kompetensi, tetapi keterlibatan mahasiswa tidak berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Abdillah., W dan Jogiyanto. 2009. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM. Dalam Penelitian Bisnis . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Acheson, K.A dan Gall, M.D. 1987. Techniques in the Clinical Supervisiona of Teacher, Second Edition, White Palin. New York: Longman.

Aeni, Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa. PGSD. Bandung: UPI Press
Audrey dan Howard Nicholls. 1978. developing curriculum A Participial Guide.

Azwar, A. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Azwar, S. 2019. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bloom, Benyamin.S. 2014. Taxonomy of Educational Objective. New York: Longman.

Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Davis, P. H. dan D. H. Heywood. 1976. Principles of Angiosferm Taxonomy. London: Oliver and Bey Ediberg.

Dewey. J. 2004. Experience and Education Pendidikan Berbasis. Pengalaman (terjemahan). Bandung: Penerbit Teraju

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hariandja, Marihat Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Hasan Sulaiman, Fathiyah. 1991. Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali. Bandung: AlMa’arif.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta

McNeil, J.D. 1977. Curriculum: A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.

_______. 1996. Contemporary Curriculum in Thought and Action. Los Angeles: John Wiley & Sons, Inc.

Munadi, Yudhi. 2012 . Media Pembelajaran. Bandung : Gaung persada

Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah;. Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE

Panday. 2014. Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SNEB). Proceedings SNEB: Hal. 103 2014b.

Permendikbud. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Dharma Bhakti.

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rivai. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke- 7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks.

Sholihin, Mahfud dan Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Taba, Hilda. 1962. Curriculum Development Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World Inc.

Travers, Raberm. 1973. Second Handbook of Research and Teaching. Chicago: Rand McNally.

Trowler V. 2010. Student Engagement Literature Review. The Higher Education Academic. Lancaster University : Department of Educational Research

Tyler. Ralph W. 1950. Basic Principles of Curriculum and Instruction. Syllabus for Education 360. Chicago: The university of Chicago Press.

Wheeler D.K., 1967. Curriculum Process. London: Stoughton.

Widarjono. Agus. 2015. Statistika Terapan Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP. STIM YKPN

Wijatno, Serian. 2009. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif dan Ekonomis untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggara Pendidikan dan Mutu Lulusan. Jakarta: Salemba Empat.hlm.193

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Jurnal:
Adelina, F., Akhmad, S. K., & Hadi, C. 2018. Bagaimana Agar Penyandang Tuna Daksa Mampu Menjadi Pribadi Yang Bahagia? Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 119–125.

Ahyar. 2018. Strategi Peningkatan In Put Dan Mutu Lulusan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram: Tasâmuh Volume 16, No. 1, Desember.

Astin, A.W. 1999. Student involvement : a development theory for higher education. Journal of Collage student development. 40,518-529.

Asy’ari, Ary., dan Tasman Hamami. 2020. Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 No. 01 2020, p. 19-34 ISSN: 2338-4131 (P) 2715-4793 (O).

Dewi, A. Erni Ratna. 2022. Implementasi Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar. Universitas Islam Makassar: Indonesian Journal of Learning Education and Counseling Vol 5, No 1, pp 81-89 p-ISSN:2622-8068 dan e-ISSN: 2622-8076.

Dewi, Ratna dan Meri Sandora. 2019. Analisis Manajemen Strategi UIN Suska Riau Dalam Mempersiapkan Sarjana Yang Siap Bersaing Menghadapi MEA. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau: Jurnal El- Riyasah, Volume 10 Nomor 1.

Fardani, Diah Novita., Baidi, Imam Mujahid, & Moh Khoirul Fatihin. 2022. Manajemen Strategi dalam Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter (PPPK). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta: JURNALBASICEDU Volume 6 Nomor 3 Halaman 4230-4238

Hayati, Safaah Restuning. 2017. Strategi Penguatan BMT Berdasarkan Perilaku Pedagang Di Pasar Tradisional. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah Vol. 2, No. 2, 2017 ISSN: 2527 - 6344 (Print) ISSN: 2580 - 5800 (Online).

Katuuk, Deitje Adolfien. 2014. Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Universitas Negeri Manado: Jurnal cakrawala Pendidikan Februari TH. XXXIII, NO. 1

Kurniawan, Moh. Wahyu., & Adi Slamet Kusumawardana. 2020. Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Universitas Muhammadiyah Malang Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn Volume 07, No. 1, Mei, pp. 7-16 E-ISSN 2614- 6134 P-ISSN 2355-7265

Kusbandono, Danu. 2019. Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Universitas Islam Lamongan: Volume 4 No. 2, Juni p- ISSN:2502-3780, e-ISSN : 2621-881X.

Manara, U.,M. 2008. Pengaruh Self Efficacy terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi UIN Malang
Newman, M.G., Carranza, F.A., Bulkasez, J., Quirynen, M., Teughels, W., Haake, S.K., 2006, Microbiology of Periodontal Disease in Carranza’s Clinical Periodontology, 10th ed, Saunders Elseviers, Los Angele


Samad, M. Yusuf A. 2014. Analisis Potensi STIE Kebangsaan Bireuen Dengan Pendekatan SWOT. STIE Kebangsaan Bireuen Aceh: Jurnal Kebangsaan, Vol.3 No.5 x Januari ISSN: 2089-5917

Sijabat, Rauly. 2018. Rekayasa Model Penguatan Kesiapan Kerja Lulusan Pendidikan Vokasi (Studi pada SMK di Kota Semarang). Universitas PGRI Semarang: Vol. 13 No. Des 2018 : 144 – 162 Jurnal Ilmiah Ekonomi, P-ISSN: 1907-1603, E-ISSN: 2549-8991, Acredited: SK No.: 21E/KPT/2018.
Skilbeck, M. 1984. School-Based Curriculum Development. London: Harper and Row, tercantum dalam Raihani. Tth. Curriculum Construction In The Indonesian Pesantren (A comparative case study of curriculum development in two pesantrens in South Kalimantan). Tesis tidak di terbitkan. Tt.

Zolingen, S.J. van, Streumer, J.N., Stooker, M. 2001. Problems in knowledge management: a case study of a knowledge-intensive company. International Journal of Training and Development (5 : 3)
Published
2023-11-02