Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik dan Percaya Diri Anak Usia 6 – 7 Tahun di Sekolah XYZ Jakarta

  • Vimala Murti Pitra Tunggal Jaya Program Studi Teknologi Pendidikan Program Magister, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Rini Wahyuningsih Program Studi Teknologi Pendidikan Program Magister, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Keywords: anak usia dini, metode demonstrasi, kecerdasan kinestetik, percaya diri

Abstract

Usia dini adalah usia keemasan anak sehingga seluruh aspek perkembangannya perlu distimulasi dengan baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerisauan guru terhadap peserta didik karena belum berkembangnya kecerdasan kinestetik dan kurangnya rasa percaya diri siswa usia 6 - 7 tahun di Sekolah XYZ di Jakarta. Peneliti memutuskan untuk menerapkan metode demonstrasi yang dilakukan pada pelajaran seni tari untuk mengatasi kerisauan tersebut. Metode demonstrasi cocok untuk diterapkan pada anak usia dini karena berfokus pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan memberikan langkah-langkah demonstrasi dan tahap akhir. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dengan menggunakan rubrik, wawancara dengan rekan guru, dan pengamatan anecdotal records. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas 1B yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pelajaran seni tari dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa, hal ini terlihat dari hasil perhitungan N-gain dari masa pra siklus ke siklus II, yaitu terdapat 11 siswa mengalami peningkatan tinggi, yaitu di atas 75%, lima siswa di atas 50%, dan satu siswa di atas 40%. Sedangkan dalam hal percaya diri, sembilan siswa mengalami peningkatan tinggi, yaitu di atas 75%, dan delapan siswa mengalami peningkatan sedang di atas 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajhuri, Kayyis Fithri. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2019.

Amrullah, and Purnama Tanur. "Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu." Jurnal Bungamputi Volume 8 Nomor 1, 2022: 59

Amstrong, T. Kecerdasan Multipel didalam Kelas. Jakarta, 2013.

Arifah, Fita Nur. Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru. Edisi Pertama. Yogyakarta: Araska, 2017.

Aryaprasta, Gusti Komang , and RiyadiI, Arie Rakhmat. "Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak." DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864, 2018.

Astini, Ni Ketut, I Wayan Sujana, and I Gede Raga. "Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Seni Tari Berbantuan Media Audiocassette Tape Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2013: DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.997.

Aunillah, Nurla. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana, 2011.

Bremer, E. & Cairney, J. "Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. ." American Journal of Lifestyle Medicine, 12 (2), 2016: 1-12.

Brookhart, Susan. How to create and use rubriks for formatives assessment and grading. USA: ASCD, 2013.

Budiningsih, Annayanti. Uniknya Tarian Jawa. Bogor: Horizon, 2010.

Burton, Kate, and Brinley. Building Confidence for Dummies,. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd, 2012.

Depdiknas. Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2012.

Dewi, M. Dimensi Kreatif dalam Pembelajaran Seni Tari. Jakarta: Paskaik, 2013.

Dunkin, Anne. Dancing In Your School: A Guide for Preschool and Elementary School Teachers. Hightstown : Princeton Book Company, 2006.

Dwilestari, Ninin, and Nusa Putra. Penelitian Kualitatif PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada., 2016.

Erikson, Erik. Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Hamiyah, Nur Hamiyah, and Jauhar. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.

Hartingsveld, Margo J. Van., Groot, Imelda, J. M. De., Aarts, Pauline, B.M., & Sanden, Maria W.G. N. Van Der. "Standardized tests of handwriting readiness: a systematic review ." [Electronic version] Journal compilation, Developmental medicine and child neurology, 2011: 506-515. DOI: 10.1111/j.1469-8749.2010.03895.x.

Hendriana, Euis, E.H, and Utari, S. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.

Henniger, Michael L. Teaching Young Children, An Introduction (Fourth Edition). New Jersey: Pearson, 2009.

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Indiati, Nofi Nur Yuhenita, and Astiwi Kurniati. "Keterkaitan Evaluasi Pelaksanaan Layanan Orientasi." G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2020: 17.

Iola, Christianne. psychology.binus.ac.id. July 22, 2022. https://psychology.binus.ac.id/2022/07/22/percaya-diri-pengertian-manfaat-cara-meningkatkannya (accessed December 14, 2022).

Isjoni. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta, 2017.

Iskandar, Dadang, and Narsim. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media, 2015.

Iswantiningtyas, Veny , and Intan Prastihastari Wijaya. "Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor." Jurnal Pinus Vol. 1. No.3, 2015: 249.

Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. Seri Pendidikan Orangtua: Membantu Anak Percaya Diri. Jakarta: Dorektorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, 2017.

Kemendikbud. Permendikbud No. 103 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Kertamuda, Miftahul Achyar. GOLDEN AGE. Jakarta: Gramedia, 2015.

Khadijah. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Komara, Indra Bangkit. "Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa." PSIKOPEDAGOGIA,, 2016: 33-42.

Kusnandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Listiana, Ade. Dampak Pelatihan Seni Tari Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Di Sanggar Tari Dor Anom Ponorogo. Master Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang, 2022.

Lorenzo-Lasa, Riolama, Roger Ideishi, and Siobhan Ideishi. "Facilitating Preschool Learning and Movement through Dance." Early Childhood Educ J 35, 2007: 25-31. https://doi.org/10.1007/s10643-007-0172-9.

Lutz, Tamara, and Kuhlman, Wilma D. . "Learning About Culture Through Dance in Kindergarten." Early Childhood Education Journal, Vol. 28, No. 1, , 2000: 37.

Masyarakat, Kementrian Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan. Pedoman Penilaian dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta, 2015.

Melanie, Peter. Making Dance Special: Developing Dance in the Curriculum with Pupils with Special Educational Needs. New York: Routledge, 2012.

Mulyani, N. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Mulyani, N. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media., 2016.

Murni. "Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun." Jurnal Ar raniry. Vol 3. No 1, 2017.

Nazaurtami, Desi. Penerapan Literasi Budaya Dalam Gerak Tari Bedana Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun. Bachelor Thesis, Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Organization, International Baccalaureate. Arts Scope and Sequence. United Kingdom: International Baccalaureate Organization (UK) Ltd, 2018.

Papalia, Diane E., Olds, Sally W., & Fieldmean, Ruth D. Human development (11th ed.). New York: McGraw-Hill, 2009.

Patrian Yakub, Yenni. Mengenal Tarian Tunggal Nusantara. Jakarta Timur: Horizon, 2010.

Rahardja, Budi, Rizky Amalia, and Malpaleni Satriana. Penerapan Metode Demonstrasi Gerak Lokomotor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Banyumas: CV Amerta Media, 2021.

Raharja, Budi, Pratiwi Hidayati, and Fachrul Rozie. Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Banyumas: CV Amerta Media, 2021.

Sabani, Fatmaridha. "Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6-7 Tahun)." Jurnal Kependidikan, Vol.8, No.2, 2019: 89.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Santrock, J.W. Educational Psychology: Sixth Edition. New York: McGraw-Hill Education, 2018.

Sit, Masganti. Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini dengan Permainan Tradisional. Jakarta: Kencana, 2021.

Situmorang, Risya Pramana. "Analisis Learning Continuum Tingkat SD Sampai SMP pada Tema Sistem Pencernaan ManusiaS." Scholaria vol. 6 no. 2., 2016: DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p1-13.

Soedarsono. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka., 2012.

Sosial, Tenaga Kependidikan–Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan. Jakarta, 2008.

Subali, B, and Suyata. Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen. Yogyakarta: Dianda Pustaka Indonesia., 2012.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Sumantri, M. Modul 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Sungkar, S., and Partini. "Sense of Humor Sebagai Langkah Meningkatkan Kepercayaan Diri Guru PPL Dalam Proses Belajar Mengajar." Jurnal Indigenous Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. 13 No. 1 92-101 ISSN: 0854-2880, 2015: 93-94.

Surna, I. N. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2014.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada, 2011.

Syamsu, Yusuf. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. Jakarta, 2014.

Tresnawati, Wahyu Hidayat, and Euis Eti Rohaeti . "Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMA." Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol 2 (2), ISSN 2548-2297, 2017: 117.

Triana, Dinny Devi. Alat ukur Kecerdasan Kinestetik Dalam Tari. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

UNICEF. Early childhood Development Overview. May 2022. https://data.unicef.org/topic/early-childhood-development/overview/ (accessed December 18, 2022).

Upton, Penney. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2012.

Wardani, I G A K. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Whitehead, Evangelin Arulselvi. "Anecdotal Records: A Successful Tool in the English Language Teaching and Learning." The Excellence in Education Journal Volume 9, Issue 3,, 2020: 100.

Wibowo. Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal disekolah (konsep,strategi, dan implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Yaumi, M, and Nurdin . Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegences). Jakarta: Kencana prenadamedia Group, 2013.

Yetti, Erlinda. Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Makasar: LPP- Mitra Edukasi, 2017.
Published
2023-11-15