Perancangan Perangkat Lunak untuk Menggambar Diagram Berbasis Android

  • Wilianti Aliman Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI (STMIK LIKMI) Bandung, Indonesia
Keywords: Grafika komputer, Computer Graphics, UML diagram, Android, Android Canvas

Abstract

Diagram UML merupakan sebuah alat bantu bagi seorang pengembang aplikasi untuk mendesain sistem. Penelitian yang dilakukan adalah perancangan perangkat lunak menggambar diagram UML berbasis android untuk meningkatkan mobilitas seorang pengembang aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi ketentuan setiap diagram UML khususnya use case diagram, activity diagram, dan class diagram untuk kebutuhan seorang analis dalam membangun sebuah sistem informasi. Membantu pengguna untuk menggambar diagram secara mobile, membantu pembelajaran analisis dan desain perancangan sebuah sistem informasi, dan sebagai penerapan dan pengembangan dari ilmu grafika komputer dan sistem informasi yang sudah dipelajari dan ditempuh selama perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) Prototype. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa analisis, perancangan dan pengujian aplikasi menggambar diagram “Vistchart†pada aplikasi ini, pengguna memilih menu diagram yang akan digambar yaitu use case diagram, activity diagram atau class diagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangannya. Penerbit Andi. Google Scholar

Dimarzio, Jerome. (2016). Beginning Android Programming With Android Studio. John Wiley & Sons. Google Scholar

Eck, David J. (2016). Introduction To Computer Graphics. David J. Eck. Google Scholar

Everett, Gerald D., & Mcleod Jr, Raymond. (2007). Software Testing. Testing Across The Entire. Google Scholar

Horton, John. (2015). Android Programming For Beginners. Packt Publishing Ltd. Google Scholar

Iriyanto, S. Y., & Zaini, T. M. (2014). Pengolahan Citra Digital. Lampung: Anugrah Utama Raharja. Google Scholar

Kendal, Simon. (2009). Object Oriented Programming Using Java. Bookboon. Google Scholar

Kurniawan, Tri A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik. J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput, 5(1), 77. Google Scholar

Kusumanto, R. D., & Tompunu, Alan Novi. (2011). Pengolahan Citra Digital Untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB. Semantik, 1(1), 83-87. Google Scholar

Lee, Wei Meng. (2012). Beginning Android 4 Application Development. John Wiley & Sons. Google Scholar

Mufadhol, Mufadhol, & Suprayogi, Mohammad Sani. (2014). Penentuan Koordinat Titik Pada Teknologi Garis Dalam Grafika Komputer Dengan Menggunakan Algoritma Line Equation. Jurnal Transformatika, 12(1), 24–26. Google Scholar

Pressman, Roger S. (2010). A Practitioner’s Approach. Software Engineering, 2, 41–42. Google Scholar

Profesi, Dwinda Etika, & Henderi, Henderi. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Unified Modeling Language (Uml). E-Jurnal Jusiti: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 7(1), 22–33. Google Scholar

Sabale, Rajendra Ganpatrao, & Dani, A. R. (2012). Comparative Study Of Prototype Model For Software Engineering With System Development Life Cycle. IOSR Journal Of Engineering, 2(7), 21–24. Google Scholar

Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering. America. Pearson Education, Inc. Google Scholar

Sukamto, Rosa Ariani, & Shalahuddin, Muhammad. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 3. Google Scholar

Wu, C. Thomas. (2006). An Introduction To Object-Oriented Programming With Java TM. Mcgraw-Hill Incorporated. Google Scholar
Published
2021-06-20