Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Ciptaedu Kreasi, Bogor

  • Nico William Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Slamet Ahmadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang dilakukan di PT. CiptaEdu Kreasi, Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden yang digenapkan sebagai sampel, dihitung menggunakan rumus slovin dari total 1.895 populasi dengan margin error 5%. Pengambilan data menggunakan kuesioner, dengan penilaian menggunakan skala likert. Adapun metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji statistika menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dengan menggunakan teknik analisa, uji asumsi klasik, jalur path, koefisien determinasi dan uji hipotesa. Penelitian menghasillkan tujuh temuan utama sesuai hipotesis yang diajukan yaitu uji jalur pertama pada penelitian menyimpulkan bahwa terdapat dampak yang signifikan antara 1. Kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, 2. Kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen, hasil uji jalur kedua menyimpulkan bahwa terdapat dampak yang signifikan antara 3. Kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, 4. Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, 5. Kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, 6. Kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening dan 7. Kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran: Survei pada guru-guru sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 122-131.

Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei pada pelanggan nasi rawon di rumah makan Sakinah Kota Pasuruan) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Putera, A. K., & Wahyono, W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 7(1), 110-119.

Haris, D. (2019). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). AT-TASYRI': Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 21-41.

Musqari, N., & Huda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Variabel Kepuasan pada Lembaga Amil Zakat (Studi pada Baituzzakah Pertamina Kantor Pusat). Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 2(1), 34-53.

Al Aqbari, I., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Distro Stash Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Ahmadi, S., Widhiastuti, S., & Prasilowati, S. L. (2021). Effect of Service Quality and Satisfaction on Loyalty Through Mediation of Zone of Tolerance. Academy of Strategic Management Journal, 20(2), 1-11.

Haris, D. (2019). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). AT-TASYRI': Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 21-41.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Ariani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Lazada Indonesia/Sheila Ariani/25150030/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.

Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi kasus pada Rifa Kuliner Kendal). Serat Acitya, 7(3), 25.

Cornelia, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Healthy Food Kiiroikitchin Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Ciputra Surabaya).

Musqari, N., & Huda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Variabel Kepuasan pada Lembaga Amil Zakat (Studi pada Baituzzakah Pertamina Kantor Pusat). Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 2(1), 34-53.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27-35.

Sintya, L. I., Lapian, S. J., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Go-jek online pada mahasiswa FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171-176.

Akbar, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Industri Perhotelan Di Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (JEMSI), 5(1).

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955.

Gunawan, L. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening di Toko Bintang Terang. Agora, 4(1), 424-434.

Darrent, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Miniso di Mall of Indonesia/Daniel Darrent/20150116/Pembimbing: Tumpal JR Sitinjak.

Pertiwi, E. L. (2017). Pengaruh kualitas produk kelengkapan produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen toko roti Yulia Bakery Kota Kediri. vol, 1, 1-16.

Sumertana, I. W., Nuridja, I. M., & Meitriana, M. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Water Park Seririt Singaraja Tahun 2014-2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

Putera, A. K., & Wahyono, W. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 7(1), 110-119.

Basri, A. I. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(1), 1-18.

SULASTRI, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Dan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Bank Muamalat Cab. Malang) (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).
Published
2023-12-05