Strategi Public Relations Antar Tenant Relations PT. Wiratara Prima Dengan Tenant di Gedung Menara Prima Pada Masa Pandemi Covid – 19
Abstract
Masa pandemi Covid – 19 memiliki dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari – hari. Pembatasan ruang gerak atau yang dikenal dengan istilah lockdown yang diberlakukan oleh pemerintah dalam upaya untuk mengurangi penyebaran wabah virus Covid – 19 agar tidak semakin cepat penyebarannya. Dengan diberlakukannya lockdown ini juga berdampak pada industri property yang mengharuskan perkantoran melakukan penutupan sementara atau penurunan aktifitas. Oleh karena itu tenant relations PT. Wiratara Prima perlu menggunakan teori Komunikasi Public Relations dan Strategi Public Relations untuk mempertahankan citra dan komunikasi yang berkualitas yang dibuat oleh PT. Wiratara Prima dengan Tenant melalui Tenant Relations. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasional. Analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman dan metode pengujian keabsahan data yang disebut triangulasi sumber. Temuan tersebut menunjukkan bahwa strategi PR dinilai sebagai langkah tepat untuk berkomunikasi secara efektif dan menemukan pola komunikasi yang efektif dan efisien pada masa pandemi COVID-19 ini.
Downloads
References
Bungin, H. M. B. (2015). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana
Dillard, J. dan Pfau, M. (2002). The Persuasion Handbook Developments in Theory and Practice. United States: Sage Publications
Firsan, Nova. 2011. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grafindo Persada
Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moore, H. Frazier. 2004. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif. Jakarta: Referensi
Nova, F. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers
Rosady, Ruslan. 2007. Seri Manajemen Public Relations I. Jakarta: Ghalia Indonesia
Soemirat, Soleh & Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2008. Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Pustaka Setia Tim SIMKeu Kemendikbud (2003) UU SISDIKNAS RI no 20 tahun 2003 diperoleh dari http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Wilcox, R. Philliph. & Agee, L. Warent. 2006. Public Relations Strategi dan Taktik. Bandung: Alfabeta Yin, Robert K. 2006. Study Kasus Desain & Metode. Jakarta: Grafindo Persada
Copyright (c) 2023 Verdya Maria Josefine, Don Bosco Doho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.