Efisiensi Kinerja Pelaksanaan Public Service Obligation (PSO) KRL Jogja - Solo

  • Sapto Priyanto Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Keywords: KRL Jogja Solo, Performance Efficiency, Pubic Service Obligation, Data Envelopment Analysis (DEA), Customer Service Index

Abstract

KRL Jogja – Palur merupakan kereta penugasan yang mendapatkan dana PSO dari pemerintah. Pelaksanaan kewajiban pelayanan publik harus dimonitor dan dievaluasi secara berkelanjutan untuk menjaga tingkat pelayanan yang handal oleh penyelenggara sarana termasuk ketepatan sasaran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi pelaksanaan PSO dengan melihat dampak baik terhadap pengguna layanan maupun penyelenggara sarana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan model data envelopment analysis (DEA). Penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan masukan kepada reglator sebagai evaluasi dalam pelaksanaan kewajiban pelayanan public (PSO) KRL Jogja – Palur. Selama kurun waktu tahun 2021 sampai dengan 2023 pelaksanaan PSO KRL Jogja Solo telah menunjukkan hasil yang efisien terkecuali tahun 2021. Nilai efisiensi teknis KRL Jogja Solo pada tahun 2021 sebesar 44% diperkuat dengan selisih biaya operasi yang ditanggung operator sebesar 37,58% lebih tinggi dibandingkan nilai pendapatan yang diterima sebesar 18,08%. Sedangkan nilai kepuasan pelanggan terhadap layanan di perjalanan KRL Jogja Solo menunjukkan hasil penumpang merasa sangat puas dengan nilai CSI sebesar 90,48%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24